Rabu, 26 Desember 2018

Control yourself

Oleh Adythia BB (J07-Adythia)


Pengendalian diri merupakan proses yang terjadi ketika dalam situasi tanpa batasan dari lingkungan eksternal anak melakukan suatu jenis perilaku yang sebelumnya sedikit tidak mungkin muncul dibandingkan perilaku alternatif lainnya. Dapat pula diartikan sebagai proses
yang dilakukan individu atas dasar kemauan dan pemikiran yang mereka miliki. 

Pengendalian diri dapat pula diartikan sebagai suatu aktivitas pengendalian tingkah laku. Pengendalian tingkah laku mengandung makna, yaitu melakukan pertimbangan-pertimbangan terlebih dahulu sebelum memutuskan sesuatu untuk bertindak.
CARA MENGENDALIKAN DIRI DARI EMOSI :

1.      Tidak Terburu-buru dalam Bertindak
Bereaksi secara terburu-buru dapat menjadi kesalahan yang fatal. Jika tidak tahu cara bersikap sabar dalam segala hal, hampir bisa dipastikan kita akan mengeluarkan kata-kata atau tindakan yang akan kita sesali nantinya. 
2.      Sadar Diri
Jika kita sendiri tidak sadar ketika kehilangan kontrol diri, bagaimana bisa kita mengendalikannya? Introspeksi diri adalah salah satu cara membersihkan hati yang kotor. Oleh karena itu, Mulai kenali perasaan Anda. Ingat kapan dan bagaimana Anda merasakan perasaan tertentu.
3.      Lampiaskan Emosi dengan Cara yang Sehat
Adanya emosi bukanlah untuk dipendam. Saat emosi menghinggapi diri Anda, cobalah menelepon atau mengunjungi teman dekat untuk menceritakan masalah yang sedang Anda hadapi.  Mendengarkan pendapat dari orang lain akan memberikan kita perspektif baru dalam menemukan solusi dari masalah tersebut.
4.      Hindari Membesar-besarkan Masalah
Ketika berada dalam situasi yang sulit, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu seberapa berat permasalahan yang kita alami. Berusahalah untuk mencari cara menenangkan hati dan pikiran saat ada masalah.
5.      Memaafkan Orang Lain

Carilah cara menghilangkan sifat egois diri sendiri. Di saat Anda memaafkan, Anda melepaskan diri dari perasaan marah, benci atau cemburu yang ada dalam diri. Dengan memaafkan, kita akan lebih menerima mereka apa adanya dan lebih tahu cara menghargai orang lain.

CONTOH SIKAP MENGENDALIKAN DIRI
·   Tidak membalas ejekan dengan ejekan, atau hinaan dengan hinaan. 
·   Menahan marah dan tetap berpikir tenang meskipun seseorang berbuat aniaya pada kita.
·   Memaafkan kesalahan yang diperbuat seseorang pada kita.
·    Meskipun tidak suka pada seseorang, tetapi senantiasa bersikap baik adalah bentuk pengendalian diri.
·    Menghormati dan menghargai teman, guru, dosen, karyawan, dll


MANFAAT MENGENDALIKAN DIRI
·   Agar tidak terpengaruhi oleh orang lain atau suatu sifat meredam emosi
·   Akan meningkatkan sifat sabar,tawakal,bersyukur dan dapat meningkatkan komunikasi positif dalam lingkungan masyarakat sehingga memperoleh suasana yang tenang.
·   Akan menimbangkan percukupan kebutuhan hidup yang sesuai dengan kemampuan diri dan meningkatkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh tuhan.
·  Dapat mengurangi rasa gelisah,cemas,iri dan tidak puas yang dapat terjadi pada setiap orang.

Daftar Pustaka
Andita,rizka.2016.cara mengendalikan diri:Wordpress

Taufiq. 2017. Cara mengendalikan diri.:Cintalia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar