Kamis, 20 Desember 2018

RESIKO??? Kudu Bernani ngadepinnya



Resiko merupakan suatu hal yang pasti dan dan harus mampu dilalui oleh seorang entrepreneur baik dalam skala yang besar maupun kecil. Semakin besar usahanya maka semakin besar pula resiko yangharus dihadapi. Setiap entrepreneur harus berani mengambil resiko, sebab dengan begitu akan menumbuhkan sikap entrepreneur sejati yang mana ada sikap berani mengambil resiko demi kemajuan usahanya. Sepengetahuan saya para entrepeneuryang sudah berhasil sekarang ini dilakukan dengan sungguh-sungguh dalam menjalankannnyadan yang pasti mereka berani mengambil resiko demi kemajuan usahanya.


A.    Pengertian Resiko
Resiko adalah suatu yang selalu dihubungkan dengan kemungkinan terjadinya sesuatu yang merugikan yang tidak terduga dan tidak diharapkan.Sedangkan karakteristik resiko secara umum ada dua:
a.       Resiko adalah sesuatu ketidak pastian atas terjadinya suatu peristiwa.
b.      Resiko adalah ketidak pastian yang bila terjadi akan menimbulkan kerugian.

Resiko selalu terjadi bila keputusan yang diambil dengan memakai kriteria peluang (decision under risk) atau kriteria ketidak pastian (decision under uncertainly).Untuk menghitung resiko pada umumnya dipakai nilai yang diperkirakan (expected value) atau angka penyimpangan (variance).

B.     Resiko dalam berwirausaha
Memulai suatu bisnis membutuhkan keberanian, tekad, dan manajemen serta strategi bisnis yang baik. Namun jika Anda telah melakukan semua itu, bukan berarti jaminan bahwa Anda akan terhindar dari resiko usaha. Dalam perkembangan dan perjalanan usaha, Anda pasti menghadapi kendala dan kesulitan, baik yang kecil maupun kendala yang besar. Kendala tersebut biasa kita kenal sebagai resiko usaha. Selain mendapatkan keuntungan dalam berbisnis, memiliki usaha berarti siap untuk menerima juga resiko usaha. Bahkan, bagi suatu usaha yang telah sukses sekalipun, bukan tidak mungkin menghadapi kendala yang bernama resiko usaha. Resiko usaha memang tidak bisa dipisahkan serta menjadi kesatuan dari bagian dari suatu bisnis atau usaha. Ketika memiliki suatu usaha, kerap kali resiko yang muncul tidak hanya disebabkan oleh faktor individu atau karyawan, namun bisa juga terjadi karena faktor manajemen, strategi, dan sistem perusahaan yang kurang baik.

C.    Faktor yang Menyebabkan Resiko
Berdasarkan definisi menurut Abbas Salim, ada 3 faktor yang mempengaruhi ketidakpastian yang nantinya akan menyebabkan resiko kerugian. Ketidakpastian tersebut dapat disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut :
1.      Ketidakpastian ekonomi (economoc uncertainly caused)

2.      Ketidakpastian yang disebabkan oleh alam (nature uncertainly caused)
3.      Ketidakpastian yang disebabkan oleh perilaku manusia (human uncertainly caused)
Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas, masih terdapat banyak faktor resiko usaha. Faktor yang dapat mempengaruhi dan menyebabkan timbulnya resiko usaha antara lain adalah dikarenakan oleh faktor perubahan lingkungan, sosial dan ekonomi, gaya hidup yang meliputi tren pasar atau perkembangan, kemajuan teknologi, dan budaya. Selain itu dari faktor individu atau sumber daya manusia, masih terdapat kesalahan strategi dan pemasaran (marketing), pengambilan keputusan yang tidak tepat, persiapan yang kurang matang, manajemen serta sistem yang kurang baik dan kurang bertanggung jawab. 
D.    Kemampuan yang Harus Dimiliki
Untuk bisa memilih, sangat ditentukan oleh kemampuan wirausaha untuk mengambil risiko antara lain :
1.      Keyakinan pada diri sendiri.
2.  Kesediaan untuk menggunakan kemampuan dalam mencari peluang dan kemungkinan memperoleh keuntungan.
3.      Kemampuan untuk menilai situasi risiko secara realistis.
Pengambilan risiko berkaitan dengan berkaitan dengan kepercayaan diri sendiri. Artinya, semakin besar keyakinan seseorang pada kemampuan sendiri, maka semakin besar keyakinan orang tersebut akan kesanggupan mempengaruhi hasil dan keputusan, dan semakin besar pula kesediaan seseorang untuk mencoba apa yang menurut orang lain sebagai risiko.
E.     Jenis-jenis Resiko Usaha
Jenis resiko usaha yang biasanya dialami dalam dunia usaha atau kewirausahaan antara lain sebagai berikut:
1.      ResikoPerusahaan
Resiko perusahana merupakan resiko yang terjadi dan mempunyai dampak pada kelangsungan hidup perusahaan atau saham yang ada diperusahaan.
2.     ResikoKeuangan
Resiko keuangan merupakan resiko yang seringkali akan mengakibatkan dampak terhadap kerugian pada aspek keuangan perusahaan
.
3.      ResikoPermodalan
Resiko permodalan merupakan resiko yang timbul sebab kerugian pada penjualan likuiditas dan keuangan yang bisa membuat modal usaha menjadi menurun secara signifikan.
4.      ResikoPasar
Resiko pasar merupakan resiko yang timbul karena persaingan usaha karena gaya hidup konsumen, berubahnya pola persaingan, atau muncul pesaing baru yang lebih potensial pada pasar produk.
5.      ResikoOperasional
Resiko operasional merupakan resiko yang timbul karena penyimpangan hasil prediksi. Hal ini dapat terjadi sebab kurang sempurnanya penerapan keputusan, SDM, teknologi, perubahan sistem inovasi dan mutu.
Daftar Pustaka
Muvit, Anisa Nurul. 2017. Berani Mengambil Resiko dan Tantangan Berwirausaha https://anisanurul2728.wordpress.com/2017/06/20/berani-mengambil-resiko-dan-tantangan-berwirausaha/
Getrana, Triana. 2011. Pengertian Resiko dalam Kewirausahaan https://trinagetrana.wordpress.com/2011/04/29/pengertian-resiko-dalam-kewirausahaan/
Anonym. 2015. Pengertian Resiko Usaha Beserta Jenis Resiko Usaha. http://ciputrauceo.net/blog/2015/5/22/pengertian-resiko-usaha/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar