Minggu, 15 September 2019


Kejujuran Kunci Kesuksesan


Oleh : Viviancho Samosir P @P24-VIVIANCHO

Abstrak
Kejujuran sangatlah penting untuk meraih sebuah kesuksesan, bukan hanya jujur dalam arti jujur dalam hal keuangan saja tapi jujur dari segi manapun. Pernah anda merasakan kecewa karena tingkah seseorang yang berbohong kepada anda? Pastinya salah satu dari kita pernah mengalaminya, dan sangatlah tidak enak rasanya jika kita dibohongi baik itu teman maupun siapa saja yang membohongi kita. Setelah kita dibohongi maka selamanya kita tidak akan pernah percaya lagi dengannya. Begitu juga dengan kita, jika sekali saja kita berbuat kebohongan atau membohongi baik itu teman, keluarga atau siapa saja dalam kehidupan ini maka selamanya orang tersebut tidak pernah memperbaiki kita lagi walaupun yang kita lakukan kedepannya adalah sebuah kebenaran.

Kata Kunci
Kejujuran adalah salah satu kunci dari kesuksesan

I. Pendahuluan
Salah satu harta berharga manusia adalah kejujuran. Sebab, kejujuran merupakan refleksi diri, dan seringkali membuat seseorang harus berhadapan dengan dirinya untuk melihat dirinya secara mendalam. Namun, perlu diketahui bahwa untuk melakukan hal tersebut membutuhkan usaha yang terus-menerus memantau perilaku diri. Hasil dari pengamatan tersebut membuat manusia harus melepaskan paradigma lama untuk menggantinya dengan paradigma baru.
II. Permasalahan
 Sangat sulit untuk berlaku jujur

III. Pembahasan
Sikap jujur merupakan sikap terpuji yang tentunya banyak sekali manfaatnya apabila kita bisa membiasakan diri dengan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari. Memang sulit tetapi dengan sikap jujur kita mudah dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa manfaat, apabila kita bisa bersikap jujur:
1.      Dalam menjalani kehidupan sehari-hari tak merasa dibebani. Maksudnya bila kita jujur tentunya tidak ada kebohongan yang harus ditutup-tutupi. Dalam hal lisan secara otomatis dapat berbicara tanpa ada larangan atau pantangan yang harus dibicarakan dan bisa mengungkapkan kata-kata secara leluasa dan menceritakan segala yang terjadi. Sedangkan dalam hal perbuatan tidak ada yang harus disembunyi-sembunyikan. Secara leluasa dapat bebas melakukan sesuatu tanpa takut ketahuan oleh siapapun.
2.      Timbul rasa percaya diri pada diri sendiri. Merasa optimis mampu melakukan sesuatunya tanpa ada rasa ragu dalam benak dengan dasar-dasar yang kuat walaupun hasil yang tidak memuaskan. Segala apapun, apabila dilakukan dengan rasa percaya diri akan terasa senang karena dapat sebagai ukuran kemampuaannya. Tentunya dimasa yang akan datang akan sangat mempengaruhi dalam kehidupan di dalam banyak hal, mulai dari pekerjaan, hubungan keluarga, hubungan masyarakat, hubungan pertemanan dan banyak lagi.
3.  Dampak sikap jujur dalam keluarga tentunya membuat anggota keluarga tersebut menjadi nyaman, karena antar keluarga dapat berinteraksi tanpa beban dan saling membantu apabila ada masalah dalam satu pihak keluarga.
4.  Bagi seorang pelajar tentunya mempunyai angan-angan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang enak tetapi dapat menghasilkan uang banyak. Nah, dengan mempunyai perilaku yang jujur tentunya akan mempermudah untuk mendapatkan dan lebih-lebih menciptakan sebuah pekerjaan yang diinginkan. Hal ini dikarenakan seseorang yang mempunyai sikap jujur maka ia akan mudah mengerti jika diberikan sebuah persoalan-persoalan yang ditugaskannya kepada seseorang tersebut. Kemungkinan besar akan mempermudah menyelesaikan tugas-tugasnya dan cepat tanggap dengan segala masalah-masalah yang menghadang.
IV. Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Kejujuran adalah suatu sikap yang sangat didambakan oleh orang banyak, karena kejujuran sangat penting dalam kehidupan sehari hari.
Saran
Mulailah bersikap jujur dari sekarang.
Selalu bersikap jujur lah walau itu pahit. Karena dengan tidak jujur, masalah tidak akan selesai, justru akan menambah masalah pada kita.

Daftar Pustaka
http://www.acacicu.com/2011/08/jujur-adalah-tidak-berbohong.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar