Sabtu, 14 September 2019

KARAKTEK JUJUR



NAMA:AROLVO ARTYA ANGGAREXO
@P12-AROLVO







SIKAP JUJUR
Jujur adalah suatu kesesuaian sikap antara perkataan dan perbuatan yang sebenarnya. Dan apa yang diucapkan memang itulah yang sesungguhnya dan apa yang di perbuat itulah yang sebenarnya.Kejujuran sangat erat kaitanya dengan hati nurani. Hati nurani adalah sesuatu yang murni dan suci. Namun, kadang kita enggan mengikuti hati nurani.Bila kita melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan, itulah yang di namakan bohong atau dusta, dan itu adalah suatu lawan kata jujur. Sifat jujur ini harus dimiliki oleh setiap manusia, karena sifat dan sikap ini merupakan prinsip dasar dari cerminan akhlak seseorangJujur juga dapat menjadi cerminan dari kepribadian seseorang bahkan kepribadian bangsa. Oleh sebab itulah kejujuran bernilai tinggi dalam kehidupan manusia. Banyak manfaat yang akan dirasakan jika kita selalu berperilaku jujur, diantaranya adalah bisa menjadi orang yang dapat dipercayakan, bisa memiliki banyak teman, akan mudah mendapatkan pekerjaan, dan yang paling utama adalah bisa dicintai oleh Allah SWT.

Pengalaman saya mengenai karakter jujur ini adalah di satu pelajaran saat ulangan saya pernah menyontek pada teman saya. Pada saat itu saya belum terlalu mengerti materi yang digunakan untuk ulangan, saya pun menyusun strategi untuk bagaimana caranya saya menyontek kepada teman saya tanpa ketahuan oleh guru. Saya pun berhasil menyontek dengan lancar dan tanpa ketahuan oleh guru sampai waktu mengerjakan soal. Lalu pada saat pembacaan hasil atau nilai, saya pun mendapatkan nilai yang tinggi. Saya tidak merasakan senang, yang ada saya malah tidak tenang dengan nilai yang saya dapatkan tersebut. Saya takut kalau guru yang mengajar pelajaran itu heran dan bingung bagaimana bisa saya mendapatkan nilai yang tinggi di pelajarannya. Semenjak itupun saya bertekad untuk mengerjakan ulangan sebisa dan semampu saya apapun hasilnya nanti, daripada mendapatkan nilai yang tinggi tapi dengan cara yang tidak jujur.

Anak yang berkarakter jujur akan selalu melakukan perbuatan baik. Karena kejujuran akan selalu dekat dengan kebaikan. Karakter jujur yang ada pada anak sejak dini akan sangat berpengaruh untuk perkembangannya kelak sudah menjadi dewasa. Berikut ini cara membangun karakter sejak dini:

  - Membiasakan jujur pada diri sendiri.
 -Asuhlah anak dengan kasih sayang. Pengasuhan orang tua yang disertai wajah menyenangkan   selalu senyum dan tidak pernah membentak anak saat marah akan menjadikan anak terbiasa                 berpendirian. 
      -Prilakukan hal hal jujur seperti tidak menyontek.
     -Latih anak untuk berempati pada sesama agar menumbuhkan sikap tulus dalam diri anak. Anak akan membantu dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan.
     -   jadilah model yang baik. Orang tua adalah model bagi anak-anaknya. Membiasakan diri untuk berlaku jujur akan membuat anak termotivasi untuk bersikap jujur.
  - kenalkan anak pada cerita yang mengandung nilai-nilai kejujuran. Dengan cerita anak akan memperoleh banyak pelajaran yang akan tertanam pada diri anak.  berikan penghargaan kepada anak ketika dia mau mengakui kesalahannya. Sekali anak berbohong, maka anak akan terbiasa dengan kebohongan. Dan sebaliknya sekali melakukan kejujuranan akan terbiasa berperilaku jujur.

DAFTAR PUSTAKA:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar