Senin, 09 September 2019

Mengenal Diri Sendiri Itu Suatu Keharusan

Mengenal Diri

 

Oleh : widy hartono (@P21-WIDY)

Mengenal diri sendiri merupakan aspek penting untuk menikmati hidup yang damai dan bahagia. Agar bisa mengenal diri sendiri sebaik mungkin, tentukan sifat yang menjadi keunikan Anda. Untuk mengenal sendiri memang sulit dilakukan, namun kita bisa melakukan dengan cara ini. Melakukan refleksi dan meditasi setiap hari merupakan cara tepat mengenal indentitas Anda. Seiring waktu, Anda bisa memanfaatkan semua informasi yang diperoleh untuk menjalin hubungan yang akrab dan bermakna dengan diri sendiri.


Hargai Diri Sendiri

Percaya Diri Datang Pada Diri Sendiri Apa yang kita lihat jika kita melihat diri sendiri di depan cermin? Jika kita melihat ada sesuatu yang kita tidak suka, jelas kita tidak mau melihatnya dengan cara yang positif. Kita harus selalu mengingat bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Setiap orang memiliki kelemahan, dan sebab itulah mereka bangkit dari ketidaksempurnaan itu, yang bisa ditutupi dengan prestasi yang lain. Karena Allah menciptakan manusia dengan kelebihan mereka yang berbeda-beda begitupun dengan kekurangannya masing-masing. Yang harus kita lakukan ialah bangkit dari kekurangan tersebut. Seperti contoh, saya menghadapi pelajaran A dan pelajaran B, tapi nilai akademik saya lebih unggul pelajaran A, sedangkan pelajaran B nilai nya pas-passan.  Saya harus menerima nya, mungkin ada hal lain yang belum saya mengerti sehingga nilai akademik pelajaran B kurang memuaskan.


 Mengenal diri sendiri berarti menerima berbagai aspek yang membentuk identitas, kepribadian, dan keberadaan Anda. Langkah ini membantu anda mengetahui semua aspek kepribadian yang Anda miliki, bukan untuk mengkritik diri sendiri. Bersiaplah mengetahui hal-hal baru tentang Anda.
Saat mengevaluasi diri sendiri, amati hal-hal yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Perasaan ini bisa menjadi petunjuk bahwa Anda sedang menghindari sesuatu. Apakah Anda memiliki sifat yang perlu diperbaiki? Jika ada, apa yang perlu dilakukan untuk mengubahnya?
Sebagai contoh, jika saya tidak menyukai diri sendiri saat bercermin, cari tahu penyebabnya. Apakah karena penampilan atau usia Anda? Tentukan apakah pemicunya bisa diatasi.

Mengetahui peran dan kedudukannya

Allah SWT menciptakan manusia dan menjadikannya khalifah di muka bumi. Dengan demikian, seorang manusia yang mengenal dirinya senantiasa mengingat peran dan kedudukannya dimuka bumi sebagai khalifah atau pemimpin setidaknya bagi dirinya sendiri. Dengan mengingat perannya sebagai khalifah maka ia bisa memperlakukan orang lain dan alam sekitarnya dengan baik dan menjaga segala sesuatu sesuai dengan hakikatnya. Manusia terutama muslim yang baik tentunya senantiasa berusaha untuk mengenal dirinya sendiri dan mengenal Tuhannya yakni Allah 

Penerapan dalam kehidupan sehari-hari :

Dalam bermasyarakat kita menghadapi berbagai sikap dan perilaku yang berbeda-beda.  Penerapan konsep diri tergantung kepada dirinya sendiri, antara lain :
1. Dapat menyadari kelemahan dan kekurangannya
2. Menghargai diri sendiri
3. Berusaha jujur terhadap diri sendiri
4.Mengetahui perannya dirinya ini sebagai apa

Jadi konsep diri terbentuk melalui proses dimana seseorang telah dapat menemukan jati diri, mengetahui kekuatan dan kelemahan dirinya.  Kemudian mampu menerima dirinya sebagai suatu kenyataan.  Dengan kesadaran dan penerimaan ini seseorang mampu memperbaiki kekurangan sehingga mempunyai konsep diri yang positif.

https://www.kompasiana.com/didimuswandik8413/5b7abdecbde575591b1ad9e6/mengenal-diri-sendri?page=all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar