Jumat, 14 Desember 2018

Semangatlah!!!

Oleh : @K12-Aris


Abstrak


Sering kali kita atau orang lain merasa memiliki visi dan misi dalam kehidupan kita. Namun dalam perjalanannya harus memaksa kita menghadapi sebuah rintangan atau ujian yang besar dan berat yang membuat semangat kita goyah. Hal ini merupakan sebuah kondisi yang sangat sulit tanpa ada nya roh semangat itu sendiri, akan tetapi jika kita berhasil melewati sebuah batu atau rintangan yang mana itu merupakan sebuah batu loncatan untuk kita menuju keberhasilan.

Kata kunci :  Semangat, hidup


Semangat berhubungan dengan perasaan dan tindakan.

Semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Jadi semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertindak. Seseorang yang memiliki semangat bagus, sikap dan perilakunya biasanya terlihat dinamis.

Semangat bersifat spiritual angin-anginan 
Semangat itu sifatnya spritual, adalah dimana batin tergerak untuk bertindak. 
Semangat juga bersifat angin-anginan, terkadang ada dan terkadang tidak ada. Semangat tidak hanya datang satu kali, bisa puluhan kali atau ratusan kali bahkan lebih. Semangat bisa datang dan pergi berulang kali tanpa bisa dihitung. Lantas bagaimana cara untuk menambah semangat?

Menambah semangat
Bagaimana cara menambah semangat?
ini adalah beberapa hal untuk menambah semangat, sebagai berikut :
  1. Merasa harus bertindak
  2. Keinginan untuk melakukan sesuatu yang bermakna bagi diri sendiri, keluarga, kerabat dan orang banyak serta alam semesta.
  3. Perasaan bertanggung jawab
  4. Merasa peduli terhadap sesama, dan lain-lain.
Mempertahankan semangat yang ada
Diperlukan tekad yang kuat untuk mempertahankan semangat. Jika kita sekarang sedang merasa memiliki semangat, kita seharusnya mengingat-ingat suatu kondisi dimana kita saat semangat itu sedang pergi. Maksudnya agar anda bisa merasakan perbadaannya, lalu kita pertahankan eksistensinya atau menambah kekuatan dari semangat itu.
Mempertahankan semangat bisa dilakukan dengan memiliki terlebih dahulu tekad yang kuat untuk mempertahankan semangat itu sendiri, kemudian mengarahkannya agar bisa mengahasilkan hal-hal yang produktif dan membuat hati tentram. Mengapa demikian?
Sebab, jika semangat itu tidak menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan menentramkan hati. akan lebih cenderung biasa-biasa saja bagi kita dalam mencapai sesuatu, yang seharusnya didukung oleh semangat yang kuat.

Kesimpulan
Jadi, untuk mencapai sesuatu yang ingin kita capai atau kita dapatkan. Harus kita tanamkan terlebih dahulu semangat yang kuat dalam diri kita. Untuk masa-masa dimana kita akan merasakan manisnya dari sebuah perjuangan.

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar