Senin, 09 September 2019

Seperti Apa Saya ?

Satria Hotma Hizkia @N19-SATRIA












                                                   



                                                             Seperti Apa Saya?

                                                                   Abstrak
            Bertanya tentang diri sendiri pasti pernah dilakukan oleh setiap manusia dalam hati dan pikirannya. Seseorang sering mendapat jawaban tentang dirinya dari orang-orang terdekat seperti keluarga, guru dan sahabat. Pengenalan diri merupakan kemampuan seseorang untuk melihat kekuatan dan     kelemahan yang ada pada dirinya sehingga dapat melakukan respon yang tepat terhadap tuntuan yang muncul dari dalam maupun dari luar. Assessment adalah suatu penilaian yang komprehensif dan melibatkan anggota tim untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan. Pengenalan diri dan penilaian diri adalah dua hal harus dikaitkan jika seseorang ragu dalam menjalani hidupnya

1.      Pendahuluan
            Bertanya tentang diri sendiri pasti pernah dilakukan oleh setiap manusia dalam hati dan pikirannya. Dari pertanyaan itu tentu ada jawaban yang mampu membuat diri semakin maju lewat evaluasi terhadap diri sendiri, namun tentu ada juga jawaban sebaliknya yang justru mengintimidasi diri sehingga sulit untuk maju karena terperangkap oleh jawaban itu serta menimbulkan penyesalan tanpa ada kemauan untuk berubah.
            Seseorang sering mendapat jawaban tentang dirinya dari orang-orang terdekat seperti keluarga, guru dan sahabat. Perkataan dan penilaian mereka sudah banyak membuat perubahan dan penyesalan pada diri seseorang karena selain dia sendiri yang mengenal tentang dirinya, ternyata mereka juga paham tentang sifat,karakter,dan bagaimana saya.
2.      Permasalahan
            2.1 Apakah dampaknya pengenalan diri bagi seseorang ?
            2.2 Apakah dampaknya penilaian diri bagi seseorang ?
            2.3 Apa implikasi penilaian diri terhadap pengenalan diri ?
3.      Pembahasan

3.1  Pengenalan Diri
                 Pengenalan diri merupakan kemampuan seseorang untuk melihat kekuatan dan       kelemahan yang ada pada dirinya sehingga dapat melakukan respon yang tepat terhadap     tuntuan yang muncul dari dalam maupun dari luar. Pengenalan diri dikatakan        Noesjirwan (Koentjoro,1989) merupakan langkah yang diperlukan orang untuk dapat          menjalankan kehidupan ini secara efektif.
                 Tentunya respon yang akan dilakukan ketika berada dalam lingkungan masyarakat akan berbeda ketika seseorang berada dalam lingkungan yang lain misalnya lingkungan keluarga, pertemanan, lingkungan studi, dan sebagainya.

3.2  Penilaian Diri
              Assessment adalah suatu penilaian yang komprehensif dan melibatkan anggota tim untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan yang mana hsil keputusannya dapat digunakan untuk layanan pendidikan yang dibutuhkan anak sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran. (Robert M Smith (2002)
     
      Penilaian diri saat di bangku sekolah bisa menjadi tolak ukur lanjutan bagi seseorang untuk dapat mengenal dirinya. Pada proses penilaian diri seseorang akan mengetahui sifat-sifat dan karakter dirinya sendiri, dari hasil itu akan ada kemungkinan bahwa setiap dari mereka yang melihat secara rinci akan merenenungkan tentang diri mereka sendiri.

3.3  Implikasi penilaian diri terhadap pengenalan diri
              Jika pada konsep pengenalan diri membuat sesorang paham akan bagaimana dia berlaku, maka pada konsep penilaian diri membuat seseorang paham akan bagaimana karakter dan sifat yang dia miliki. Dari dua pemahaman konsep ini, akan tercipta sinergi dan membuat seseorang lebih yakin dalam menjalani hidupnya.


4.      Pembahasan
              Pengenalan diri dan penilaian diri adalah dua hal harus dikaitkan jika seseorang ragu dalam menjalani hidupnya. Karena pemahaman pada dua konsep tersebut akan terimplementasikan dengan sendirinya pada kehidupan seseorang ketika sedang menjalani kehidupan sehari-harinya. Sehingga dia tidak akan bingung lagi bagaimana harus bersikap dan bertindak, bahkan dia akan paham mengenai dirinya tanpa harus mempertanyakan lagi “siapa saya?”

5.      Referensi
    Elihami. 2018. Konsep Pengenalan Diri.
                                                             











Tidak ada komentar:

Posting Komentar