Kamis, 06 Desember 2018

SELF CONTROL

Oleh : Natalia Esteriani Kambey (K17-Natalia)

 ‘Pengendalian diri’ sudah sangat sering kita dengar, namun jarang sekali orang yang mempraktekkan pengendalian diri dalam kehidupan. Sebelum membahas lebih jauh, kita perlu tau apa itu pengendalian diri. Pengendalian diri merupakan kemampuan diri dalam mengendalikan perilaku untuk mencapai tujuan tertentu. Pengendalian diri dapat diartikan dengan berpikir sebelum bertindak, sehingga kita dapat menghasilkan keputusan yang terbaik, sehingga menghasilkan hal yang kita inginkan dan menghindari akibat yang tidak kita inginkan.
            Pengendalian diri sangatlah penting dalam hidup kita. Tanpa pengendalian diri, banyak masalah yang akan muncul. Hal ini disebabkan karena kita adalah makhluk sosial yang selalu bergaul dengan sesama kita, sehingga tanpa pengendalian diri, kita akan terbawa arus. Banyak juga dampak negatif yang akan timbul saat kita tidak memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri kita.

“You need self-control in an out-of-control world.” –James C. Collin

Untuk lebih memahami tentang pengendalian diri, berikut adalah jenis-jenis pengendalian diri menurut Calhoun & Acocella (1990) :

  1. Kontrol perilaku (Behavior Control). Merupakan kesiapan atau kemampuan seseorang untuk memodifikasi suatu keadaan yang tidak menyenangkan. Kemampuan mengontrol perilaku dalam hal ini berupa kemampuan untuk menentukan siapa yang mengendalikan situasi, dirinya sendiri, orang lain, atau sesuatu di luar dirinya. 
  2. Kontrol kognitif (Cognitive Control). Kemampuan individu utuk mengelola informasi yang tidak diinginkan dengan cara menginterpretasi, menilai, atau memadukan suatu kejadian dalam suatu kerangka kognitif sebagai adaptasi psikologis atau untuk mengurangi tekanan. 
  3. Kontrol dalam mengambil keputusan (Decision Making). Kemampuan untuk memilih suatu tindakan berdasarkan sesuatu yang diyakini atau disetujui.
Berikut adalah cara-cara sehingga kita bisa memiliki kemampuan pengendalian diri :
  • Membuat daftar kebiasaan yang ingin dikendalikan
  • Tentukan perilaku yang ingin diubah
  • Tentukan tujuan dengan realistis
  • Catatlah progress dan evaluasi apa yang masih kurang
  • Berikan motivasi terhadap diri sendiri

Contoh Sikap Pengendalian Diri
  1. Dalam Keluarga
    -Menahan emosi saat ingin marah kepada kakak/adik
    -Tidak berkata kasar pada anggota keluarga
    -Mengatur kegiatan rumah dengan baik
  2. Di Lingkungan Pendidikan
    -Tidak melawan guru/dosen
    -Tidak mengikuti teman yang suka bolos
    -Menggunakan waktu dengan baik
  3. Di Lingkungan Sekitar
    -Tidak membuat keributan
    -Tertib dan tidak mengikuti orang yang suka melanggar aturan
    -Menghindari kata-kata yang menyakiti orang lain
Kesimpulan :
Pengendalian diri sangatlah penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Mengapa? Karena tanpa pengendalian diri kita akan dikendalikan oleh lingkungan yang sudah tidak terkendali. Pengendalian diri dapat kita wujudkan di lingkungan keluarga, pendidikan, dan lingkungan sekitar. Ada beberapa cara yang sudah diberikan sehingga kita bisa mengendalikan diri kita. Melakukan hal-hal yang positif pasti banyak tantangannya, namun yakin bahwa semuanya pasti tidak akan sia-sia. Semua yang kita lakukan akan memberi kita masa depan yang lebih baik.


Daftar Pustaka :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar