Kamis, 06 Desember 2018

KENDALIKAN EMOSI MU MULAI SEKARANG


OLEH: LU'LU ILMAKNUN
ABTRAK
Sebagai seorang mahasiswa/pelajar kita harus memiliki sifat dapat mengendalikan diri. Apa sih pentingnya? Karena mengendalikan diri itu berhubungan dengan emosi dan disitulah kita dapat mengontrol emosi kita dalam belajar untuk menentukan masa depan yang akan kita capai agar tertata sesuai plan yang kita buat. Artikel berikut akan membahas mengenai pentingnya sifat mengendalikan diri.
KATA KUNCI: mengendalikan diri, mahasiswa/pelajar, emosi.

Menurut Praptiningsih, 2009 dalam Aditya (2010:2) proses belajar mengajar dalam berbagai faktor sangat terkait dengan kecerdasan emosional mahasiswanya, karena mampu melatih kemampuan mahasiswa terutama pengendalian diri, karena mahasiswa akan mampu untuk mengelola perasaannya, kesanggupan untuk tegar dalam menghadapi frustasi dan kegagalan, kesanggupan menunda kepuasan sesaat. Menjaga emosi yang merisuakan tetap terkendali merupakan kunci menuju kesejahteraan emosi, emosi yang berlebihan dapat mengoyak kestabilan mahasiswa. Lalu dalam mengikuti proses pelajaran mahasiswa harus mampu mengendalikan emosi agar dapat menyerap materi yang disampaikan dosen dengan baik dan memperoleh pengetahuan yang lebih banyak. 
Emosi berkaitan dengan perubahan fisiologis dan berbagai pikiran. Jadi, emosi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, karena emosi dapat merupakan motivator perilaku dalam arti meningkatkan, tapi juga dapat mengganggu perilaku intensional manusia. (Prawitasari,1995).  Jika kita tidak bisa mengendalikan emosi kita sendiri akan membawa banyak dampak buruk, lalu apasih pengendalian diri? Pengendalian diri atau Penguasaan diri ( Self Regulation ) merupakan satu aspek penting dalam kecerdasan emosi ( Emotional Quotient ). Pengendalian diri merupakan sikap, tindakan atau perilaku seseorang secara sadar baik direncanakan atau tidak untuk mematuhi nilai dan norma sosial yang berlaku. Mengendalikan diri tidaklah mudah, namun memberikan banyak manfaat. Manfaat yang kita dapatkan diantaranya yaitu:
1)      Kita jadi mampu untuk meningkatkan kesabaran. Karena jika kita sedang dalam keadaan marah, kita sabar,tawakal,bersyukur.dll. dapat meningkatkan komunikasi positif dilingkungan masyarakat sehingga di peroleh suasana tenang.
2)      Akan lebih dapat menimbangkan pencukupan kebutuhan hidup  yang sesuai dengan kemampuan diri dan meningkatkan rasa syukur atas nikmat yang di berikan oleh Tuhan kepadanya
3)      Dapat  mengurangi rasa gelisah,cemas,iri dan tidak puas yang dapat terjadi pada semua tingkatan.
Sebagai mahasiswa ada beberapa cara yang dapat kita pakai untuk mengendalikan diri dari emosi yaitu:
1)      Tidak terburu-buru dalam bertindak
Contohnya dalam sebuah organisasi kita harus melakukan musyawarah saat ingin memutuskan sesuatu jika kita asal mengambil keputusan akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan.
2)      Lepaskan emosi dengan cara yang sehat
Contohnya janganlah kita meluapkan emosi kita ke teman kita, menurut penelitian Menggerakkan tubuh selama 10 menit saja dapat melepaskan senyawa organik yang dapat membuat otak merasa tenang sehingga kita tetap berada dalam kendali penuh.
3)      Memaafkan orang lain
4)      Memaafkan diri sendiri
5)      Membuang pikiran negative
Biasakan berpikir positif terhadap yang sedang kita hadapi contohnya terhadap tugas yang menggunung.
Adapun contoh dari sikap mengendalikan diri di lingkungan sekolah/kampus:
1)      Patuh dan taat pada peraturan
2)      Menghormati dan menghargai guru, teman, dan karyawan
3)      Berani mengatakan tidak pada sesuatu yang dianggap tidak benar
4)      Hidup penuh kesederhanaan tidak sombong.
KESIMPULAN
Dari artikel di atas dapat disimpulkan bahwa sebagai seorang pelajar kita harus bisa mengendalikan diri dari emosi, karena dampak yang diakibatkannya bisa membuat hubungan kita dengan seseorang menjadi renggang atau plan yang kita buat untuk masa depan mejadi berantakan.
DAFTAR PUSTAKA
·         Sari, Yora Komala, 2013, “PENGARUH PENGENDALIAN DIRI DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PENGANTAR AKUNTANSI”, dalam http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/download/108/96 (diakses 1 Desember 2018)
·         https://cintalia.com/kehidupan/tips-kehidupan/cara-mengendalikan-diri (diakses 2 Desember 2018)
·         https://kliksma.com/2016/10/3-contoh-sikap-pengendalian-diri.html (diakses 2 Desember 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar