Sabtu, 14 September 2019

Menjadi Pribadi Yang Jujur


Oleh: Shabilla Maharani Wiyana
(@N18-SHABILLA)


Abstrak

Kejujuran adalah modal yang paling utama untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain.  Tidak hanya orang-orang baik saja yang menyukai orang-orang jujur, orang-orang jahat pun juga menyukai orang-orang jujur dan membenci orang-orang yang tidak jujur yang tidak bisa dipercaya.  Dari kenyataan itulah kita bisa percaya bahwa jujur adalah salah satu sifat yang sangat disukai oleh banyak orang.
Orang yang tidak jujur adalah orang yang suka berbohong kepada orang lain.  Orang yang pembohong belum tentu dibenci oleh orang lain di sekitarnya, tergantung bagaimana orang tersebut mengemas kebohongannya untuk disampaikan kepada orang-orang.  Namun yang pasti semua pembohong yang sifatnya telah diketahui oleh orang banyak di sekitarnya akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari orang-orang yang telah mengenal sifat-sifat buruknya. Oleh sebab itu mari kita berhenti menjadi seorang pendusta dan mulai belajar menjadi orang yang jujur agar dicintai dan dipercaya oleh orang lain.


Cara Menjadi Jujur

1.      Mencari tahu mengapa anda berbohong dan kepada siapa anda berbohong
Kita semua pasti pernah berbohong, kepada banyak orang yang berbeda, kepada diri kita sendiri, dan untuk alasan yang berbeda-beda. Tetapi tiba-tiba membuat suatu rencana yang sistematis untuk menjadi lebih jujur akan sulit untuk dilakukan, kecuali anda mencoba untuk menemukan alasan mengapa kita berbohong dan kepada siapa kita berbohong, demi kebaikan diri kita sendiri.

2.      Menyadari sepenuhnya bahwa ada konsekuensi dari setiap kebohongan
Semua kebohonganmu pasti nanti ada akibatnya. Mungkin bukan sekarang, tapi nanti. Makanya jangan dibiasakan. Belajarlah selalu jujur pada dirimu sendiri supaya kamu tahu mana yang benar dan tidak.

3.      Membiasakan malu bukan karena bersalah, tapi malu karena tidak mengakuinya
Seharusnya kamu tidak perlu malu kalau melakukan kesalahan, tapi malulah saat kamu tidak punya keberanian untuk mengakuinya. Kamu harus terima keadaan bahwa kamu manusia biasa yang pasti bersalah dan kamu harus juga membuktikan bahwa kamu akan berusaha memperbaikinya.

4.      Menerima konsekuensi dan memutuskan untuk menghadapinya
Terkadang, lebih baik untuk mengakui kebohongan, penipuan, dan perilaku memalukan lain yang anda pernah lakukan, daripada melanjutkan kebohongan anda menjadi lebih rumit. Hidup benar akan dapat sangat membebaskan dan menyehatkan untuk hidup anda. Walaupun jika nantinya akan ada konsekuensi dari pengakuan yang anda berikan, namun itu akan menjadi konsekuensi yang sejujurnya memang layak untuk anda dapatkan.

5.      Menghukum Diri Sendiri Jika Melakukan Kebohongan Lagi
Jika anda ingin disiplin terhadap sifat bohong anda, maka hukumlah diri anda sendiri jika anda berbohong. Dengan adanya hukuman diharapkan diri kita selalu patuh dan menjaga lisan kita dari berbagai bentuk kebohongan yang membinasakan diri kita sendiri.


Kesimpulan

Pribadi yang jujur menjadi jangkar bagi pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki kepribadian yang baik dan jujur tak lagi bekerja menurutkan kebutuhan nafkah, melainkan pengabdian kepada kemanusiaan. Kebohongan juga pertanda bahwa adalah pribadi yang lemah. Kejujuran harus dimulai sejak dini. Jika ketulusan itu terlaksana maka tidak ada orang yang hendak mempercayakan anda tanggung jawab pada hal-hal yang tidak biasa. Ingatlah bahwa jujur itu bukan pilihan melainkan hasil dari membiasakan diri.


DAFTAR PUSTAKA
Staf wikiHow. Cara Menjadi Jujur di https://id.wikihow.com

Unknown. Tips Cara Menjadi Orang Jujur Yang Dipercaya Dan Disukai Oleh Banyak Orang di http://www.organisasi.org

Azasya, Stella. 2018. Segera Praktekkan, Ini 7 Cara Mulai Jujur Sama Diri Sendiri di https://www.idntimes.com

Zein, Harry Mulya. 2013. Pribadi yang Jujur di https://www.republika.co.id

Anonim. 2017. 9 Manfaat & Cara Bersikap Jujur di http://lasealwin.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar