Rabu, 11 September 2019

SIAPA SAYA?




CARA MENGENAL DIRI
Cara mengenal diri sendiri itu sebenarny sangat gampang, berikut saya akan menjelaskan cara mengenal diri sendiri & saya akan memperkenlkan diri saya juga;

A. Bersikaplah jujur kepada diri sendiri.
Mengenal diri sendiri berarti menerima berbagai aspek yang membentuk identitas, kepribadian, dan keberadaan Anda. 
Langkah ini membantu Anda mengetahui semua aspek kepribadian yang Anda miliki, bukan untuk mengkritik diri sendiri. Bersiaplah mengetahui hal-hal baru tentang Anda.
·         Saat mengevaluasi diri sendiri, amati hal-hal yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Perasaan ini bisa menjadi petunjuk bahwa Anda sedang menghindari sesuatu. Apakah Anda memiliki sifat yang perlu diperbaiki? Jika ada, apa yang perlu dilakukan untuk mengubahnya?
·         Sebagai contoh, jika Anda tidak menyukai diri sendiri saat bercermin, cari tahu penyebabnya. Apakah karena penampilan atau usia Anda? Tentukan apakah pemicunya bisa diatasi.

B. Ajukan pertanyaan bijak kepada diri sendiri. Cara ini membantu Anda menentukan apa yang membuat Anda merasa bahagia atau tertekan. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan informasi yang diperoleh untuk mengisi waktu dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat atau mencapai tujuan. Berikut contoh pertanyaannya dan jawaban untuk diri saya.
                          I.        Apa hobi Anda?
                        II.        Apa cita-cita atau tujuan hidup Anda?
                      III.        Apa yang ingin Anda wariskan?
                      IV.        Apa yang paling tidak Anda sukai dari diri sendiri?
                       V.        Apa kesalahan yang pernah Anda lakukan?
                      VI.        Siapa tokoh panutan Anda?

     i.        Hobi saya berolah raga dan tidur
   ii.        Cita-citaku ingin menjadi pengusaha dan tujuan hidup saya itu ingin membahagiakan orang tua saya.
 iii.        Saya ingin mewariskan ilmu saya.
 iv.        Saya suka bermalas malsan.
   v.        Ngambil buah di pohon orang tanpa ijin
 vi.        Panutan saya adalh orang tua saya sendiri.


MANFAAT MENGENAL DIRI
Selama ini mungkin kita disibukkan mengenali orang lain supaya “sayang” tapi kita lupa untuk mencoba mengenali diri kita sendiri. Apa jadinya jika kita tidak mengenali diri kita sendiri? Apakah “Tak Kenal” diri sendiri jadi “Tak Sayang” pada diri sendiri?

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang kita dapat jika kita mengenali diri kita sendiri. Simak beberapa keuntungannya berikut ini.

1.     Mampu Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan

Masing-masing individu memiliki kelebihan dan kekurangan. Saat mencoba mengenali diri sendiri, kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Kita bisa meningkatkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan. Bukankah hal ini sangat bermanfaat untuk kita?
2.     Mudah mencari solusi
Sebagai manusia biasa, tentukita dihadapkan pada beberapa masalah entah itu masalah ringan maupun rumit. Kita akan lebih mudah mencari solusi tepat jika sudah mengenali diri sendiri. Ibarat orang sakit, obatnya beda beda kan? Semisal dalam menyelesaikan masalah anda butuh masukan orang lain, tentu anda akan lebih mudah menyelesaikan masalah dengan meminta saran dari orang terdekatyang sudah menjadi pilihan anda.
3.      Mampu Menentukan Jalan Hidup

Banyak sekali pilihan dalam menjalani hidup di dunia ini. Untuk lebih mudah menentukan pilihan, maka penting untuk mengenali diri sendiri. Contohnya, jika Anda tahu diri sendiri suka menulis, maka dengan mudah Anda bisa memilih karir di dunia penulisan.


DAFTAR PUSTAKA
sumber:


                https://id.wikihow.com/Mengenal-Diri-Sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar