Kamis, 20 Desember 2018

kerja sama dalam hidup




kerjasama adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau juga lebih supaya dapat mencapai tujuan ataupun target yang sebelumnya sudah direncanakan dan juga disepakati secara bersama. Dari pengertian tersebut dapat kita pahami bahwa pentingnya kerjasama itu diperlukan ketika kita mempunyai tujuan, target ataupun pencapaian yang sama terhadap dua orang atau lebih dimana dalam mencapai tujuan, target ataupun pencapaian tersebut dibutuhkan kerjasama yang didasari oleh solidaritas dua orang atau lebih tersebut dalam melakukannya.

lima bentuk kerja sama, sebagai berikut :


1.            Kerukunan. Bentuk kerja sama ini berbentuk gotong royong dan tolong menolong antar individu.
2.            Bargaining. Bentuk kerja sama ini merupakan perjanjian pertukaran barang atau jasa antara dua organisasi atau lebih.
3.            Kooptasi. Bentuk kerja sama ini merupakan proses penerimaan hal-hal baru dalam kepemimpinan dan pelaksanaan politik dalam suatu organisasi agar menjadi lebih seimbang.
4.            Koalisis. Bentuk kerja sama ini merupakan perpaduan antara dua organisasi atau lebih yan mempunyai tujuan yang sama.
5.            Joint Venture. Bentuk kerja sama ini terjadi dalam proyek-proyek besar untuk menyukseskan suatu tujuan yang membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak dengan latar belakang yang berbeda.

MANFAAT KERJASAMA.
Berikut adalah manfaat dalam menjalin kerjasama terhadap dua orang atau lebih, diantaranya adalah:
·                     Mempererat Ikatan Persaudaraan.
Dengan bekerjasama setiap individu pada sesuatu tim kerja akan saling berinteraksi dan saling membantu dalam memecahkan persoalan-persoalan untuk mencapai tujuannya, sehingga akan terjalin juga komunikasi-komunikasi yang dimana semua itu akan menambah rasa persaudaraan.
·                     Menumbuhkan Semangat Persatuan.
Kerjasama-pun dapat menumbuhkan semangat persatuan pada diri setiap individu yang tergabung dalam kelompok kerja atau tim kerja. Supaya setiap kegiatan dalam kerjasama dapat berjalan baik maka harus bisa menjunjung rasa kesatuan dan persatuan.
·                     Pekerjaan Lebih Cepat Terselesaikan.
Dengan kerjasama masalah sesulit apapun akan cepat terselesaikan karena tidak hanya mengandalkan satu individu saja untuk menyelesaikan pekerjaan tapi dengan banyak individu yang bersatu dan saling mendukung satu sama lain, maka pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan dan lebih cepat membuahkan hasil.
·                     Pekerjaan Terasa Lebih Ringan.
Pekerjaan yang sesulit apapun akan terasa lebih ringan dan lebih mudah terselesaikan karena di kerjakan oleh banyak orang yang saling mendukung satu sama lain.

kerjasama terdapat nilai-nilai sosial yaitu:
1)      Menghargai pendapat orang lain
2)      Tanggung jawab
3)      Kebersamaan
4)      Kepedulian


Daftar pustaka


(Wikipedia. 2018. Kerja Sama. id.wikipedia.org Dalam: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerja_sama diakses tanggal 13 Desember 2018).
(SORA N. 2016. Pengertian Kerjasama Dan Manfaatnya Lengkap Umum. pengertianku.net Dalam: http://www.pengertianku.net/2016/10/pengertian-kerjasama-dan-manfaatnya.html diakses tanggal 13 Desember 2018).
Nurhayati. 2016. “pentingnya kerjasama dalam kehidupan” dalamhttps://www.kompasiana.com/emy/570e09fdf19673ce123d52a2/pentingnya-kerjasama-dalamkehidupan (diakses 15 Desember 2018)
Jonathan. 2018. “pengertian kerja sama secara umum” dalamhttps://www.maxmanroe.com/pengertian-kerjasama.html (diakses 15 Desember 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar