Kamis, 20 Desember 2018

PENTINGNYA KERJA SAMA


Oleh : Natalia Esteriani Kambey (K17-Natalia)

           Manusia merupakan makhluk sosial, artinya kita membutuhkan bantuan orang lain dalam kehidupan kita sehari-hari. Sehingga kerja sama merupakan suatu kebutuhan dalam kehidupan kita yang tidak bisa dihindari. Namun, masih banyak orang yang masih bersikap individualisme dan tidak mau mengembangkan sikap kerja sama. Padahal kerja sama memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan kita.

            Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama merupakan interaksi yang paling penting karena pada hakikatnya manusia tidaklah bisa hidup sendiri tanpa orang lain sehingga ia senantiasa membutuhkan orang lain. Kerja sama dapat berlangsung manakala individu-individu yang bersangkutan memiliki kepentingan yang sama dan memiliki kesadaran untuk bekerja sama guna mencapai kepentingan mereka tersebut.

            Saat kita mau mengembangkan sikap kerja sama, banyak manfaat yang akan kita dapatkan, yaitu :
  • Meningkatkan efisiensi
    Saat bekerja sama, kita bekerja untuk tujuan yang sama sehingga pekerjaan akan selesai lebih cepat karena akan saling berbagi tanggung jawab.
  • Mendapatkan pengalaman belajar
    Kerja sama tim sangat penting dilakukan, karena akan mempertemukan kita dengan anggota tim yang memiliki latar belakang yang berbeda. Sehingga kita bisa mempelajari banyak pengetahuan dari anggota kita yang lain sehingga bisa meningkatkan kemampuan dan keterampilan diri kita. Disamping itu, memiliki banyak pengetahuan akan meningkatkan kepercayaan diri kita.
  • Kemudahan berkomunikasi
    Komunikasi adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan kita. Bekerja sama dalam tim membantu kita mengembangkan keterampilan komunikasi, hal ini disebabkan karena dalam kerja sama akan ada diskusi yang membuat kita terus berkomunikasi.
  • Dukungan Jaringan
    Saat kita terlibat dalam kerja sama tim, akan ada dukungan dan rasa saling memiliki sehingga akan membuat kita tidak mudah menyerah. Selain itu anggota tim akan saling membantu, membangun kepercayaan, member dan mendapatkan dukungan. Sehingga masa-masa sulit akan terselesaikan dengan sendirinya dan kita akan mencapai tujuan kita.
Cara untuk membangun sikap kerja sama adalah :
  1. Mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.
  2. Mendengarkan ide-ide dari orang lain dan mempertimbangkannya.
  3. Sabar jika ada halangan yang muncul saat ingin membangun sikap kerja sama.

Contoh kerja sama dalam kehidupan sehari-hari adalah :
  • Di rumah, bekerja sama dalam membersihkan rumah bersama keluarga.
  • Di lingkungan pendidikan, bekerja sama untuk membuat lingkungan kelas yang tenang.
  • Di lingkungan masyarakat, kerja bakti membersihkan lingkungan agar menjadi bersih serta bebas dari segala macam penyakit.
Daftar Pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar