Senin, 09 September 2019

Konsep Mengenal Diri



Oleh : Bagas Fadhlullah Akmal (@P25-BAGAS)


Mengenal diri sendiri sangat penting sebelum kita mengenal orang lain. Mengenal diri sendiri sangatlah tidak mudah mengenal orang lain. Oleh karena itu, siapapun sedemikian mudah menemukan kesalahan orang lain, tetapi tidak mudah melihat kesalahan diri sendiri. Akibatnya, banyak orang menanggap bahwa orang lain selalu salah, kurang, dan tidak ada benarnya.
Saat seorang manusia lahir, manusia tidak memiliki konsep diri karena tidak memiliki pengetahuan tentang dirinya, tidak ada harapan, dan tidak ada evaluasi terhadap dirinya sendiri. Kemudian, dalam tahun pertama kehidupan, manusia mulai membedakan antara ”aku” dan yang ”bukan aku”, antara ”milikku” dan yang ”bukan milikku”. Disinilah proses dimulai terbentuknya konsep diri. Konsep diri akan terus berkembang sepanjang hidup manusia (Calhoun, 1990).

Konsep diri merupakan hasil dari proses belajar manusia melalui hubungannya dengan orang lain. Lingkungan memiliki peran yang penting dalam proses mengenal diri terutama dalam pengalaman relasi dengan orang lain dan bagaimana orang lain memperlakukan dirinya. Dari situ ia menangkap pantulan tentang dirinya, seperti apakah dirinya tersebut sebagai pribadi. Jadi konsep diri seseorang dapat diketahui berdasarkan perbandingan antara apa yang ia rasakan terhadap dirinya sendiri dengan apa yang orang lain rasakan terhadap diri orang tersebut. Oleh sebab itu muncul presenting self (disebut juga public self) sebab biasanya orang menampilkan diri sesuai dengan apa yang dianggap baik atau diterima oleh lingkungannya.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan memahami diri sendiri
11.      Menginkatkan perhatian pada masalah-masalah yang realistis dan mengarahkan diri pada tingkatan    konkret
22.      Mengembangkan kemampuan berpikir dan membebaskan pikiran
33.      Menguatkan rasa tanggung jawab terhadap masalah untuk mencari solusi terbaik
44.      Mengasah pemikiran agar tidak stagnan karena factor kebiasaan
55.      Mengasah kemampuan, mencermati berbagai pendapat dan pemikiran orang

Tahapan untuk mengubah konsep diri, yaitu :
11.      Tetapkan perubahan yang akan dicapai
22.      Dapatkan umpan balik dari orang lain
33.      Perbaiki cara pandang terhadap diri sendiri
44.      Perbaiki cara berbicara terhadap diri sendiri

Dalam bermasyarakat kita menghadapi berbagai sikap dan perilaku yang berbeda-beda. Penerapan konsep diri tergantung kepada dirinya sendiri, antara lain :
11.      Dapat menyadari kelemahan dan kekurangannya
22.      Pandai mengendalikan diri
33.      Tenggang rasa
44.      Berusaha jujur terhadap diri sendiri serta menyadari peranannya

“Mengenal diri sendiri jauh lebih sukar daripada ingin mengetahui kepribadian orang lain. Sebab itu, kenalilah dirimu sebelum mengenal orang lain.” ~ ( Buya Hamka )

“Barangsiapa yang mengenali dirinya, akan lebih sibuk membenahi dirinya sendiri daripada mencari kesalahan orang lain.” ( Ibnu Qoyyim al-Jauziyah )

Daftar Pustaka
https://kumparan.com/temali/quotes-tokoh-dunia-tentang-mengenal-diri-1552649726891472975

Tidak ada komentar:

Posting Komentar