Kamis, 20 Desember 2018

Kerjasama sebagai Kelangsungan Hidup

Faisal Radi Prayogo
(@K06-Faisal)

    Manusia sebagai makhluk sosial pasti akan membutuhkan bantuan dari orang lain, manusia tidak bisa hidup  sendirian karena asalnya memang manusia itu saling bergantungan satu sama lain. Kerena itu dalam kehidupan sangat penting untuk membangun kerjasama yang baik. Kerjasama merupakan kegiatan yang dilakukan antar sesama manusia untuk mencapai tujuan bersama, dengan kerjasama seseorang akan lebih mudah untuk menyelesaikan sesuatu karena kita memiliki patner atau rekan untuk bertukar pikiran bagaimana sesuatu yang kita kerjakan itu dapat berjalan dan terselesaikan dengan cepat dan dengan hasil yang maksimal.





    Arti penting kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, ber bangsa dan bernegara akan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, kita harus menyadari adanya keberagaman dalam kehidupan di masyarakat. Ada beberapa penting nya kerjasama dalam kehidupan ini yaitu:
1. Meningkatkan Efisiensi
2. Menambah Ide baru
3. Menambah Pengalaman
4. Memudahkan Berkomunikasi
    Kerjasama sangat diperlukan dan penting bagi kelangsungan hidup kita dalam bermasyarakat. bukan hanya penting saja, nilai sosial dalam bekerjasama pun sangat banyak, seperti : menghargai pendapat orang lain, tanggungjawab, kebersamaan, dan kepedulian.
    Pentingnya kerjasama dalam bernegara pun sangat diperlukan. karena akan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, mempererat persaudaraan, timbul semangat bergtong royong. Maka itu, setiap manusia memang memerlukan orang lain dalam bermasyarakat. karena manusia tidak bisa individualisme dalam kehidupan.

DAFTAR PUSTAKA
Nurhayati. 2016. Dengan artikel "Pentingnya Kerjasama dalam Kehidupan" dan https://www.kompasiana.com/emy/570e09fdf19673ce123d52a2/pentingnya-kerjasama-dalamkehidupan . Diakses pada 20 Desember 2018.
GoWork Team. 2018. Dengan artkel "Pentingnya Teamwork dan Kolaborasi" dan https://go-work.com/blog/pentingnya-teamwork-dan-kolaborasi . Diakses pada 20 Desember 2018.
Suhariyanto, Eko Sri. 2016. Dengan artikel "pentingnya kerjasama tim" dan https://uangteman.com/blog/tag/pentingnya-kerjasama-tim/ . Diakses pada 20 Desember 2018.
Prayoga, Nandini Adi. 2015. Dengan artikel "PENTINGNYA KERJASAMA" dan http://naradewi.blogspot.com/2015/10/babi-pendahuluan-kerja-samayang-baik.html . Diakses pada 20 Desember 2018.
Edutalk. 2018. Dengan artikel "Materi Ajar Pentingnya Kerjasama dalam Kehidupan" dan https://edutalk.id/2018/03/29/materi-ajar-pentingnya-kerjasama-dalam-kehidupan/ . Diakses pada 20 Desember 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar