Jumat, 13 September 2019

BERANI JUJUR

OLEH :
Muhammad Arifin (N14-Arifin)

PENGERTIAN JUJUR

Jujur adalah suatu sifat manusia yang sangat sulit untuk diterapkan. Sifat jujur yang benar-benar jujur seringkali hanya dapat diterapakan oleh orang yang sudah terlatih dari kecil untuk menegakkan sifat jujur. Individu yang mempunyai karakter jujur akan disegani oleh banyak orang dalam segala hal seperti dalam persahabatan, mitra kerja, dan lain sebagainya. Karakter jujur ialah salah satu karakters penting yang dapat membuat seseorang cinta kebenaran dan mau mengambil resiko sebesar apapun dari kebenaran yang dilakukannya.

MANFAAT JUJUR

Beberpa manfaat yang memiliki sifat jujur :
·         Hati Tenang Dan Lega
Bila hati, pikiran, dan perilaku berlaku sama, maka akan mendatangkan ketentraman dalam hati, tanpa adanya rasa bersalah, cemas maupun penyesalan
·         Di senangi Orang Lain
Bila melihat kajian islam tentang kejujuran dalam masyarakat dan bersikap jujur kepada siapapun, secara otomatis kita akan lebih di senangi orang lain di bandingkan orang yang gemar berbohong
·         Di Percaya Orang Lain
Meskipun anda baru saja pindah ke lokasi tertentu, dengan bersikap jujur anda akan mudah di percayai oleh orang lain di sekitar anda

PENGARUH POSITIF KEJUJURAN DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT

Dalam Kejujuran Terkandung Keberkahan .
Sesungguhnya kejujuran memiliki pengaruh yang baik dalam berbagai kegiatan atau transaksi yang dilakukan oleh masyarakat, baik dalam jual beli, sewa transportasi dan lain sebagainya. Pengaruh yang baik ini memberikan hasil di dunia dalam bentuk perkembangan dan keberkahan, dan juga manfaat lainnya dapat dinikmati di akhirat dalam bentuk pahala dan ganjaran.
Kejujuran Memperkokoh Tali Persaudaraan.
Islam telah mengikat semua pemeluknya yang sangat besar dalam ikatan persaudaraan. Persaudaraan Islam ini telah menjadi satu seperti badan, dikirim ke dalam hadits:
مثل المؤمنين في توادهم, وتراحمهم, وتعاطفهم مثل الجسد إذا اشتكى منه عضو تداعى له سائر الجسد بالسهر والحمى
Permisalan kaum Mukminin dalam rasa cinta, kasih sayang dan kelemah lembutan antara mereka seperti satu jasad. Jika salah satu dari anggota badan itu sakit, maka semua anggota badan akan ikut merasakan panas dan tidak bisa tidur [HR. Muslim]  
Itulah persaudaraan Islam, namun kekokohan dan kekuatan persaudaraan ini sangat tergantung pada kemampuan masing-masing individu Muslimin dalam menjaga sikap jujur ​​dalam bertutur dan bergaul.
Dalam Prilaku Jujur Tersimpan Kebahagian Masyarakat Dan Akan Menimbulkan Rasa Saling Cinta-Mencintai Dan Rasa Saling Percaya.
Kejujuran bukan hanya bagian dari tantangan mental, akan tetapi lebih dari itu, kejujuran termasuk sesuatu yang sangat mendesak dan mendasar dalam kehidupan bermasyarakat. Kehidupan bermasyarakat tidak akan benar dan tidak akan tertata dengan baik kecuali dengan prilaku kejujuran.
Itulah arti dan makna kejujuran serta Manfaat yang dirasakan oleh orang yang menjunjung tinggi nilai kejujuran. Karena orang yang menganggap remeh kedustaan ​​dan membiarkan lisannya terus berkata dusta, itu berarti dia telah menyelamatkan diri sendiri dan menyebabkan ketimpangan serta kerusakan dalam masyarakat. Seorang pendusta tidak hanya pantas dianggap sebagai anggota masyarakat yang menyimpang, akan tetapi dia merupakan anggota yang membawa virus yang akan segera menular dan menjangkiti semua orang yang menjalin hubungan terkait.

DAFTAR PUSTAKA
StudiNews.2018. Pengertian Kejujuran Karakteristik Macam Macam Sifat Jujur. https://www.studinews.co.id/pengertian-kejujuran-karakteristik-macam-macam-sifat-jujur/. ( akses 11 september 2019)
Cahaya Islam Indonesia.2019. Manfaat Bersikap Jujur Dalam Kehidupan Sehari – Hari. https://www.cahayaislam.id/manfaat-beriskap-jujur-dalam-kehidupan-sehari-hari/. ( akses 11 september 2019)
majalah As-Sunnah Edisi 12 / Tahun XVIII / 1436H / 2015M. Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar