Rabu, 19 Desember 2018

Semangat Meraih Tujuan

Dibuat Oleh : Musela Carentia (@K11-Musela)


        Mimpi adalah sebuh topik paling menarik tentunya untuk setiap orang, karena setiap orang punya mimpinya masing-masing. Pastinya setiap orang ingin sekali membuat mimpinya itu tak hanya sekedar hayalan belaka, tentunya kita ingin sekali mewejudkan apa yang kita cita-citakan walau halangan dan rintangan terbuka lebar di depan mata. Tapi masalahnya terkadang kita masih suka ragu akan mimpi-mipi yang kita buat, karena mungkin kurang percaya diri.


Apa yang kamu pikirkan saat pertama kali membuka mata di pagi hari? Apa kamu membayangkan hari ini sarapan dengan mie goreng, nasi goring atau bahkan dengan telor ceplok? Atau kamu hanya terdiam kaku di tempat tidurmu sembari melihat atap kamarmu dengan fikiran kosong? Atau kamu segera bergegas bangun dan merencanakan apa yang akan kamu lakukan hari ini? Atau malah kamu kembali tarik selimut kesayanganmu dan melanjutkan mimpi mu yang terpotong tadi?

Percayakah kamu bahwa tujuan apapun yang ingin Anda raih bisa diselesaikan dalam kurun waktu setengah dari yang Anda harapkan? Ya, Anda bisa mencapai tujuan tersebut 2x lebih cepat jika mindset/pikiran Anda sendiri menginginkannya. Pertanyaannya adalah seberapa ingin Anda mencapai tujuan tersebut?
Banyak orang hanya semangat dipermulaan namun lemah diperjalanan, mereka tidak konsisten dan motivasi itu hilang saat dilanda rasa putus asa. Most people start strong and finish weak.
Bukannya mempercepat pencapaian tujuan, mereka malah memperlambatnya, akhirnya begitu mereka memulai tujuan yang baru mereka akan menundanya kembali.

Apakah Anda orang yang termasuk seperti itu? Hanya semangat diawal, putus asa diperjalanan, dan menyerah pada akhirnya.
Jika iya maka belajarlah beradaptasi dengan mindset-mindset achiever berikut ini:

1. Lingkungan
Faktor terpenting nomor satu untuk mengubah kebiasaan dan penundaan Anda adalah lingkungan. Pengaruh lingkungan adalah faktor yang paling mempengaruhi kualitas hidup Anda secara langsung. Anda adalah hasil bentukan dari lingkungan yang Anda pilih. Pilih lingkungan yang membawa Anda lebih dekat kepada tujuan Anda. Sistem dan lingkungan adalah faktor paling berpengaruh terhadap pencapaian tujuan Anda, lingkungan yang salah akan memperlambat pencapaian tujuan Anda bahkan menghancurkannya, karena itu pilihlah dengan bijak.

2.  Adaptasi
Hebatnya manusia adalah tidak peduli seberapa sulit dan mustahil sebuah keadaan, mereka dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri.
Saat mengincar sebuah tujuan kita cenderung memilih sesuatu yang “kita rasa” masih bisa dicapai, sesuatu yang tidak ada diluar jangkauan dan zona nyaman kita. Masalahnya adalah seberapa besar zona nyaman Anda?
Seberapa penting seseorang dapat dinilai dari seberapa besar masalah yang ingin mereka hadapi. Jangan menghindari masalah, targetkan tujuan yang lebih besar lagi, tujuan yang tidak berada diluar zona nyaman bukanlah tujuan yang berarti. Carilah masalah yang lebih besar dan tujuan yang lebih menantang.

3. Paksa diri Anda (force)
Bagaimana kita bisa mencapai tujuan yang ada menjadi 2x lebih cepat? Jawabannya adalah dengan memaksa. Memaksa disini bukan berati negatif memaksakan diri sampai sekarat, melainkan memaksa diri supaya tidak menunda dan mempercepat pencapaian tujuan Anda semaksimal mungkin (push to the limit).
Ingatlah ini: Semakin lama Anda mengeset pencapaian sebuah tujuan maka semakin tidak efisien Anda menggunakan waktu yang ada dan semakin kecil kemungkinan tujuan itu akan tercapai.

4. Konsisten
Ditengah perjalanan mencapai tujuan ingatlah untuk selalu menjadi lebih cepat, bukan malah loyo dan kehilangan semangat. Banyak orang yang dalam pencapaian mimpinya malah semakin lambat ditengah-tengah dan yang paling buruk menyerah pada akhirnya.
Justru disaat seperti itu Anda harus semakin cepat (speed up) dan terus memaksa (push harder) menjadi lebih cepat lagi.

Kesimpulan
        ada akhirnya pencapaian sebuah tujuan hanyalah masalah cara berpikir (mindset) dan kebiasaan (habit). Mulailah dengan tujuan yang lebih besar dan masalah yang lebih penting, darisitu urutkan langkah-langkah logis untuk menggapainya. Tetapkan waktu yang jelas, buat estimasi pencapaian menjadi lebih cepat (potong menjadi setengahnya), dan biasakan diri Anda (adaptasi) untuk memaksa lebih jauh lagi, push forward and push harder to the limit.
Jangan lupa untuk terus konsisten berjuang, nikmati proses dan hasil-hasil kecil yang sudah Anda dapat, dan terakhir syukuri semua yang sudah terjadi karena itulah yang bisa membuat Anda terus termotivasi.

Daftar Pustaka
https://solusik.com/mindset-untuk-meraih-tujuan-apapun/
http://www.zonanesia.com/2015/02/6-cara-membuatmu-tetap-semangat-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar