Kamis, 20 Desember 2018

Bersikap Adil


Oleh : Sinta Anggraeni (@J12-Sinta)
Menurut wikipedia (2017), Adil berasal dari bahasa Arab yang berarti berada di tengah-tengah, jujur, lurus, dan tulus. Secara terminologis adil bermakna suatu sikap yang bebas dari diskriminasi, ketidakjujuran. Dengan demikian orang yang adil adalah orang yang sesuai dengan standar hukum baik hukum agama, hukum positif (hukum negara), maupun hukum sosial (hukum adat) yang berlaku.
Keadilan adalah milik seluruh umat manusia tanpa memandang suku, agama, status jabatan ataupun strata sosial. Orang yang adil selalu bersikap imparsial, suatu sikap yang tidak memihak kecuali kepada kebenaran. Bukan berpihak karena pertemanan, persamaan suku, bangsa maupun agama. Perilaku adil merupakan salah satu tiket untuk mendapat kepercayaan orang.

Macam-macam perilaku adil

1. Berlaku adil kepada Allah swt,
Maksud dari berlaku adil kepada Allah adalah menjadikan Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang berhak disembah. Kita harus yakin bahwa nikmat yang kita terima selama hidup di dunia ini adalah pemberian dari Allah swt.

2. Berlaku adil kepada diri sendiri
Maksud dari perilaku adil terhadap diri sendiri adalah meletakkan diri pribadi pada tempat yang baik dan juga tempat yang benar. Dimana kita harus memenuhi kebutuhan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan norma-norma syariat.

3. Berlaku adil kepada orang lain
Maksud dari berlaku adil kepada orang lain artinya adalah meletakkan orang lain pada tempat yang seharusnya. Berperilaku adil kepada orang lain harus kita lakukan, dan itu kita lakukan kepada semuanya tidak terkecuali bahkan kepada musuh atau orang yang kita benci.

4. Berlaku adil kepada makhluk hidup yang lain (hewan dan tumbuhan) serta lingkungan
Maksud dari berlaku adil yang ke empat ini adalah kita harus menyayangi dan merawat hewan atau tumbuhan serta lingkungan yang ada disekitar kita. Terlebih lagi apabila kita memelihara hewan seperti burung, kelinci, kucing atau yang lainnya maka kita harus berbuat adil, diantaranya dengan merawatnya dengan sebaik-baiknya, memberikan makan dan minum setiap hari, tidak menyiksanya dan lain sebagainya.

Contoh Perilaku Adil:
  • Menjalankan hak dan kewajiban baik di lingkungan manapun dengan seimbang.
  • Berteman dan bertetangga dengan siapapun tanpa memandang latar belakangnya.
  • Melakukan perdagangan dengan jujur seperti tidak mengurangi takaran timbangan.
  • Mengadili suatu perkara hukum dengan sikap yang bijaksana dan keputusan yang adil seadil-adilnya.
  • Memperhatikan kepentingan orang lain dan diri sendiri, seperti kepentingan kesehatan, kepentingan kelangsungan hidup, kepentingan agama, dsb.

Manfaat berlaku Adil:
  • Hati terasa tenang
  • Di sukai banyak orang
  • Keluarga menjadi sejahtera dan harmonis
  • Tidak ada rasa iri hati
  • Terciptanya masyarakat yang damai dan tentram

Daftar pustaka :

Wikipedia. 2017. Adil. Dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Adil        
        
Hidayat, Rahmad. 2015. Pengertian, macam dan hikmah perilaku. Dalam  https://www.kitapunya.net/2015/07/pengertian-macam-dah-hikmah-perilaku.html

Gustini. 2015. Manfaat sikap perilaku adil. Dalam. http://gustiniqomsyatun.blogspot.com/2015/11/manfaat-sikap-perilaku-adil.html 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar