Kamis, 12 September 2019

Jujur


JUJUR


Oleh, rahmat yasin (@P19) 
Kode proyek, @Jk 02              

Jujur merupakan salah satu sifat manusia yang cukup sulit untuk diterapkan. Sifat jujur yang benar-benar jujur biasanya hanya bisa diterapkan oleh orang-orang yang sudah terlatih sejak kecil untuk menegakkan sifat jujur. Tanpa kebiasaan jujur sejak kecil, sifat jujur tidak akan dapat ditegakkan dengan sebenar-benarnya jujur.
Sifat jujur termasuk ke dalam salah satu sifat baik yang dimiliki oleh manusia. Orang yang memiliki sifat jujur merupakan orang berbudi mulia dan yang pasti merupakan orang yang beriman.
Kata kunci : Jujur
Pendahuluan
            Pengertian jujur dari segi bahasa yaitu mengakui, berkata, ataupun memberi suatu informasi yang sesuai dengan apa yang terjadi . dari segi bahasa jujur dapat disebut antonym dari kata bohong yang artinya member informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan/kebenaran. Jika diartikan secara lengkap, maka jujur merupakan sikap seseorang ketika berhadapan dengan suatu atau fenomena tertentu dan menceritakan kejadian tersebut tanpa ada perubahan atau modifikasi sedikit pun.
Permasalahan : dapatkah kita berprilaku jujur dalam kehidupan?

Pembahasan
            Jujur itu berkata atau memberi informasi yang sesuai dengan apa yang terjadi. Jujur memang sulit di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, namun mau tidak mau kita harus menerapkannya karena jujur itu membuat diri lebih tenang.
Definisi
            suatu kesesuaian sikap antara perkataan dan perbuatan yang sebenarnya. Dan apa yang diucapkan memang itulah yang sesungguhnya dan apa yang di perbuat itulah yang sebenarnya. Kejujuran sangat erat kaitanya dengan hati nurani. Hati nurani adalah sesuatu yang murni dan suci. Namun, kadang kita enggan mengikuti hati nurani. Bila kita melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan, itulah yang di namakan bohong atau dusta, dan itu adalah suatu lawan kata jujur.

Manfaat
·         Memiliki banyak teman
·         Meningkatkan percaya diri
·         Disayang Allah
·         Merasakan bahagia
·         Disayangi guru dan juga orang tua
·         Kejujuran menciptakan kenyamanan
·         Dapat dipercaya
·         Meningkatkan prestasi
·         Mendapat pujian
·         Mendapatkan pahala
·         Mendapat kebaikan untuk diri sendiri       maupun untuk orang lain

Contoh dalam kehidupan sehari-hari
·         Senantiasa berkata benar, walaupun mungkin terkadang pahit.
·         Menjauhkan diri dari perkataan-perkataan yang dusta.
·         Menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.
·         Menepati janji yang telah disepakati.
·         Mengembalikan uang belanja, beli buku, dan yang semisal.
    
Kesimpulan
              Jujur dari segi bahasa yaitu mengakui, berkata, ataupun memberi suatu informasi yang sesuai dengan apa yang terjadi . dari segi bahasa jujur dapat disebut antonym dari kata bohong yang artinya member informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan/kebenaran. jujur itu merupakan sifat manusia yang sulit diterapkan, namun kita wajib menerapkannya dalam dalam kehidupan sehari-hari, seperti  senantiasa berkata benar, walaupun mungkin terkadang pahit Menjauhkan diri dari perkataan-perkataan yang dusta., Menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, Menepati janji yang telah disepakati, Mengembalikan uang belanja.

Untuk menerapkan prilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari mulailah dengan hal-hal kecil seperti berbicara apa adanya tanpa ada rekayasa, lama kelaman kita akan terbiasa berprilaku jujur.




Daftar pustaka
https://www.idpengertian.com/pengertian-jujur-contoh-dan-jenis-perilaku-jujur/ definisi jujurhttps://manfaat.co.id/manfaat-memiliki-perilaku-kejujuran manfaat jujur https://binutama.blogspot.com/2018/08/contoh-perilaku-jujur-dalam-kehidupan.html contoh dalam kehidupan sehari hari.   https://pengertiandefinisi.com/pengertian-jujur-dan-macam-macam-sifat-jujur-dalam-agama-islam/  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar