Kamis, 20 Desember 2018

5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia


Sikap adil adalah sikap yang harus dimiliki setiap insan manusia. Karenanya setiap manusia adalah pemimpin. Seorang pemimpin harus mempunyai sikap adil. Akan tetapi, pada zaman sekarang sangat sedikit sekali orang-orang yang mempuyai sifat adil. Mereka lebih memilih mengatakan kebohongan dari pada berkata kebenaran. Sifat adil juga tidak melihat apakah dia teman dekat kita, atau saudara kita ketika dia salah maka dia wajib di hukum 

Apa sih sikap adil itu? Secara bahasa adil mempunyai arti meletakkan sesuatu pada tempatnya, tidak memihak ke salah satu pihak, bersikap prorporsional, dan memihak kepada yang benar. Kemudian secara istilah, pengertian dari perilaku terpuji adil yaitu menetakpkan suatu kebenaran terhadap dua masalah atau beberapa masalah untuk dipecahkan sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh agama. Dengan demikian perbuatan adil adalah suatu tindakan yang berdasar kepada kebenaran, bukan mengikuti kehendak hawa nafsu pribadi.

Macam-Macam Sikap Adil

1. Berlaku adil kepada Allah swt.
Maksudnya adalah dengan menjadikan Allah sebagai satu-satunya  disembah.

2. Berlaku adil kepada diri sendiri
Berlaku adil pada diri sendiri bermaksud meletakkan diri pribadi pada tempat yang bak dan juga tempat yang benar. Dimana kita harus memenuhi kebutuhan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan norma-norma syariat.

3. Berlaku adil kepada orang lain
Artinya adalah meletakkan orang lain pada tempat yang seharusnya. Berlaku adil kepada orang lain harus kita lakukan, dan itu kita lakukan kepada semuanya tidak terkecuali bahkan kepada musuh atau orang yang kita benci.

4. Berlaku adil kepada makhluk hidup lain (hewan dan tumbuhan) serta lingkungan
Kita harus menyayangi dan merawat hewan atau tumbuhan serta lingkungan yang ada disekitar kita. Terlebih lagi, apabila kita memelihara hewan seperti burung, kelinci, kucing atau yang lainnya maka kita harus berbuat adil, diantaranya dengan merawatnya dengan sebaik-baiknya, memberikan makan dan minum setiap hari, serta tidak menyiksanya.

Dampak Positif Bersikap Adil

Dengan bersikap adil, kita dapat menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Allah swt, karena adil lebih dekat dengan taqwa, membuat hidup kita menjadi lebih tenang dan lebih baik dari sebelumnya, memiliki sikap toleransi yang tinggi, dipercayai banyak orang, dapat mempererat tali persaudaraan dan pesatuan dan menciptakan ketentraman dalam kehidupan bermasyarakat. 

Cara Membiasakan Diri Bersikap Adil dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Menyadari pentingnya keadilan dalam kehidupan manusia, baik yang menyangkut konsep keteraturan dan keseimbangan alam semesta maupun yang berkaitan langsung dengan kemasalahatan kehidupan manusia.
2. Memahami nilai-nilai positif yang terkandung dalam prinsip keadilan, seperti kedamaian dan kenyamanan hidup serta hilangnya kebencian dan permusuhan di antara sesame manusia.
3. Berusaha mempraktikan perilaku keadilan untuk diri sendiri, seperti belajar maksimal sebagai sebuah keadilan terhadap potensi dan bakat yang diberikan Tuhan untuk ditumbuhkembangkan secara optimal.
4. Berusaha mempraktikan keadilan kepada orang lain, misalnya dengan bersikap adalah ketika menimbang dan menakar sesuatu/ bersikap seimbang ketika menilai teman atau rang lain.

Daftar Pustaka 

Hidayat, Rahmad. 2015. Pengertian, Macam, dan Hikmah Perilaku Adil. Dalam https://www.kitapunya.net/2015/07/pengertian-macam-dah-hikmah-perilaku.html/
Qomsyatun, Gustini. 2015. Manfaat Sikap Perilaku Adil. Dalam http://gustiniqomsyatun.blogspot.com/2015/11/manfaat-sikap-perilaku-adil.html /
Sari, Maya Tita. 2016. Keutamaan Adil terhadap Diri Sendiri. Dalam https://dalamislam.com/info-islami/keutamaan-adil-terhadap-diri-sendiri/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar