Minggu, 15 September 2019

Kejujuran

Oleh : Sunu Dwi Prambudi ( @P11-SUNU )


ABSTRAK



Penerapan sikap jujur kehidupan kita itu sangat perlu dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari. Karena sikap jujur itu adalah sikap yang baik dan terpuji. Kejujuran adalah sangat penting bagi setiap orang dan kita harus terbiasa menanamkan serta menerapkan itu dalam kehidupan sehari hari. Kejujuran sangat di perlukan dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam keluarga, kejujuran sangat diperlukan agar rasa kekeluargaan yang ada dapat terjaga  dengan baik.
KATA KUNCI : jujur.



I.PENDAHULUAN
Kejujuran, kata yang sudah tidak asing lagi bagi telinga kita. Sejak di lingkungan keluarga tentunya kita sudah dikenalkan tentang kejujuran. Ditambah lagi pengetahuan yang didapat di sekolah. Sehingga tidak mungkin kita tidak tahu dengan yang namanya kejujuran. Tak dapat ditawar lagi, bahwa kejujuran itu penting. Jujur tidak hanya berlaku dalam pekerjaan saja, namun juga dalam berbagai hal dalam kehidupan. Alasan inilah yang membuat kita perlu belajar tentang nilai-nilai kejujuran. Kejujuran adalah nilai kehidupan mendasar yang paling penting yang harus diajarkan pada kita.



II.PEMBAHASAN
Pengertian Jujur adalah suatu kesesuaian sikap antara perkataan dan perbuatan yang sebenarnya. Dan apa yang diucapkan memang itulah yang sesungguhnya dan apa yang di perbuat itulah yang sebenarnya. Kejujuran sangat erat kaitanya dengan hati nurani. Hati nurani adalah sesuatu yang murni dan suci. Namun, kadang kita enggan mengikuti hati nurani. Bila kita melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan, itulah yang di namakan bohong atau dusta, dan itu adalah suatu lawan kata jujur.
Indikator sikap jujur
1. Tidak bersikap pura-pura 
2. Berkata apa adanya  
3. Tidak berkata bohong 
4. Tidak menipu diri sendiri maupun orang lain
5. Mau mengakui kelebihan dan kekurangan  orang lain



Manfaat Kejujuran Menurut Lazuardi  ada beberapa macam manfaat dari kejujuran diantaranya:
1)      Perasaan dan hati tenang jujur akan membuat pelakunya menjadi tenang dan tidak memiliki beban karena ia tidak takut akan diketahui kebohongannya.
2)      Mendapatkan pahala jujur akan membuat pelaku mendapatkan pahala dari tuhan.
3)      Akan dihormati oleh sesama manusia karena semua orang menghargai kejujuran.
4)      Mendapatkan keberkahan dalam usahanya jika kita bersikap jujur maka akan diberikan keberkahan dan kenikmatan dari tuhan.
1)      banyak teman karena kejujuran membuat orang-orang disekitar kita akan senang berteman dengan kita. Mereka menganggap kalau kita adalah orang yang dapat dipercaya.



Faktor-faktor Mempengaruhi Pembentukan Sikap Jujur
Menurut Cruthfield faktor yang mempengaruhi pembentukan sikap jujur yaitu :
·         Faktor pribadi Apa yang telah dan sedang kita alami akan ikut membentuk dan mempengaruhi penghayatan kita terhadap stimulus sosial.
·          Pengaruh orang lain yang dianggap penting Orang lain di sekitar kita merupakan salah satu diantara komoponen sosial yang ikut mempengaruhi sikap kita.
·         Faktor kebudayaan Kebudayaan dimana kita hidup dan dibesarkan mempunyai pengaruh besar terhadap pembentukan sikap kita.
·         Faktor Media massa Sebagai sarana komunikasi, berbagai bentuk media massa seperti televisi, radio, surat kabar, majalah dan lain-lain mempunyai pengaruh besar dalam pembentukan opini dan kepercayaan. Adanya informasi baru mengenai sesuatu hal memberikan landasan kognitif bagi terbentuknya sikap terhadap hal tersebut.
·         Faktor pendidikan dan agama Lembaga pendidikan serta lembaga agama sebagai suatu sistem mempunyai pengaruh dalam pembentukan sikap dikarenakan keduanya meletakkan dasar pengertian dan konsep moral dalam arti individu.



III.KESIMPULAN
Sifat jujur adalah keutamaan dari segala sendi akhlaq yang menjadi dasar  peraturan masyarakat  dan tertibnya semua urusan serta menjadikan lancarnya semua tugas tugas dengan baik, sifat jujur dapat mengangkat derajat seseorang dan menjadikan seseorang terpuji.



DAFTAR PUSTAKA
Cruthfield . 2010. faktor Mempengaruhi Pembentukan Sikap Jujur, http://eprints.ung.ac.id/4434/9/2012-1-86201-111410213-bab2-04092012112447.pdf
Daviq Chairilsyah. EDUCHILD Vol. 5 No. 1 Tahun 2016. https://media.neliti.com/media/publications/165135-ID-none.pdf
Azqiara2019. Pengertian Jujur, Contoh dan Jenis Perilaku Jujur. https://www.idpengertian.com/pengertian-jujur-contoh-dan-jenis-perilaku-jujur/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar