Kamis, 27 Desember 2018

Semangat itu ada pada diriku


Oleh: @K13-Eggy, @ProyekJK11
Abstraksi
        Semangat adalah sikap yang mesti dibangun oleh setiap manusia dengan adanya semangat hidup menjadi lebih berwarna dan bervariasi semua itu didasari oleh kebutuhan yang terpenuhi. Membangun semangat itu dapat dimulai dari kehidupan berkeluarga dan dapat juga diamalkan dalam kegiatan kerja yang dilakukan sehari - hari. Oleh karena itu semangat sangatlah diperlukan setiap orang supaya orang tersebut memiliki tujuan hidupnya.


Kata kunci: Membangun semangat diri

     Menurut admin psikoma (2016) bahwa pernahkan anda mendengar “The best motivator is yourself”? ya, motivasi terbaik adalah diri kita sendiri, bagaimana cara kita menata permasalahan agar semangat untuk hidup, namun jika anda tidak bisa menjadi menejemen yang baik untuk diri sendiri maka semangat anda hilang. 

 Soedjatmoko – Intelektual Indonesia 
“Hari depan dunia lebih banyak ditentukan moralitas keputusan kita sekarang” Ketika Anda memutuskan untuk menyerah sekarang, maka tidak akan ada keberhasilan di masa depan. Seodjatmoko ingin menyampaikan bahwa keputusan apa yang Anda ambil sekarang akan berbuah di masa selanjutnya. Untuk itu, cobalah bersikap optimis, positif dan memandang kedepan agar masa selanjutnya Anda mendapatkan hasil yang sesuai. (Jurnalis Economy.okezone.com).

     Menurut Rahmawan fokus dan Jadilah seorang Ekspert menciptakan karya akan menjadi sangat mudah jika kita adalah seorang ekspert. Seorang ekspert atau ahli tidak hanya ditentukan dari berapa lama pengalamannya, tetapi berapa pesat kemajuannya untuk berkembang. Berpengalaman 10 tahun, belum tentu memiliki ketrampilan selama 10 tahun. Bisa saja hanya pengalaman 1 tahun yang diulang 9 tahun berikutnya. Berbeda dengan seorang ekspert. 

   Menurut Ruslani bahwa semangat memiliki sifat spiritual yang angin-anginan semangat itu sifatnya spiritual, adalah dimana batin tergerak untuk bertindak. Semangat juga bersifat angin-anginan, dia terkadang ada dan tidak ada. semangat tidak hanya datang satu kali, bisa puluhan kali atau ratusan kali bahkan lebih. Semangat bisa datang dan pergi berulang kali tanpa bisa dihitung. Jika memang demikian, bagaimana mempertahankannya ? Menambah semangat bagaimana caranya untuk menambah semangat ? Semangat yang melemah bisa ditambah dengan beberapa hal dibawah ini, diantaranya adalah : Merasa harus bertindak keinginan untuk melakukan sesuatu yang bermakna bagi diri sendiri, keluarga,kerabat dan orang banyak serta alam semesta Perasaan bertanggung jawab Merasa peduli terhadap sesama, dan lain-lain.

Menurut Az-Zahra (2014) bahwa beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya semangat kerja antara lain:
1) Hubungan yang harmonis antara pimpinan dengan bawahan.
2) Kepuasan para karyawannya terhadap tugas dan pekerjaannya.
3) Terdapat suasana dan iklim kerja yang bersahabat dengan anggota lain dalam suatu organisasi. Adanya tingkat kepuasan ekonomi dan kepuasan material lainnya yang memadai sebagai imbalan yang dirasakan adil terhadap jerih payahnya.Adanya ketenangan jiwa, jaminan kepastian serta perlindungan terhadap segala sesuatu yang dapat membahayakan diri pribadi dan karir dalam pekerjaannya. Dari uraian di atas, dapat dikatakan bahwa untuk meningkatkan semangat kerja pegawai, selain memenuhi kebutuhan material, juga tidak kalah pentingnya memenuhi kebutuhan nonmaterial.

Daftar Pustaka:

Azzahrah, 2014. Pengertian semangat kerja dan Unsur-unsur Semangat Kerja. Website(https://www.kopiazzahrah.com/?page=newsdetails&id=6&judul=Pengertian%20semangat%20kerja%20dan%20Unsur-unsur%20Semangat%20Kerja). Diunduh Desember 2018.

Ruslani, 2015. Pengertian tentang semangat. Website (www.ruslani.com/pengertian-tentang-semangat.html). Desember 2018.

Rahmawan, A., 2011. Membangun Semangat Menciptakan Karya Terbaik Hingga Tidak Dapat Berkarya Lagi. Website (http://arryrahmawan.net/membangun-semangat-menciptakan-karya-terbaik-hingga-tidak-dapat-berkarya-lagi/). Desember 2018.

Anonim, 2017. Economy okezone. Website (https://www.google.com/amp/s/economy.okezone.com/amp/2017/04/22/320/1674274/7-kata-motivasi-hidup-untuk-membangun-semangat). Desember 2018.

Admin psikoma, 2016. Tips membangun semangat baru dalam hidup. Website (www.psikoma.com/membangun-semangat-baru-dalam-hidup/). Desember 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar