Sabtu, 14 September 2019

Menjadi Pribadi yang Jujur dan Berintegritas





Oleh @N12-ALFINA
       Kebanyakan individu belum paham betul arti jujur dan integritas itu apa. Mungkin sebagian individu berpikiran bahwa jujur dan integritas itu sama, namun keduanya itu berbeda tetapi saling berkaitan. Kejujuran adalah mengatakan apa yang dilakukan, sebaik apapun atau seburuk apapun tindakannya selama ia mengatakan apa yang telah dilakukannya maka ia telah bertindak  jujur. Kemudian integritas adalah melakukan apa yang dikatakan, utuh antara perkataan dan perbuatan.
       Kejujuran dan integritas dapat diidentifikasi sebagai kualitas manusia yang positif. Kejujuran dan integritas biasanya terekspresi melalui sikap, perilaku, kebiasaan, etos, karakter, gaya hidup, etika, etiket, dan moral. Orang-orang yang berintegritas tinggi konsisten hidupnya di dalam nilai-nilai positif tertinggi. Orang-orang berintegritas tinggi selaras hidupnya antara pikiran, ucapan, hati nurani, dan tindakan. Soft skill ini penting karena akan membuat kita dipercaya orang lain dalam kehidupan pribadi dan professional. Seseorang tidak dapat memiliki integritas tanpa kejujuran. Namun seseorang yang memiliki kejujuran tidak selalu memiliki integritas.
     Pada dasaranya ada banyak cara yang perlu dipersiapkan dan dilakukan untuk mencapai seseorang yang memiliki kejujuran dan integritas, seperti :
1. Hal paling sederhana dan paling mendasar adalah dari diri kita sendiri
Faktor terpenting untuk memulai bertindak jujur adalah diri sendiri. Karena apabila kita sudah jujur terhadap diri sendiri , maka akan berdampak juga kepada orang dan lingkungan di sekitar.
2. Mengantisipasi perilaku yang akan membuat kita merasa bersalah
Kita harus berhenti untuk melakukan sebuah kebohongan karena ujung-ujungnya suatu kebohongan akan ditutup lagi dengan kebohongan yang lain. Maka jika kita terbukti bersalah jangan berkata bohong untuk meloloskan diri dari masalah tetapi mengakui kesalahan itu dan siap menerima konsekuensi yang diterima.
3. Berhenti membandingkan diri kita dengan orang lain 
Karena apabila hal ini terus terjadi kita hanya akan membuat kebohongan-kebohongan baru untuk memperlihatkan diri kita sebagai seseorang yang baik meski pada realitanya hal ini bertolak belakang.
       Seseorang yang berlaku jujur berarti telah menjaga kehormatan dirinya dan menumbuhkan rasa tenang dan kesatria, memunculkan kewibawaan serta kepercayaan dari orang lain. Seseorang yang berintegritas akan terbentuk dari perkataan yang sesuai dengan perbuatan yang dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Maka dari itu kita sebagai orang yang beragama tentu harus mempunyai kepribadian yang baik, berani karena benar takut karena salah, berani mengatakan yang hak itu hak dan yang bathil itu bathil, dengan senantiasa jujur dalam perkataan atau perbuatan, ikhlas dalam perbuatan. Kalau ini sudah tertanam dalam diri seseorang maka barulah orang tersebut jujur dan berintergitas.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar