Kamis, 13 Desember 2018

BERKERJASAMA !!!1


@J15-Shasa


Kerja sama, atau kooperasi merujuk pada praktik seseorang atau kelompok yang lebih besar yang bekerja di khayalak dengan tujuan atau kemungkinan metode yang disetujui bersama secara umum, alih-alih bekerja secara terpisah dalam persaingan.
Kerja sama adalah suatu bentuk interaksi sosial antara orang-perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai satu atau beberapa tujuan bersama. Kerja sama timbul karena orientasi orang-perorangan dengan kelompoknya (in group) dan kelompok lainnya (out group).

Menurut Charles H. Cooley kerja sama timbul apabila orang menyadari bahwa mereka mempunyai kepentingankepentingan yang sama dan pada saat yang bersamaan mempunyai cukup pengetahuan dan kesadaran terhadap diri sendiri untuk memenuhi kepentingan-kepentingannya.
Bentuk-bentuk kerjasama :
  • Tawar menawar atau Bargaining, yaitu membentuk kerjasama tentang sebuah kesepakatan pertukaran produk atau juga jasa antara dua orang atau juga lebih.
  • Koalisi atau Coalition, yaitu suatu  gabungan dari dua lembaga organisasi atau juga lebih yang mempunyai tujuan yang sama, mereka bekerjasama supaya mencapai tujuan tersebut.
  • Joint Venture,yaitu kerjasama suapay mengerjakan proyek-proyek tertentu agar dapat cepat terselesaikan dan juga tujuan cepat tercapai.
  • Cooptation, yaitu suatu proses kerjasama penerimaan dari berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi, hal ini dapat dijadikan sebuah cara suapaya menghindari terjadinya sebuah kecurangan atau juga hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa terjadi.
  • Atas dasar kerukunan, yaitu kerjasama yang didasari karena sebuah kerukunan sesama manusia, biasanya sebuah kerjasama yang didasari kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.
Manfaat kerjasama diantaranya
1. Memudahkan pekerjaan
Sobat pasti dalam hidup pernah mendapat pekerjaan yang sulit. Apakah sulit dari segi kualitasnya atau kuantitasnya. Sangat membantu jika Sobat mengerjakan pekerjaan itu dengan seseorang yang bisa diajak berbagi. Pekerjaan yang awalnya sukar dikerjakan sendiri akan menjadi lebih ringan dan waktu penyelesaiannya lebih cepat.

2. Melatih sikap sosial bermasayarakat
Manusia adalah makhluk sosial yang pelu hidup bersama dan saling membantu satu sama lain. Kalau tidak mau bersosialisasi tinggal di Jupiter sana.. Insya Allah kita selalu membutuhkan bantuan orang lain. Dengan membiasakan diri sejak awal dalam bekerjasama kita tidak akan kaku dalam berkomunikasi, bercanda, menyapa, tersenyum dsb kepada orang-orang di sekitar kita.

3. Belajar mengerti dan menghargai perasaan orang lain
Seringkali dalam sehari-hari kita tidak bisa peka memahami perasaan orang lain sehingga terjadi salah faham atau miskomunikasi. Dengan bekerjasama kita akan lebih dekat dengan orang-orang di sekitar kita dalam bekerja, kita membagi tugas dengan mereka dan saling membantu dalam menyelesaikan persoalan. Dalam proses ini kita akan sering bercerita atu sama lain sehingga hubungan kedekatan batin akan terjalin dan dapat memahami satu sama lain. Kalau Sobat bisa memahami perasaan orang lain maka dalam bersosialisasi akan mudah dan tahu apa yang harus dilakukan.

Daftar Pustaka:
Anonim. 2018. Manfaat Kerja Sama dalam Kehidupan. Dalam: https://www.astalog.com/468/manfaat-kerjasama-dalam-kehidupan-bermasyarakat.html
Wikipedia. 2005. Kerjasama. https://id.wikipedia.org/wiki/Kerja_sama.html , diakses pada (8 Desember 2018).
Anonim. 2015.Pengertian Kerjasama dan Bentuknya beserta Contoh-contohnya.Dalam: www.berpendidikan.com/2015/06/pengertian-kerja-sama-dan-bentuknya-beserta-contohnya.html
Bitar. 2018. Pengertian, Manfaat, Dan Bentuk Kerjasama Beserta Contohnya Lengkap. Dalam: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-manfaat-dan-bentuk-kerjasama-beserta-contohnya-lengkap/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar