Kamis, 20 Desember 2018

Pentingnya kerjasama

kerjasama adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau juga lebih supaya dapat mencapai tujuan ataupun target yang sebelumnya sudah direncanakan dan juga disepakati secara bersama. Dari pengertian tersebut dapat kita pahami bahwa pentingnya kerjasama itu diperlukan ketika kita mempunyai tujuan, target ataupun pencapaian yang sama terhadap dua orang atau lebih dimana dalam mencapai tujuan, target ataupun pencapaian tersebut dibutuhkan kerjasama yang didasari oleh solidaritas dua orang atau lebih tersebut dalam melakukannya.

Macam-Macam Bentuk Kerjasama

  • Tawar menawar atau Bargaining, yaitu membentuk kerjasama tentang sebuah kesepakatan pertukaran produk atau juga jasa antara dua orang atau juga lebih.
  • Koalisi atau Coalition, yaitu suatu  gabungan dari dua lembaga organisasi atau juga lebih yang mempunyai tujuan yang sama, mereka bekerjasama supaya mencapai tujuan tersebut.
  • Joint Venture,yaitu kerjasama suapay mengerjakan proyek-proyek tertentu agar dapat cepat terselesaikan dan juga tujuan cepat tercapai.
  • Cooptation, yaitu suatu proses kerjasama penerimaan dari berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi, hal ini dapat dijadikan sebuah cara suapaya menghindari terjadinya sebuah kecurangan atau juga hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa terjadi.
  • Atas dasar kerukunan, yaitu kerjasama yang didasari karena sebuah kerukunan sesama manusia, biasanya sebuah kerjasama yang didasari kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.
MANFAAT KERJA SAMA
  1. Dapat mempererat ikatan kerjasama
  2. Menumbuhkan sebuah semangat persatuan
  3. Pekerjaan bisa lebih cepat selesai
  4. Pekerjaan menjadi lebih ringan
Kerjasama terdapat nilai-nilai sosial yaitu: 
  • Menghargai pendapat orang lain
  • Tanggung jawab
  • Kebersamaan
  • Kepedulian
Dapat diambil kesimpulan jika kerjasama itu sangat diperlukan dalam setiap tujuan atau pencapaian bersama terhadap dua orang atau lebih yang dimana didasari oleh solidaritas terhadap dua orang atau lebih tersebut agar tujuan, target atau pencapaian yang telah ditetapkan dan disepakati cepat terlaksana.

DAFTAR PUSTAKA:
SORA N. 2016. Pengertian Kerjasama Dan Manfaatnya Lengkap Umum. pengertianku.net . dalam:  http://www.pengertianku.net/2016/10/pengertian-kerjasama-dan-manfaatnya.html/
Nurhayati. 2016. “pentingnya kerjasama dalam kehidupan” .dalam: https://www.kompasiana.com/emy/570e09fdf19673ce123d52a2/pentingnya-kerjasama-dalamkehidupan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar