Kamis, 20 Desember 2018

Adil adalah hal yang harus dimiliki manusia

Perlunya Bersikap Adil? Adil itu sangat diperlukan ketika terdapat suatu masalah yang harus segera diputuskan, keputusan tersebut juga harus bersikap adil, tidak memihak manapun dalam suatu masalah yang terjadi. Bersikap adil dapat diajarkan mulai dari lingkungan keluarga (peran orang tua) kemudian dalam mengambil keputusan di lingkungan masyarakat umum juga. kata adil adalah suatu sikap yang tidak memihak atau sama rata, tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang, tidak ada pilih kasih dan masih banyak lagi persepsi yang lainnya.

Pengertian Adil Menurut Islam, menurut bahasa Arab disebut dengan kata ‘adilun, yang berarti sama dengan seimbang. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, adalah diartikan tidak berat sebelah, tidak memihak, berpihak pada yang benar, berpegang pada kebenaran, sepatutnya, dan tidak sewenang-wenang. Dan menurut ilmu akhlak ialah meletakan sesuatu pada tempatnya, memberikan atau menerima sesuatu sesuai haknya, dan menghukum yang jahat sesuai haknya, dan menghukumyang jahat sesuai dan kesalahan dan pelanggaranya.

Banyak manfaat jika kita berlaku Adil di kehidupan sehari-hari.
  1. Terhadap kehidupan pribadi/diri sendiri
    - Hati terasa tenang
    - Hidup rukun dan aman
    - Di sukai banyak orang
    - Meningkatkan disiplin
    - Menimbulkan rasa sayang terhadap sesama
    - Memiliki sikap toleransi yang tinggi
    - Sopan dalam tutur kata
  2. Terhadap keluarga
    - Keluarga menjadi sejahtera dan harmonis
    - Jauh dari permusuhan sesama saudara
    - Tidak ada rasa iri hati dengan saudara
    - Disayangi keluarga dan saudara
    - Terjalinnya komunikasi dan hubungan dengan keluarga atau saudara
  3. Terhadap masyarakat
    - Disukai banyak orang
    - Terciptanyamasyarakat yang damai dan tentram
    - Tanggap terhadap masalah lingkungan
    - Terjalin hubungan baik dengan masyarakat
    - Jauh dari keributan dan pertengkaran
    - Memperbaiki hubungan dengan masyarakat
CIRI-CIRI ORANG ADIL

1.Ketulusan
 Ketulusan menempati peringkat pertama sebagai sifat yang paling disukai oleh semua orang.Ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena yakin tidak akan dibodohi ataudibohongi. Orang yang tulus selalu mengatakan kebenaran, tidak suka mengada-ada, pura- pura,mencari-cari alasan atau memutarbalikkan fakta. Prinsipnya Ya diatas Ya dan Tidak diatasTidak. Tentu akan lebih ideal bila ketulusan yang selembut merpati itu diimbangi dengankecerdikan seekor ular. Dengan begitu, ketulusan tidak menjadi keluguan yang bisa merugikandiri sendiri.
2.Kerendahan Hati
 Berbeda dengan rendah diri yang merupakan kelemahan, kerendah hatian justrumengungkapkankekuatan. Hanya orang yang kuat jiwanya yang bisa bersikap rendah hati. Ia seperti padi yangsemakin berisi semakin menunduk. Orangyang rendah hati bisa mengakui dan menghargai keunggulan orang lain. Ia bisamembuat orang yang diatasnya merasa oke dan membuat orang yang di bawahnyatidak merasa minder.
3Kesetiaan
 Kesetiaan sudah menjadi barang langka & sangat tinggi harganya. Orang yang setia selalu bisadipercaya dan diandalkan. Dia selalu menepati janji, punya komitmen yang kuat, rela berkorbandan tidak suka berkhianat.
4.Positive Thinking
 Orang yang bersikap positif (positive thinking) selalu berusaha melihat segala sesuatu darikacamata positif, bahkan dalam situasi yang buruk sekalipun. Dia lebih suka membicarakankebaikan daripada keburukan orang lain, lebih suka bicara mengenai harapan daripadakeputusasaan, lebih suka mencari solusi daripada frustasi, lebih suka memuji daripadamengecam, dan sebagainya.
5.Keceriaan
 Karena tidak semua orang dikaruniai temperamen ceria, maka keceriaan tidak harus diartikanekspresi wajah dan tubuh tapi sikap hati. Orang yang ceria adalah orang yang bisa menikmatihidup, tidak suka mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Dia bisa mentertawakansituasi, orang lain, juga dirinya sendiri. Dia punya potensi untuk menghibur dan mendorongsemangat orang lain.
6.Bertanggung jawab
 Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh.Kalau melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya. Ketika mengalami kegagalan, dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau dia merasa kecewa dan sakit hati,dia tidak akan menyalahkan siapapun. Dia menyadari bahwa dirinya sendirilah yang bertanggung jawab atas apapun yang dialami dan dirasakannya.
7.Percaya Diri
 Rasa percaya diri memungkinkan seseorang menerima dirinya sebagaimana adanya, menghargaidirinya dan menghargai orang lain. Orang yang percaya diri mudah menyesuaikan diri denganlingkungan dan situasi yang baru. Dia tahu apa yang harus dilakukannya dan melakukannyadengan baik.
8.Kebesaran Jiwa
 jika dalam menentukan hal bersama orang yang adil akan selalu mengutamakan keadilan bukan kegoisan dirinya

bahwa bersikap adil harus lah memperlakukan atau melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang, tidak memihak, tidak merugikan orang lain, memberikan hak setiap yang berhak secara lengkap, tidak melebihi dan mengurangi antara sesama yang berhak dalam keadaan yang sama. Terdapat juga berbagai manfaat dalam bersikap adil terhadap pribadi, keluarga dan lingkungan masyarakat serta memberikan berbagai macam nilai positif dalam bersikap adil.

DAFTAR PUSTAKA:
Qomsyatun, Gustini. 2015. Manfaat Sikap Perilaku Adil. Dalam: http://gustiniqomsyatun.blogspot.com/2015/11/manfaat-sikap-perilaku-adil.html
Kurniawati,yuli.2012. 10Ciri oang adil. Dalam: 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar