Sabtu, 14 September 2019

KENALILAH DIRI SENDIRI



KENALILAH DIRI KITA SENDIRI



Oleh : Wida Ayu Amidah, @N17-WIDA


 ABSTRAK
Sejak kurang lebih 4 abad sebelum masehi, filosof besar, socrates dari yunani mengatakan, “kenalilah diri sendiri”. Pengenalan diri merupakan kemampuan seseorang untuk melihat kekuatan dan kelemahan pada dirinya sendiri., sehingga dapat melakukan respon yang tepat terhadap tuntutan yang muncul dari dalam maupun dari luar. Pengenalan diri ini dikatakan Noesjirwan merupakan langkah yang diperlukan orang untuk dapat menjalankan kehidupan ini secara efektif.  Pengenalan diri adalah salah satu cara untuk membentuk konsep diri. Konsep diri menurut (Ginjer,1978) merupakan persepsi seseorang terhadap dirinya sendiri, baik secara fisik, psikis, sosial, maupun moral. Di dalam persepsi tersebut meliputi sesuatu yang dicita-citakan, maupun keadaan yang sesungguhnya. Untuk dapat mencapai suatu tahap kesadarn diri, orang membutuhkan pengalaman dan interaksi sosial.

KATA KUNCI : pengenalan diri, konsep diri, interaksi sosial

PENDAHULUAN
Mengenal diri merupakan pintu gerbang agar seorang individu dapat mengembangkan dirinya sendiri secara optimal. Jadi kunci proses pengembangan diri adalah mengenal diri sendiri. Ini tidak hanya berlaku bagi keberhasilan di bidang karier, melainkan juga di berbagai bidang kehidupan lainnya, termasuk keluarga, sosial masyarakat, dan spiritual. Dengan mengenal diri sendiri, seseorang mengetahui apa yang menjadi tujuan hidupnya. seseorang  menyadari kemampuan dan bakat-bakatnya serta tahu bagaimana menggunakannya demi mencapai tujuan tersebut. Dengan demikian ia lebih mampu menemukan makna dan kepenuhan dari hidupnya.

PEMBAHASAN
Yang dimaksud dari pengenalan diri sendiri mempunyai makna yang dalam dan luas, dan mempunyai segi-segi yang perlu dikenali dan direnungkan secara seksama. Ada ungkapan yang mengatakan “manusia sebuah misteri”; maksud dari ungkapan tersebut terkandung pengertian bahwa, manusia bukan sesuatu yang dapat habis atau selesai dibahas. mengenal diri tidak dimaksud mengenal segalanya tentang diri, karena hal itu bukan sesuatu yang mudah bahkan tidak mungkin. Mengenal diri di sini dibatasi sebagai suatu keberhasilan memahami hal-hal yang penting tentang diri sendiri, yang membantu dalam usaha membangun sikap baik dan positif pada diri sendiri, mau menerima dan mengembangkan diri sendiri. Untuk dapat mengenal diri tentu harus diperlukan berbagai usaha yang secara sadar harus dilakukan terus menerus secara berkelanjutan. Sesuai dengan perkembangan hidupnya seorang manusia terus-menerus menemukan dirinya yang makin bertumbuh dan berkembang. Pengenalan diri yang baik akan melahirkan konsep diri yang baik dan positif. Pada akhirnya ini akan menghasilkan harga diri yang kuat dan kepercayaan diri yang tinggi. Dengan kepercayaan diri yang tinggi seseorang dengan mudah menjalani hidupnya dan meraih apa yang dicita-citakannya. Bahkan ketika menghadapi kendala pun, ia akan tetap optimis karena keyakinan diri tersebut. Sesuatu di dalam diri itu dapat dikatakan berupa potensi diri. Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal.

Secara umum, potensi dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1.      Kemampuan dasar, seperti tingkat intelegensi, kemampuan abstraksi, logika dan daya tangkap.
2.      Etos kerja, seperti ketekunan, ketelitian, efisiensi kerja dan daya tahan terhadap tekanan.
3.      Kepribadian, yaitu pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan.
4.      kebiasaan seseorang, baik jasmaniah, rohaniah, emosional maupun sosial.

Jadi menemukan diri di sini lebih pada menyadari dirinya terutama yang berkaitan dengan potensi-potensi dirinya

Manfaat Pentingnya Mengenali Diri Sendiri
1.      Mampu menentukan jalan hidup
Dalam menjalani kehidupan, kita dihadapkan pada banyak pilihan. Mulai dari pilihan dalam berkarir, asmara, tempat berlibur, dan lain sebagainya. Bila kita sudah mengenali diri sendiri, tentu kita jauh lebih mudah menentukan pilihan yang tepat. Ambil contoh kecilnya kita menyukai menulis, tentu kita dapat dengan mudah memilih berkarir di dunia tulis menulis.
2. Mudah mencari solusi
Sebagai manusia biasa, tentu kita dihadapkan pada beberapa masalah entah itu masalah ringan maupun rumit. Kita akan lebih mudah mencari solusi tepat jika sudah mengenali diri sendiri. Ibarat orang sakit, obatnya beda-beda kan? Misalnya, dalam menyelesaikan masalah Anda butuh masukan orang lain, tentu Anda akan lebih mudah menyelesaikan masalah dengan meminta saran dari orang terdekat yang sudah menjadi pilihan Anda.
3. Membantu berkompromi dengan diri sendiri
Masih terkait dengan masalah.  Ketika kita dihadapkan pada sebuah masalah, dengan keberhasilan kita mengenali diri sendiri akan membantu kita untuk berkompromi dengan diri sendiri dan orang lain dalam berbagai situasi.
4. Mampu hidup bermasayarakat
Dalam hidup bermasyarakat, tentu kita dihadapkan pada ragam kepribadian. Berbeda kepribadian, cara bersosialisasinya juga beda. Untuk memahami kepribadian orang lain, tentu kita juga harus bisa mengenali kepribadian kita dulu.
5. Mampu mengetahui kelebihan dan kekurangan
Masing-masing individu memiliki kelebihan dan kekurangan. Saat mencoba mengenali diri sendiri, kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Kita bisa meningkatkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan. Bukankah hal ini sangat bermanfaat untuk kita?
6. Mampu menerima kondisi diri
Ketika kita mulai mengerti kelebihan dan kekurangan yang kita punya, tentu kita turut terbantu pula untuk menerima ikhlas segala kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Begitu juga keikhlasan menerima dan bertoleransi terhadap kelebihan dan kelemahan orang lain. Supaya tidak ada perasaan iri maupun cemburu berlebih yang memberikan efek buruk.
7. Mampu mengetahui potensi diri
Saat mencoba mengenali diri, tentu kita mendapati beberapa potensi yang kita punya. Dengan mengetahui potensi-potensi yang ada pada diri, kita bisa mengoptimalkannya untuk kesuksesan dalam karir maupun kehidupan.

KESIMPULAN
Mengapa kita perlu mengenal diri? Karena kunci proses pengembangan diri adalah mengenal diri sendiri. Itulah beberapa hal yang sangat bermanfaat dalam pentingnya mengenali diri sendiri. Karena pada dasarnya jika kita mampu mengenali diri sendiri maka kita pun akan dapat mengenali orang lain. Jika kita mampu mengenali orang lain, maka apapun yang kita sampaikan dan perbuat, maka mudah sekali untuk mengendalikan orang lain. dan titik akhirnya dengan mengenali diri sendiri, maka anda akan memahami betapa sempurnanya ciptaan Allah.

DAFTAR PUSTAKA

AF Helmi - Buletin Psikologi, 1995 - journal.ugm.ac.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar