OLEH : @P17-GIMAWATI
1.
ABSTRAK
Disiplin
adalah rasa taat dan patuh terhadap nilai yang dipercata dan menjadi tanggung
jawabnya. Dengan kata lain disiplin adalah patuh terhadap peraturan atau tunduk
pada pengawasan dan pengendalian. Sedangkan pendisiplinan adalah sebuah usaha
yang dilaksanakan untuk menanamkan nilai atau pemaksaan supaya subjek mentaati
sebuah peraturan.
Disiplin merupakan sikap yang selalu
tepat janji, sehingga orang lain percaya karena modal seseorang dalam wirausaha
adalah mendapat kepercayaan dari orang lain.
Disiplin berasal dari bahasa latin
Discere yang artinya belajar. Disiplin asalnya dari bahasa Inggris yaitu
“disciple” yang artinya pengikut atau murid.
2. PENDAHULUAN
Disiplin
adalah rasa taat dan patuh terhadap nilai yang dipercata dan menjadi tanggung
jawabnya. Dengan kata lain disiplin adalah patuh terhadap peraturan atau tunduk
pada pengawasan dan pengendalian. Sedangkan pendisiplinan adalah sebuah usaha
yang dilaksanakan untuk menanamkan nilai atau pemaksaan supaya subjek mentaati
sebuah peraturan.
Disiplin merupakan sikap yang selalu
tepat janji, sehingga orang lain percaya karena modal seseorang dalam wirausaha
adalah mendapat kepercayaan dari orang lain.
Disiplin
berasal dari bahasa latin Discere yang artinya belajar. Disiplin asalnya dari
bahasa Inggris yaitu “disciple” yang artinya pengikut atau murid.
Disiplin
adalah rasa taat dan patuh terhadap nilai yang dipercata dan menjadi tanggung
jawabnya. Dengan kata lain disiplin adalah patuh terhadap peraturan atau tunduk
pada pengawasan dan pengendalian. Sedangkan pendisiplinan adalah sebuah usaha
yang dilaksanakan untuk menanamkan nilai atau pemaksaan supaya subjek mentaati
sebuah peraturan. Disiplin merupakan sikap yang selalu tepat janji, sehingga
orang lain percaya karena modal seseorang dalam wirausaha adalah mendapat
kepercayaan dari orang lain.
Disiplin
berasal dari ahasa latin Discere yang artinya belajar. Disiplin asalnya dari ahasa
Inggris yaitu “disciple” yang artinya pengikut atau murid.
3. PERSOALAN
Untuk menjadi pribadi yang disiplin
tentu tidak serta merta langsung tertanam dalam diri seseorang. Ada beberapa
aspek yang perlu diperhatikan dan faktor-faktor yang menjadi pendorong
seseorang untuk disiplin.
Ketika faktor tersebut berhasil
memberikan dampak yang baik, maka seseorang bias dikatakan disiplin melalui
beberapa indikasi yang bias dilihat secara langsung.
4. PEMBAHASAN
4.1 Aspek-aspek Kedisiplinan
Menurut
Prijodarminto, kedisiplinan memiliki tiga aspek. Ketiga aspek tersebut adalah:
a. Sikap
mental yang merupakan sikap taat dan tertib sebagai hasil atau pengembangan
dari latihan pengendalian pikiran dan pengendalian watak.
b. Pemahaman
yang baik mengenai sistem peraturan perilaku, norma, dan kriteria sehingga
menumbuhkan pemahaman yang dalam arti ketaatan pada peraturan
c. Sikap yang menunjukkan kesungguhan hati untuk
mentaati segala tata tertib
4.2 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Disiplin
Terbentuknya
disiplin dari berbagai tingkah laku yang berpola dan teratur dipengaruhi oleh
faktor berikut, antara lain.
a. Faktor
ekstern, yang dimaksud dalam hal ini adalah unsur-unsur yang berasal dari luar
pribadi. Faktor-faktor tersebut yaitu:
1. Keadaan
Keluarga
Keluarga sebagai tempat pertama
dan utama dalam pembinaan pribadi dan merupakan salah satu faktor yang sangat
penting
2. Keadaan
Lingkungan Belajar
Pembinaan dan Pendidikan disiplin
di lingkungan belajar ditentukan oleh keadaalh lingkungan tersebut
3. Keadaan
Masyarakat
Mayarakat sebagai suatu lingkungan
yang lebih luas daripada keluarga dan sekolah yang juga turut menentukan
berhasil tidaknya pembinaan disiplin
b. Faktor
intern, yaitu unsur-unsur yang berasal dari dalan diri individu.
1. Keadaan
Fisik
Individu yang sehat secara fisik
atau biologis akan dapat menunaikan tugas-tugasnya dengan baik
2. Keadaan
Psikis
Keadaan ini sangat penting sebab secara
mental hanya orang-orang normal yang menghayati nilai-nilai norma dalam suatu
lingkungan.
4.3 Indikasi
Perilaku Disiplin
Indikasi
perilaku kedisiplinan adalah suatu syarat yang harus dipenuhi seseorang untuk
dapat dikategorikan menjadi orang yang disiplin. Indikasi tersebut antara lain
yaitu
a. Ketaatan
terhadap peraturan
b. Kepedulian
terhadap lingkungan
c. Partisipasi
dalam proses belajar mengajar
d. Kepatuhan
menjauhi larangan
4.4 Cara
Menanamkan Disiplin
1.
Buatlah aturan yang jelas dan berlaku dengan tegas
2.
Beri peringatan atau petunjuk apabila seseorang berbuat salah
3.
Bentuklah perilaku yang positif
4.
Didik dengan benar
5.
Cergap ketika menghadapi masalah
6.
Berikan sanksi yang sesuai apabila seseorang melanggar peraturan
5. PENUTUP
Kedisiplinan adalah suatu hal yang sangat menentukan dalam
proses pencapaian tujuan pendidikan, jika terjadi erosi disiplin maka
pencapaian pendidikan akan terhambat. Yang pada dasarnya disiplin muncul dari
kebiasaan hidup dan kehidupan belajar dan mengajar yang teratur serta mencintai
dan menghargai pekerjannya. Disiplin adalah proses pendidikan dan pelatihan
yang memadai, untuk itu guru membutuhkan pemahaman tentang landsasan ilmu
kependidikan dan keguruan sebab saat ini banyak terjadi menurunnya sopan santun
dan menurunnya disiplin.
6. DAFTAR
PUSTAKA
Dalam
https://www.academia.edu/8980066/Pengertian_Disiplin_macam_macam_disiplin_dan_manfaat_disiplin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar