Minggu, 30 Desember 2018

Sikap Proaktif


Oleh : Aprilia Wahyuni (@K29-Aprilia // @ProyekJK14)

Kata proaktif berarti lebih daripada sekedar mengambil inisiatif. Kata ini mengandung arti, bahwa sebagai manusia, kita bertanggung jawab atas hidup kita sendiri. Perilaku kita adalah fungsi dari keputusan kita, bukan kondisi kita. Orang yang sangat proaktif mengenali tanggung jawab. Mereka tidak menyalahkan keadaan, masa lalu, dan kondisi. Perilaku mereka adalah produk dari pilihan sadar mereka, yang berdasar nilai, dan bukan produk dari kondisi mereka yang berdasar perasaan dan masa lalu mereka.


Sikap proaktif sangat penting sekali dalam berbisnis, karena seseorang mampu menangkap peluang yang ada, memiliki visi yang jelas kedepan, selalu aktif dan memikirkan apa yang dapat mereka lakukan untuk meningkatkan kualitas kehidupannya. Sikap proaktif telah disebutkan sebagai salah satu dari 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif dalam buku The 7 Habits Of Highly Effective People, “Jadilah proaktif”. Proaktif berkaitan dengan mengambil tanggung jawab untuk hidup Anda. Anda tidak bisa terus menyalahkan segala sesuatu pada lingkungan atau orang lain. Orang proaktif sadar bahwa mereka mampu merespon sesuai keinginannya.


Ciri-ciri Sikap Proaktif :
·         Tidak mudah tersinggung pada apa yang membuat pada sesuatu yang tidak sesuai
·         Bertanggung jawab terhadap tindakannya sendiri dan memilih berfikir sebelum bertindak.
·         Orang-orang proaktif adalah pelaku-pelaku perubahan dan memilih untuk tidak menjadi korban, untuk tidak bersikap reaktif, untuk tidak menyalahkan orang lain.
·         Fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah dan tidak mengkhawatirkan hal-hal yang tidak bisa mereka ubah.
·         Tidak menyalahkan keadaan ataupun kondisi lingkungan jika seandainya ada yang tidak sesuai dengan keinginannya.
·         Mampu mengambil keputusan yang tepat walaupun pada situasi yang sangat sulit.
·         Orang proaktif biasanya menggunakan bahasa proaktif, seperti: “Saya bisa”, “Saya akan”, karena mereka berpikir positif pada setiap keadaaan.


Cara Menjadi Proaktif dalam Keseharian 

1.      Mengambil tanggung jawab
Mulailah untuk mengambil tanggung jawab atas tindakan yang dilakukan dan sadari pula dampak dari setiap tindakan yang akan atau telah dilakukan. Misalnya, kita berbelanja secara royal, maka mulailah untuk merencanakan bagaimana cara berhemat di bulan depan bukannya malah hanya terus mengasihani diri sendiri ketika kehabisan uang.
            
2.      Selalu mengambil keputusan
Mengambil keputusan untuk diri sendiri setiap hari tentu harus dilakukan. Kita harus memetakan kemana arah yang diinginkan. Bila jarang mengambil keputusan, maka hidup akan membawa kita dengan caranya sendiri. Jangan biarkan hidup membawa kita, tapi buatlah keputusan sendiri untuk mencapai arah yang diinginkan.

3.      Pikirkan cara alternatif
Semua rencana yang dibuat tidak akan selalu berjalan lancar. Oleh karenanya, kita harus memiliki cara alternatif untuk mengatasi setiap urusan ataupun masalah yang dihadapi.

4.      Miliki sikap “pemecah masalah”
Sikap adalah salah satu perbedaan yang mencolok pada orang yang proaktif dan yang biasa. Seseorang yang proaktif akan melihat masalah sebagai kesempatan untuk menemukan cara penyelesaiannya dan bukan menyalahkan keadaan.

5.      Mengontrol emosi dan perasaan
Emosi dan perasaan juga berperan penting untuk menjadi seorang proaktif. Seorang proaktif akan menggunakan emosi mereka sebagai alat untuk meningkatkan motif mereka sendiri dan tidak membiarkan emosi negatif datang pada keadaan maju serta bahagia.

6.      Imajinatif dan kreatif
Imajinatif dan kreatif. Menjadi seorang proaktif dituntut untuk dapat memiliki dua hal tersebut untuk mendapatkan sesuatu yang baru dan unik. Dengan ini, kita bisa mencari cara lain untuk menyelesaikan masalah atau pekerjaan ketika sedang sulit menghadapinya.



DAFTAR PUSTAKA
Windasuri, Heira. 2018. Apa Itu Proaktif dan Reaktif. https://www.studilmu.com/blogs/details/apa-itu-proaktif-dan-reaktif
Darwin, Monalisa. 2016. Enam Cara Menjadi Sosok yang Proaktif dalam Keseharian. http://intisari.grid.id/read/0335801/enam-cara-menjadi-sosok-yang-proaktif-dalam-keseharian?page=all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar