Jumat, 28 Desember 2018

PROAKTIF

Oleh : PUJI ANGGRAENI (K30-Puji)

Bersikap proaktif lebih dari sekedar mengambil inisiatif. Bersikap proaktif berarti bertanggung jawab atas perilaku kita sendiri, baik di masa lalu, masa kini, maupun masa mendatang. Bersikap proaktif juga berarti mampu membuat pilihan-pilihan berdasarkan prinsip-prinsip serta nilai-nilai yang berlaku.
Secara umum pengertian Proaktif adalah sikap seseorang yang mampu menggali potensi dalam memanfaatkan kesempatan sehingga menghasilkan perubahan yang lebih baik.
Sikap proaktif sangat berguna bagi manusia terutama dalam menghadapi rintangan maupun dalam berinteraksi dengan manusia lain. Sikap proaktif  menunjukkan tingkat kecerdasan emosi (EQ)  yang tinggi. Seseorang bisa bertahan saat menghadapi musibah, bisa menumbuhkan motivasi saat kondisi tidak menyenangkan, juga bisa memberikan respon positif yang disesuaikan dengan situasi, semua itu merupakan sikap proaktif yang menunjukkan pengelolaan emosi secara baik.
Lawan dari sikap proaktif adalah sikap reaktif. Sikap reaktif  ini semaksimal mungkin dihindari,  Sikap reaktif dipengaruhi dan digerakkan oleh lingkungan fisik mereka, perasaan, dan masa lalu. Bahasa orang reaktif  mebebaskan dari tanggung jawab. Pendekatan berfikir PROAKTIF yaitu dari dalam ke luar, artinya mulai dari diri sendiri, lebih menuntut diri sendiri dulu daripada menuntut orang lain, sedangkan pendekatan berfikir REAKTIF adalah mulai dari luar ke dalam. Artinya lebih menuntut orang lain dulu daripada menuntut diri sendiri, menyalahkan masa lalu dan menyalahkan keadaan.


Bersikap Proaktif itu Banyak Manfaatnya
1.      Tidak mudah tersinggung .
2.      Bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya dan atas pilihan-pilihannya.
·         Berpikir sebelum bertindak.
·         Selalu mencari jalan keluar untuk menjadikan segalanya terlaksana.
·         Fokus terhadap hal yang tidak bisa mereka ubah.
3.      Kita Hanya Bisa Mengendalikan Satu Hal
Orang proaktif memfokuskan perhatiannya pada hal yang bisa mereka kendalikan.
4.      Mengubah Kemunduran Menjadi Kemajuan.
"yang penting bukanlah apa yang terjadi padamu dalam hidup ini melainkan bagaimana responmu terhadap kejadian itu."
5.      Menjadi Pelaku Perubahan
Yang menentukan kita gagal atau sukses adalah diri kita sendiri bukan orang lain.
6.      Sikap Aku Bisa
Bersikap proaktif sebenarnya ada 2 hal. pertama kamu bertanggung jawab atas pilihanmu sendiri. Yang kedua kamu mempunyai sikap "aku bisa" sikap aku bisa itu berani kreatif dan sangat banyak akal
7.      Tekan saja tombol “Pause” (berhenti sejenak)
Jadi, kalau seseorang bersikap kasar terhadapmu, darimanakah kamu dapatkan kuasa untuk menahan diri agar tidak membalasnya? Bagi para pemula, tekan saja tombol pause. Jika kamu bisa belajar menekan tombol pause, menguasai diri, dan merenungkan respons yang ingin kamu berikan, pasti keputusan-keputusan yang kamu ambil lebih baik.
Jadilah proaktif, tetaplah berpegang pada nilai sebagai landasan dalam kita bertindak, apapun “cuaca lingkungan” atau “cuaca sosial” diluar sana, entah itu menyenangkan atau tidak. Jangan biarkan apapun menghalangi atau mempengaruhi kita dalam menerapkan nilai. Sebagai orang yang proaktif, kita bertanggung jawab atas hidup kita sendiri. Perilaku kita adalah fungsi dari keputusan kita, bukan kondisi kita. Akan terasa berat memang, namun perlulah disadari bahwa itu adalah bagian dari perjuangan kita dalam meraih kesuksesan hidup.

DAFTAR PUSTAKA
·         Anonim, 2018, Pemimpin Ynag Proaktif, Dalam http://www.dunamis.co.id/product/article/31 (Diakses 20 Desember 2018).
·         Anonim, 2016, Pengertian Proaktif dan Contohnya, Dalam http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-proaktif-dan-contohnya/ (Diakses 4 Oktober 2016).
·         Agung. Nur., 2018, Proaktif dan Reaktif, Dalam https://www.academia.edu/17631368/PROAKTIF_DAN_REAKTIF (Diakses 20 Desemebr 2018).
·         Anonim, 2018, Bagaimana Cara Menjadi Pribadi Yang Proaktif? Dan Apa Untungnya, Dalam https://www.finansialku.com/proaktif-reaktif/ (Diakses12 Maret 2018).

·         Anonim, 2018, Jadilah Proaktif - Karakter Untuk Mahasiswa, Dalam  https://characterbuilding12.weebly.com/kebiasaan-1.html (Diakses 20 Desember 2018).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar