Kamis, 27 Desember 2018

Hidup Penuh Semangat!

Oleh: Muhammad Bayu Adji (@J17-Bayu)
Banyak orang yang membuat beberapa planning dan diletakan di beberapa tempat. Dengan tujuan agar selalu teringat planning yang harus digapai. Tempat yang strategis untuk mengingatkan adalah di pintu kamar, toilet, kulkas, bahkan lemari. Manfaat kata-kata motivasi dipercaya dapat membuat seseorang menjadi tersugesti untuk menjadi lebih semangat. Maka dari itu pada artikel ini saya akan memberi tips agar hidup lebih bersemangat.


Kata kunci : manfaat, bersemangat, cara, sukses, tips

Semangat hidup adalah suatu energi yang kita butuhkan dalam hidup. Orang yang tidak punya semangat tidak akan punya kesempatan buat sukses karena yang terpikir hanya kemalasan dan kesulitan. Bagi kita kita yang ingin mencapai kesuksesan tentunya harus selalu menghidupkan semangat dalam diri kita.
Dalam kehidupan sehari-hari adakalnya semangat kita naik turun. Dalam kondisi tertentu kita berada dalam sebuah keadaan dimana semangat kita sedang berkobar dengan sangat hebatnya. Semangat yang dirasa begitu menggebu-gebu seakaan akan tidak akan ada yang bisa menghentikan setiap langkah-langkah kita.
Berikut adalah beberapa manfaat apabila menjalankan hidup dengan penuh semangat :
1.       Semangat adalah langkah pertama menuju prestasi Hasrat Anda akan menentukan takdir Anda.
Renungkanlah pemimpin-pemimpin besar, maka Anda akan takjub melihat semangat mereka. Semua orang yang unggul memiliki hasrat yang besar. Ini berlaku dalam bidang apa pun. Hasrat yang lemah akan mendatangkan hasil yang lemah, sama seperti halnya api kecil menciptakan panas yang kecil. Semakin besar api semangat Anda, semakin besar pula hasrat Anda dan semakin besar pula potensi Anda.
2.       Semangat meningkatkan kehendak Anda Semangat itu tidak ada gantinya.
Semangat memperkuat kehendak Anda. Jika Anda benar-benar menginginkan sesuatu, Anda akan memiliki kemauan untuk mencapainya. Satu-satunya cara untuk memiliki hasrat itu adalah dengan mengembangkan semangat.
3.       Semangat mengubah Anda Jika Anda mengikuti semangat Anda, bukan pendapat orang lain, maka Anda pasti akan menjadi orang yang lebih berdedikasi dan lebih produktif.
Hal itu akan meningkatkan kemampuan Anda untuk memengaruhi orang lain. Akhirnya, semangat Anda akan lebih memengaruhi daripada kepribadian Anda.
4.       Semangat membuat hal-hal yang mustahil menjadi kenyataan Manusia diciptakan sedemikian rupa sehingga ketika jiwanya terbakar oleh sesuatu, kemustahilan akan lenyap.
Api dalam hati mengangkat segala hal dalam hidup Anda. Itulah sebabnya mengapa para pemimpin yang bersemangat begitu efektif. Seorang pemimpin yang memiliki sedikit keterampilan namun besar semangatnya selalu lebih unggul dari pada pemimpin yang memiliki keterampilan hebat namun tidak bersemangat.
Lalu, di bawah ini adalah cara untuk memelihara semangat hidup agar selalu survive dalam kondisi dan situasi apapun :
·         Selalu visualisasikan mimpi
Mimpi adalah salah satu yang mengerakan setiap langkah kita. Mimpi itu adalah tujuan kita di masa yang akan datang. Tanpa sebuah mimpi setiap langkah kita bagaikan sebuah air yang mengalir menyusuri kemana saja aliran akan membawanya.
·         Lakukan kegiatan positif yang berhubungan dengan impian anda
Agar mimpi itu selalu hidup lakukanlah kegiatan-kegiatan positif yang berhubungan dengan impian anda. Jika anda ingin menjadi seorang motivator, lakukan lah kegiatan-kegiatan kecil seperti membimbing anak-anak SD atau SMP dengan mengadakan sebuah kegiatan.
·         Jangan mudah menyerah, jadikanlah rintangan sebagai sebuah tantangan.
Salah satu penyebab paling umum dari hilangnya semangat hidup adalah ketika kita menemukan suatu rintangan. Rintangan itu membuat semangat kita terkikis dan makin terkikis sampai kemudian akan habis jika kita tidak bisa mengendalikannya. Justru disitulah kuncinya. Di luar sana banyak orang yang ingin sukses, namun sangat sedikit sekali orang yang rela dan mau perih dan getirnya dalam bekerja keras.
·         Berdo'a
Tetaplah semangat, anda adalah makhluk pilihan Tuhan.


DAFTAR PUSTAKA

Lativi.2014.Mari Jalani Hidup Dengan Penuh Semangat. Dalam https://www.paklativi.com/2014/02/mari-jalani-hidup-dengan-penuh-semangat.html
Ruslani.2015.Pengertian Tentang Semangat. Dalam http://www.ruslani.com/pengertian-tentang-semangat.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar