Kamis, 20 Desember 2018

Pemimpin yang Proaktif

Oleh : @K19-Luthfiah

Bersikap proaktif lebih dari sekedar mengambil inisiatif. Bersikap proaktif berarti bertanggung jawab atas perilaku kita sendiri, baik di masa lalu, masa kini, maupun masa mendatang. Bersikap proaktif juga berarti mampu membuat pilihan-pilihan berdasarkan prinsip-prinsip serta nilai-nilai yang berlaku. 

Pemimpin Yang Proaktif akan mampu membuat keputusan secara bijak dan bertanggung jawab atas keputusan tersebut, tanpa terpengaruh suasana hati atau keadaan.  Bila dihadapkan dengan kondisi yang kurang kondusif ataupun keadaan dimana semua orang melakukannya, Pemimpin yang Proaktif tidak reaktif, tidak ikut-ikutan, dan tidak menyalahkan orang lain atas kondisi tersebut.


Pemimpin Yang Proaktif adalah pelaku-pelaku perubahan. Mereka bertekad menjadi pendorong yang kreatif dalam hidup mereka sendiri, dan mereka menjadi inspirasi bagi orang lain. 

Seorang pemimpin yang proaktif pasti punya sebuah tujuan yang jelas dan harus memiliki pengaruh besar dilingkungan sekitar kita. Harus dapat memengaruhi lingkungan. Bukan malah sebaliknya lingkungan yang memengaruhi dia.

Selain itu kita harus mempunyai ciri ciri sebagai pemimpin yang proaktif yaitu :
  1. Dapat menilai positif orang orang baru, gagasan, kultur manajemen baru, sistem sosial, struktur sosial, dan teknologi. Selalu mengubah situasi kearah yang lebih baik, maju, dan menguntungkan untuk lembaganya yang menururtnya jika lembaga itu beruntung maka berarti untuk bagi dirinya
  2. Dapat menganggap orang baru sebagi kawan untuk membantunya memimpin. Berusaha mencapai kemajuan dengan hal yang baru
  3. Dapat menganggap figur artinya pemimpin yang proaktif mau dah rela membagi pengalamanya , wawasanya ke orang-orang baru dan berusaha memecahkan masalah yang kita hadapi , lembaganya secara bersama sama .
  4. Dapat Belajar dari orang orang disekelilingnya, belajar dari kompetitornya, mau berdiskusi dengan sesama , dan berusaha mencari kesejahteraan untuk bersama.
Itulah yang menganggap bahwa sikap proaktif sangat penting, karena sikap ini adalah sikap yang wajib ditemukan pada diri seorang pemimpin. Tentunya kalian bisa mengetahui jika kebalikanya (reaktif). Dengan sikap ini, seorang pemimpin akan dapat bertanggung jawab dan dapat memecahkan sebuah masalah dengan bijaksana dan tepat tentunya memiliki keteladanan hidup yang positif.

Daftar Pustaka

1 komentar: