Kamis, 12 September 2019

Beberapa Jenis Kejujuran

MACAM MACAM KEJUJURAN 



(@N01-RAMA)
Disusun oleh RAMA NUR HIDAYAT


Jujur dalam bahasa arab sama maknanya dengan “ash-shidqu” atau “shiddiq” yang berarti nyata atau berkata benar. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, jujur merupakan kata dasar dari kejujuran. Menurut KBBI kata “jujur” berarti lurus hati, tidak berbohong, dan tidak curang.
Istilah jujur sering dipakai dalam beberapa hal berikut:

Kata Kunci : jujur

1. Jujur Dalam Berbicara

            Jujur dalam perkataan adalah bentuk kemasyhuran. Setiap orang berkewajiban menjaga lisannya dan dianjurkan menghindari kata-kata sindiran karena hal itu sepadan dengan kebohongan, kecuali jika sangat dibutuhkan dan demi kemaslahatan pada saat-saat tertentu.

2   2. Jujur Dalam Niat dan Kehendak

            Kejujuran itu bergantung pada keikhlasan seseorang. Jika amalnya tidak murni untuk Allah SWT tetapi demi kepentingan nafsunya berrarti dia tidak jujur dalam berniat, bahkan bisa dikatakan telah berbohong.

3   3. Jujur Dalam Berkeinginan dan Dalam Merealisasikannya

            Keinginan atau tekad yang dimaksudkana adalah seperti saat seseorang berkata “Jika Allah memberiku harta maka aku akan menginfakkan semuanya.” Keinginan seperti ini ada kalanya benar-benar jujur dan ada kalanya masih pula di selimuti oleh kebimbangan. Tekad tersebut bisa terlaksana bisa juga tidak. Penyebab tidak tersealisasikannya tekad tersebut bisa saja karena dia sedang memiliki kebutuhan yang sangat mendesak atau lebih mengedepankan kepentingan nafsunya.

     4. Jujur Dalam Bertindak

            Kejujuran dalam bertindak berarti tidak ada perbedaan antara niat dan perbuatan. Jujur dalam hal ini juga bisa berarti tidak berpura-pura khusyu dalam beramal, sedangkan hatinya tidak demikian.

5   5. Jujur Dalam Hal Keagamaan

            Jujur dalam agama adalah derajat kejujuran tertinggi. Seperti jujur dalam rasa takut keada Allah SWT,mengharaokan ridha-Nya, dan masih banyak lagi. Semua perkara itu memiliki fondasi yang menjadi tolak ukur kejujuran seseorang dalam menyikapinya.


Jujur merupakan sikap yang tulus dalam melaksanakan sesuatu yang di amanatkan, baik itu berupa harta maupun tanggung jawab. Orang yang melaksanakan amanah disebut “Al-Amin.” Kejujuran akan membuat seseorang mendapatkan cinta kasih dan keridhaan dari Allah SWT. Kejujuran juga menjadi sumber keberhasilan,kebahagiaan,ketentraman. Dapat dikatakan bahwa “orang yang tidak jujur niscaya akan sedikit temannya dan lebih dekat kepada kesengsaraan.”

Daftar Pustaka:
- Norhaya.2011.JUJUR. Dalam http://norhaya-jujur.blogspot.co.id/2011/08/c-macam-macam-kejujuran-dan-makna.html?m=1
- amanah tigetige.2014.Kisah Teladan Dan Ajaran Islam. Dalam http://kisahimuslim.blogspot.co.id/2014/09/arti-dan-makna-kejujuran-dalam-islam.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar