Jumat, 14 Desember 2018

Marilah Bersemangat Dalam Menjalani Hidup


Dibuat oleh : Karlen Alfani Ariesta (@K07-Karlen)

Kita sebagai anak muda harus semangat dalam menjalani hidup, dan menggapai cita – cita. Masa depan kita masih panjang, dan masih banyak kisah – kisah hidup yang berwarna didepan mata kita.


Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu semangat ? Menurut Ruslani, semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak.
·         Bagaimana cara supaya selalu semangat ?
a.       Jauhkan handphone untuk sementara waktu
Salah satu momen terbaik untuk menikmati suasana di pagi hari adalah dengan cara menghindari memeriksa handphone atau browsing di internet untuk sementara waktu. Alangkah baiknya jika kita melakukan berbagai macam kegiatan positif di pagi hari atau biasa disebut morning routine.

Lalu melakukan pekerjaan rumah dan memasak juga bisa meningkatkan mood agar kamu bisa menjalani hari dengan ceria dan lain-lain. Dengan membiasakan melakukan kegiatan positif tersebut bisa membuat hati kamu semakin bahagia dan tubuh pun menjadi sehat.
b.      Tidur yang cukup.
Jika kita menginginkan kesehatan dan kebahagiaan. Ternyata tidur adalah jawabannya. Tidur bisa sebagai penentu kebahagiaan seseorang. Terkadang di antara kita sulit sekali untuk bisa tidur siang, namun ternyata tidur siang selama 20 menit bisa menyegarkan otak dan pikiran kita setelah melakukan banyak aktivitas.
c.       Sabar, ikhlas, dan berdoa.
Sabar, ikhlas, dan berdoa merupakan satu paket kebahagian yang hakiki. Apapun cobaan yang kita terima dalam hidup ini, kita harus selalu sabar dan ikhlas. Ingat, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.


 
https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjEkpOBzZ_fAhVERo8KHaIjBEUQjRx6BAgBEAU&url=https%3A%2F%2Fhot.detik.com%2Fkdrama%2Fd-4262793%2F7-drama-korea-yang-dijamin-bakal-membangkitkan-semangat&psig=AOvVaw30XY-Jf8Gq8ZN72lkRhgtZ&ust=1544886541106438
·         Bagaimana cara kita supaya dapat mempertahankan kesemangatan ?
a.       Bersifat optimis.
Milikilah pandangan baik terhadap hal yang kita kerjakan. Misalnya kalau kita mulai ragu saat ingin maju untuk presentasi, bilang pada diri sendiri bahwa kita bisa. Jika orang lain bisa, mengapa kita tidak bisa?
b.      Berfokus kepada kelebihan.
Semangat yang turun bisa disebabkan karena kita merasa punya kelemahan. Misalnya kita ingin unjuk kemampuan berpidato dalam bahasa Inggris. Begitu melihat saingan yang kelihatan keren-keren sekali, kita jadi tidak pede. Padahal aslinya kita bisa sekali dengan ini.
c.       Mencari sisi yang bahagia.
Mencari sisi yang bahagia. Tidak dapat kita  pungkiri jika kita terkadang sudah mulai jenuh, dan semangat kita juga sudah mulai turun. Jika sudah seperti ini, carilah sisi fun atau bahagia dari setiap apa yang kita kerjakan.

Jadi kesimpulannya, kita sebagai pemuda, mahasiswa kita harus semangat dalam menjalani hidup banyak sekali tantangan dan kisah yang mungkin tak terduga yang dapat membuat hidup kita lebih berwarna oleh karena itu semangatlah dalam menjalani hidup ini, dan ingatlah bahwa kita hidup didunia ini hanya sekali, dan sebentar. Pergunakan hidup kita ini dengan baik supaya kita dapat hidup di akhirat nanti dengan bahagia


DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar