Sabtu, 21 September 2019

KEDISIPLINAN

OLEH : @P17-GIMAWATI

1.    ABSTRAK
       Disiplin adalah rasa taat dan patuh terhadap nilai yang dipercata dan menjadi tanggung jawabnya. Dengan kata lain disiplin adalah patuh terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian. Sedangkan pendisiplinan adalah sebuah usaha yang dilaksanakan untuk menanamkan nilai atau pemaksaan supaya subjek mentaati sebuah peraturan.
        Disiplin merupakan sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain percaya karena modal seseorang dalam wirausaha adalah mendapat kepercayaan dari orang lain.
        Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang artinya belajar. Disiplin asalnya dari bahasa Inggris yaitu “disciple” yang artinya pengikut atau murid.

2.    PENDAHULUAN
       Disiplin adalah rasa taat dan patuh terhadap nilai yang dipercata dan menjadi tanggung jawabnya. Dengan kata lain disiplin adalah patuh terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian. Sedangkan pendisiplinan adalah sebuah usaha yang dilaksanakan untuk menanamkan nilai atau pemaksaan supaya subjek mentaati sebuah peraturan.
        Disiplin merupakan sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain percaya karena modal seseorang dalam wirausaha adalah mendapat kepercayaan dari orang lain.
Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang artinya belajar. Disiplin asalnya dari bahasa Inggris yaitu “disciple” yang artinya pengikut atau murid.
        Disiplin adalah rasa taat dan patuh terhadap nilai yang dipercata dan menjadi tanggung jawabnya. Dengan kata lain disiplin adalah patuh terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian. Sedangkan pendisiplinan adalah sebuah usaha yang dilaksanakan untuk menanamkan nilai atau pemaksaan supaya subjek mentaati sebuah peraturan. Disiplin merupakan sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain percaya karena modal seseorang dalam wirausaha adalah mendapat kepercayaan dari orang lain.
Disiplin berasal dari ahasa latin Discere yang artinya belajar. Disiplin asalnya dari ahasa Inggris yaitu “disciple” yang artinya pengikut atau murid.

3.    PERSOALAN
         Untuk menjadi pribadi yang disiplin tentu tidak serta merta langsung tertanam dalam diri seseorang. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dan faktor-faktor yang menjadi pendorong seseorang untuk disiplin.
         Ketika faktor tersebut berhasil memberikan dampak yang baik, maka seseorang bias dikatakan disiplin melalui beberapa indikasi yang bias dilihat secara langsung.

4.    PEMBAHASAN
4.1 Aspek-aspek Kedisiplinan
        Menurut Prijodarminto, kedisiplinan memiliki tiga aspek. Ketiga aspek tersebut adalah:
a.     Sikap mental yang merupakan sikap taat dan tertib sebagai hasil atau pengembangan dari latihan pengendalian pikiran dan pengendalian watak.
b.     Pemahaman yang baik mengenai sistem peraturan perilaku, norma, dan kriteria sehingga menumbuhkan pemahaman yang dalam arti ketaatan pada peraturan
c.       Sikap yang menunjukkan kesungguhan hati untuk mentaati segala tata tertib

   4.2 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Disiplin
         Terbentuknya disiplin dari berbagai tingkah laku yang berpola dan teratur dipengaruhi oleh faktor berikut, antara lain.
a.     Faktor ekstern, yang dimaksud dalam hal ini adalah unsur-unsur yang berasal dari luar pribadi. Faktor-faktor tersebut yaitu:
1.     Keadaan Keluarga
Keluarga sebagai tempat pertama dan utama dalam pembinaan pribadi dan merupakan salah satu faktor yang sangat penting
2.     Keadaan Lingkungan Belajar
Pembinaan dan Pendidikan disiplin di lingkungan belajar ditentukan oleh keadaalh lingkungan tersebut
3.     Keadaan Masyarakat
Mayarakat sebagai suatu lingkungan yang lebih luas daripada keluarga dan sekolah yang juga turut menentukan berhasil tidaknya pembinaan disiplin
b.     Faktor intern, yaitu unsur-unsur yang berasal dari dalan diri individu.
1.     Keadaan Fisik
Individu yang sehat secara fisik atau biologis akan dapat menunaikan tugas-tugasnya dengan baik
2.     Keadaan Psikis
Keadaan ini sangat penting sebab secara mental hanya orang-orang normal yang menghayati nilai-nilai norma dalam suatu lingkungan.

4.3 Indikasi Perilaku Disiplin
         Indikasi perilaku kedisiplinan adalah suatu syarat yang harus dipenuhi seseorang untuk dapat dikategorikan menjadi orang yang disiplin. Indikasi tersebut antara lain yaitu
a.     Ketaatan terhadap peraturan
b.     Kepedulian terhadap lingkungan
c.      Partisipasi dalam proses belajar mengajar
d.     Kepatuhan menjauhi larangan

4.4 Cara Menanamkan Disiplin
1. Buatlah aturan yang jelas dan berlaku dengan tegas
2. Beri peringatan atau petunjuk apabila seseorang berbuat salah
3. Bentuklah perilaku yang positif
4. Didik dengan benar
5. Cergap ketika menghadapi masalah
6. Berikan sanksi yang sesuai apabila seseorang melanggar peraturan

5.    PENUTUP
        Kedisiplinan adalah suatu hal yang sangat menentukan dalam proses pencapaian tujuan pendidikan, jika terjadi erosi disiplin maka pencapaian pendidikan akan terhambat. Yang pada dasarnya disiplin muncul dari kebiasaan hidup dan kehidupan belajar dan mengajar yang teratur serta mencintai dan menghargai pekerjannya. Disiplin adalah proses pendidikan dan pelatihan yang memadai, untuk itu guru membutuhkan pemahaman tentang landsasan ilmu kependidikan dan keguruan sebab saat ini banyak terjadi menurunnya sopan santun dan menurunnya disiplin.

6.    DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar