Kamis, 20 Desember 2018

Bersikaplah Adil

Faisal Rafi Prayogo
(@K06-Faisal)

    Dalam terminology islam, “adil” biasa dimaknai dengan “meletakkan sesuatu pada tempatnya”. Adil bukanlah sama-rata sama-rasa. Keadilan adalah kemampuan seseorang dalam menyikapi sesuatu perkara sesuai dengan kondisi objektifnya.untuk mencapai kemampuan bersikap adil, seseorang dituntut untuk memiliki kemampuan yang baik dalam memahami sebuah objek. Dia harus memiliki logika berfikir yang sehat. Selain sehat berlogika, adil juga mensyaratkan sifat tanggung jawab. Orang yang tidak betanggung jawab juga akan sulit untuk bersikap adil. Tanggung jawab inilah yang akan mendorong dirinya mengambil keputusan sesuai dengan kebenaran yang diyakininya, meskipun resikonya tinggi.

    Bersikap adil harus kepada diri sendiri, lingkungan, keluarga, dan orang lain. Pada diri sendiri kita harus melakukan aktivitas sesuai waktunya dan menjaga kondisi kesehatan tubuh. Pada orang lain harus berkata santun, berpikif sebelum bertindak, berbuat baik dan saling membantu. Pada lingkungan harus menjaga kebersihan lingkungan sepert sebagian dari iman. Pada Keluarga haruslah adil kepada anak-anaknya, adil dalam melakukan pekerjaan rumah.
    Walaupun memang banyak kesulitan untuk bersikap adil. Kita sebagai manusia harus tetap berusaha untuk adil kepada apapun dan siapapun baik lingkungan atau orang lain. Sikap adil memang harus dimiliki leh setiap manusia agar suatu saat nanti keadilan tersebut akan membuat kita terselamatkan.

DATAR PUSTAKA
Annim. 2018. Dengan artikel "Contoh perilaku adil terhadap diri sendiri dan orang lain dalam kehidupan sehari-hari" dan https://www.websitependidikan.com/2016/10/contoh-perilaku-adil-terhadap-diri-sendiri-dan-orang-lain-dalam-kehidupan-sehari-hari.html .Diakses pada 20 Desember 2018.
Zakariya, Abu. 2016. Dengan artikel "Bersikap Adil" dan https://ukhuwahislamiah.com/bersikap-adil/ . Diakses pada 20 Desember 2018.
Prasodjo, Imam B. 2017. Dengan artikel "SEMAKIN PENTINGNYA SIKAP ADIL DI TENGAH KEMELUT" dan http://menara62.com/2017/05/16/semakin-pentingnya-sikap-adil-di-tengah-kemelut/  Diakses pada 20 Desember 2018.
Anonim. 2018. Dengan artikel "Bersikaplah Adil terhadap Lingkungan" dan http://www.nu.or.id/post/read/91603/bersikaplah-adil-terhadap-lingkungan . Diakses pada 20 Desember 2018.
Anonim. 2018. Dengan artikel "Berlaku Adil Kepada Anak" dan https://almanhaj.or.id/4153-berlaku-adil-kepada-anak.html . Dakses pada 20 Desember 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar