Kamis, 13 Desember 2018

Ayo Semangat!


Oleh : Sinta Anggraeni (@J12-Sinta)

Semangat berhubungan dengan perasaan dan tindakan. Semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak. Seseorang yang memiliki semangat bagus, sikap dan perilakunya biasanya terlihat dinamis.

Semangat memiliki fungsi yaitu sebagai penggerak batin untuk bertidak. Semangat juga bersifat angin-anginan, dia terkadang ada dan tidak ada. semangat tidak hanya datang satu kali, bisa puluhan kali atau ratusan kali bahkan lebih. Semangat bisa datang dan pergi berulang kali tanpa bisa dihitung.

Cara Menambah Semangat:
Semangat yang melemah bisa ditambah dengan beberapa hal dibawah ini, diantaranya adalah:
  • Merasa HARUS bertindak
  • Keinginan untuk melakukan sesuatu yang bermakna bagi diri sendiri, keluarga, kerabat dan orang banyak serta alam semesta
  • Perasaan bertanggung jawab
  • Merasa peduli terhadap sesama, dan lain-lain
Mempertahankan semangat yang ada:
1.      Bersikap optimis. Milikilah pandangan baik terhadap hal yang kita kerjakan. Misalnya kalau kita mulai ragu saat mau maju menyanyi atau presentasi, kita bilang pada diri sendiri. Kalau orang lain bisa, mengapa aku enggak bisa. Kalau kita yakin bisa, kemungkinan besar bisa. Jangan punya pikiran gagal dulu.
2.      Berfokus pada kelebihan. Semangat yang turun bisa disebabkan karena kita merasa punya kelemahan. Misalnya kita ingin unjuk kemampuan berpidato dalam bahasa Inggris. Begitu melihat saingan yang kelihatan keren-keren, kita jadi enggak pede. Padahal aslinya kita jago banget soal ini. Lebih baik singkirin pikiran tentang kelemahan.
3.      Ingat kembali kesuksesan. Ini kalau kita gagal dan enggak punya semangat lagi. Kalau mental kita mulai jatuh, lebih baik kita mengingat kembali kesuksesan yang lalu. Kenangan akan kesuksesan ini akan memotivasi kita untuk bersemangat mengulang kesuksesan itu.
4.      Mencari sisi fun. Enggak bisa dipungkiri kalau kita kadang-kadang mulai jenuh, dan semangat kita juga mulai kendor. Kalau sudah begini, carilah sisi fun dari setiap apa yang kita kerjakan
5.      Yakin pada penyertaan Tuhan. Hidup kadang memberi kita juga persoalan-persoalan besar dalam rangka mengejar cita-cita yang diluar kendali kita. Kalau kita mau menyerahkan semua itu sama Tuhan dan minta penyertaanNya, maka kita enggak gampang putus asa.

Manfaat Semangat :
1.      Semangat adalah langkah pertama menuju prestasi
2.      Semangat meningkatkan kehendak kita
3.      Semangat mengubah anda
4.      Semangat membuat hal-hal yang mustahil menjadi kenyataan
5.      Semangat menimbulkan kebahagiaan

Daftar Pusaka :
Ruslani. 2015. Pengertian tentang semangat. Dalam http://www.ruslani.com/pengertian-tentang-semangat.html

Manuel, Devin. 2014. Cara mempertahankan semangat. Dalam https://www.kompasiana.com/deman/54f961ffa33311ed068b4f1d/cara-mempertahankan-semangat

Momon. 2015. Manfaat semangat yang tinggi. Dalam  http://www.micpublishing.co.id/manfaat-semangat-yang-tinggi/
                                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar