Kamis, 20 Desember 2018

Kita harus Proaktif !!!

Faisal Rafi Prayogo
(@K06-Faisal)

    Kata proaktif berarti lebih daripada sekedar mengambil inisiatif. Kata ini mengandung arti, bahwa sebagai manusia, kita bertanggung jawab atas hidup kita sendiri. Perilaku kita adalah fungsi dari keputusan kita, bukan kondisi kita. Orang yang sangat proaktif mengenali tanggung jawab. Mereka tidak menyalahkan keadaan, masa lalu, dan kondisi. Perilaku mereka adalah produk dari pilihan sadar mereka, yang berdasar nilai, dan bukan produk dari kondisi mereka yang berdasar perasaan dan masa lalu mereka.

    Sikap Praktif adalah sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan rangsangan (Stimulasi). menurut Covey, bahwa seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stmulasi dengan keputusan untuk memberikan respon.
    Agar Anda menjadi lebih proaktif, mulailah dengan mengambil tindakan, menerima tanggung jawab, dan mengendalikan respons. Dengan mengantisipasi masa depan dan berfokus pada solusi, bukan masalah, Anda akan memiliki cara pandang yang lebih menyenangkan dan proaktif. Cara menjadi Proaktif yaitu:
1. Mengantisipasi dan Bertindak
2. Menerima tanggungjawab dan pengaruh
3. Mengendalikan respon dengan sikap Proaktif
    Itulah beberapa cara untuk menjadikan kita sebagai proaktif. sangat disayangkan jika seseorang tidak memiliki sikap ini. Karena, sikap ini sangat diperlukan oleh seorang pemimpin sejati. Ciri-ciri orang proaktif seperti bertanggungjawab atas tindakannya, fokus, dapat mengambil keputusan yang tepat dan tidak mudah tersinggung.

DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2018. Dengan artikel "Pengertian Proaktif dan Contohnya" dan http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-proaktif-dan-contohnya/ . Diakses pada 20 Desember 2018.
Anonim. 2018/ Dengan artikel "Pemimpin yang Proaktif" dan http://www.dunamis.co.id/product/article/31 . Diakses pada 20 Desember 2018.
Anonim. 2018. Dengan artikel "Cara Menjadi Proaktif" dan https://id.wikihow.com/Menjadi-Proaktif . Diakses pada 20 Desember 2018.
Agung, Nur. 2018. Dengan artikel "PROAKTIF DAN REAKTIF" dan https://www.academia.edu/17631368/PROAKTIF_DAN_REAKTIF . Diakses pada 20 Desember 2018.
Windasuri, Heria. 2018. Dengan artikel "Apa itu Proaktif dan Reaktif" dan https://www.studilmu.com/blogs/details/apa-itu-proaktif-dan-reaktif . Diakses pada 20 Desember 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar