Sabtu, 14 September 2019

BERKARAKTER JUJUR

BERKARAKTER JUJUR

oleh : Widy Hartono (@P21-WIDY) 

Abstrak
Jujur merupakan salah satu sifat manusia yang cukup sulit untuk diterapkan. Sifat jujur yang benar-benar jujur biasanya hanya bisa diterapkan oleh orang-orang yang sudah terlatih sejak kecil untuk menegakkan sifat jujur. Tanpa kebiasaan jujur sejak kecil, sifat jujur tidak akan dapat ditegakkan dengan sebenar-benarnya jujur.

Kata kunci : Pengertian jujur, pendidikan karakter jujur, ciri-ciri jujur dan manfaat jujur.

I. Permasalahan

Salah satu yang menjadi masalah di negeri ini, yang sulit dicari kebenaran dan solusinya adalah tentang ketidakjujuran. Banyaknya kasus korupsi, penipuan, penggelapan uang, dan kasus kriminal lainnya didominasi oleh ketidakjujuran. Jangan sampai anak didik kita terjebak dalam kasus-kasus tersebut.

II. Pembahasan

1.    Pengertian jujur 

Dari segi bahasa adalah mengakui, berkata, atau pun memberi suatu informasi yang sesuai dengan apa yang benar-benar terjadi/kenyataan. Jika diartikan secara lengkap, maka jujur merupakan sikap seseorang ketika berhadapan dengan sesuatu atau pun fenomena tertentu dan menceritakan kejadian tersebut tanpa ada perubahan/modifikasi sedikit pun atau benar-benar sesuai dengan realita yang terjadi. Sikap jujur merupakan apa yang keluar dari dalam hati nurani setiap manusia dan bukan merupakan apa yang keluar dari hasil pemikiran yang melibatkan otak dan hawa nafsu.
2.    Pendidikan karakter jujur
Pendidikan karakter mempunyai makna lebih tinggi daripada pendidikan moral, karena bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah. Lebih dari itu pendidikan karakter menanamkan habit tentang mana yang baik dan buruk, mampu merasakan nilai yang baik dan bisa melakukannya.
Jika seseorang berkata tidak sesuai dengan kebenaran dan kenyataan atau tidak mengakui suatu hal sesuai dengan apa adanya, maka orang tersebut dapat dianggap atau dinilai tidak jujur, menipu, mungkir, berbohong, munafik dan sebagainya.
Hal ini sesuai dengan ayat Al Qur’an dalam surat 5 ayat 8 berkaitan dengan pengertian jujur, yang artinya: Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah (menjadi saksi dengan adil). Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap suatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada taqwa, Dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.(QS:5:8)

3.    Ciri-ciri orang yang memiliki kejujuran
Tidak berbohong, tidak mengingkar janji, tidak menipu, serta mengakui kesalahan merupakan dasar pegangan dalam berbuat jujur. Kejujuran dapat praktikkan dalam kehidupan sehari-hari, baik lingkungan pribadi sendiri, lingkungan keluarga maupun lingkungan sosial. Interaksi sangat menentukkan timbulnya suatu kejujuran atau kebohongan dari seorang individu.
4.    Manfaat bersikap jujur
Hati tenang dan lega, disenangi orang lain dan dipercaya orang lain.

III.Kesimpulan & Saran
1.      Kejujuran akan tercermin dalam prilaku berbicara sesuai dengan kenyataan, berbuat sesuai bukti dan kebenaran.
2.     Dengan adanya karakter jujur, diharapkan dapat mengerti baik dan buruk terhadap sesuatu hal, sehingga ilmu yang diperoleh tidak dipakai untuk berbuat kejahatan.
3.   Sebaiknya karakter jujur harus ditanamkan sejak sedini mungkin, dikarenakan jujur tidak dapat dipelajari secara instan. 
4.  Untuk mecapai tujuan sifat jujur, alangkah baiknya jika dimulai dari lingkungan keluarga, karenakeluarga sangat berperan penting.
Daftar Pustaka
Batubara, J Pengembangan karakter jujur melalui pembiasaan vol.3 no.1, februari 2015. Hlm. 1-6
Noviana,D & Putri,D,R Peran system pendidikan tinggi dalam melunturkan karakter jujur mahasiswa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar