Minggu, 15 September 2019

KEJUJURAN ADALAH HARGA MUTLAK !!!!!!!



Caesar Antonius ( @N05-CAESAR )





          Bicara tentang kejujuran , setiap individu tau dan paham  akan penting nya jujur dalam berkehidupan , tidak  heran bahkan jujur harus melekat di dalam setiap  pribadi , dimana kejujuran merupakan hal yang mutlak untuk dan setiap individu tau akan kebaikan dari kita kalau kita jujur akan disetiap masalah, kondisi , kesempatan , jujur itu  sendiri menyadarkan kita untuk hidup yang lebih beradab di kemudian harinya , dan kali ini saya akan membahas apa saja yang dimaksud dalam jujur itu sendiri , mari kita bahas disini .....

            JUJUR adalah sebuah kata yang indah didengar, tetapi tidak seindah mengaplikasikan dalam keseharian. Tidak pula berlebihan, bila ada yang mengatakan “jujur” semakin langka dan terkubur, bahkan tidak lagi menarik bagi kebanyakan orang. Semua orang paham akan maknanya, tetapi begitu mudah mengabaikannya. Yang lebih berbahaya lagi adalah ada orang yang ingin dan selalu bersikap jujur, tapi mereka belum sepenuhnya tahu apa saja sikap yang termasuk kategori jujur.

           Jadi yang disebut dengan jujur adalah sebuah sikap yang selalu berupaya menyesuaikan atau mencocokkan antara Informasi dengan fenomena atau realitas. Dalam agama Islam sikap seperti inilah yang dinamakan shiddiq. Makanya jujur itu ber-nilai tak terhingga. Karena semua sikap yang baik selalu bersumber pada “kejujuran”. Merupakan suatu keindahan bila setiap individu bersikap jujur terhadap dirinya, pedagang senantiasa jujur dalam usaha dagangannya, demikian pula pemimpin yang jujur dalam melaksanakan tuugas dan kewajibannya..

              Manfaat kejujuran dalam kehidupan antara lain ,ialah :
  1. Memiliki banyak teman
Seseorang yang Membiasakan perilaku jujur sejak kecil akan memiliki banyak teman sebab dengan berperilaku jujur maka teman-teman atau orang yang ada di sekitar kita akan memiliki kepercayaan kepada kita.
  2. Meningkatkan percaya diri
Membiasakan perilaku jujur terutama didalam prestasi akan meningkatkan rasa percaya diri kita. Selain itu kita juga dapat mengukur sampai mana kemampuan yang kita miliki dalam pelajaran pelajaran tertentu.

 3.  Merasakan bahagia
Membiasakan sikap jujur memang sangatlah sulit jika tidak dibiasakan sejak dini. Selain memiliki sikap jujur kita juga harus memiliki sikap kedewasaan. 
4.. Kejujuran menciptakan kenyamanan
Baik dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga danmasyarakat melakukan atau bersikap jujur akan membuat seseorang merasa nyaman. Tidak hanya pada seseorang dengan membiasakan sikap jujur juga akan membuat diri kita merasa nyaman tenang dan juga damai. 

Daftar pustaka :

http://jalius12.wordpress.com/2010/03/28/pengertian-jujur/

http://dahlan.abatasa.com/post/detail/2236/makna-sebuah-kejujuran


http://kebunhidayah.wordpress.com/2011/09/13/membiasakan-dan-menanamkan-sifat-kejujuran/


http://dahlan.abatasa.com//indonesiajujur-kumpulan-motivasi.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar