Minggu, 30 Desember 2018

Adil dalam Segala Hal


Oleh : Aprilia Wahyuni (@K29-Aprilia // @ProyekJK13)

Pengertian Keadilan ialah hal-hal yang berkenaan pada suatu sikap dan juga tindakan didalam hubungan antar manusia yang berisi tentang sebuah tuntutan agar sesamanya dapat memperlakukan sesuai hak dan juga sesuai kewajibannya.

Pengertian Keadilan Menurut Definisi Para Ahli
·         Pengertian keadilan menurut Aristoteles yang menggemukakan bahwa keadilan ialah tindakan yang terletak diantara memberikan terlalu banyak dan juga sedikit yang dapat diartikan ialah memberikan sesuatu kepada setiap orang sesuai dengan memberi apa yang menjadi haknya.
·         Pengertian keadilan menurut Frans Magnis Suseno yang menggemukakan pendapatnya mengenai pengertian keadilan ialah keadaan antarmanusia yang diperlakukan dengan sama ,yang sesuai dengan hak serta kewajibannya masing-masing.
·         Pengertian keadilan menurut Thomas Hubbes yang menggemukakan bahwa pengertian keadilan ialah sesuatu perbuatan yang dikatakan adil jika telah didasarkan pada suatu perjanjian yang telah disepakati.
Jenis-jenis Keadilan
Berkaitan dengan pengertian dari keadilan. Sebenarnya ada 5 jenis keadilan dari Aristoteles, yaitu sebagai berikut:
1.      Keadilan komutatif
Perlakuan kepada seseorang dengan tidak melihat jasa-jasanya termasuk keadilan komunitatif. Contohnya saja seseorang yang akan menerima sangsi karena pelanggaran yang telah dibuatnya. Hal ini tidak memandang kedudukan serta jabatannya.

2.      Keadilan distributif
Perlakuan kepada seseorang yang sama dengan jasa-jasanya ini diberikannya termasuk dalam keadilan distributif. Contohnya saja seorang karyawan yang diberi gaji sesuai oleh masa kerja, dan juga jabatannya.

3.      Keadilan kodrat alam
Perlakuan kepada seseorang atau yang lebih sesuai seperti hukum alam. Contohnya saja seseorang yang akan memperlakukan orang lain dengan baik jika orang lain tersebut juga memperlakukannya dengan baik.

4.      Keadilan konvensional
Keadilan yang telah didekritkan melewati suatu kekuasaan khusus termasuk keadilan konvensional. Contohnya saja setiap warga negara harus mematuhi peraturan yang sudah diberlakukan atau dijalankan.

5.      Keadilan perbaikan
Keadilan yang diberlakukan kepada seseorang yang sudah merusak nama baik seseorang termasuk keadilan perbaikan. Contohnya saja permintaan maaf melewati media massa karena sudah merusak nama baik seseorang.


DAFTAR PUSTAKA
Burhan. 2018. Pengertian Keadilan Menurut Para Ahli Beserta Jenis dan Contohnya. https://satujam.com/pengertian-keadilan/
Setiawan, Parta. 2019. 10 Pengertian Keadilan dan Jenisnya Menurut Para Ahli. https://www.gurupendidikan.co.id/10-pengertian-keadilan-dan-jenisnya-menurut-para-ahli/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar