Senin, 17 Desember 2018

Jangan Lupa Semangat:)


Oleh    : Nia Wulandari (@K09-Nia)

Pembahasan
            Menurut pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), semangat adalah nafsu kemauan, gairah untuk bekerja, berjuang, dan sebagainya. Dari pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan suatu hal dengan dorongan kemauan, gairah, dan rasa  yang menggugah. Salah satu bentuk dari semangat adlaah semangat kerja.

            Terdapat beberapa alasan mengapa semangat itu sangat penting untuk dilaksanakan, diantaranya:
1.   Pekerjaan akan jauh terasa lebih mudah
Dengan mengerjakan segala sesuatu dengan semangat, kita dapat mengerahkan seluruh kemampuan dan kompetensi yang kita miliki, sehingga kita dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan lebih mudah, lebih baik, lebih cepat, dan lebih efisien.
2.   Meningkatnya produktivitas
            Melalui semangat, produktivitas kita sebagai individu akan pula meningkat. Semangat akan membuat kita merasa tertantang dan tergugah untuk menyelesaikan suatu hal, sehingga produktivitas kita juga akan meningkat.
3.   Mencapai hasil yang terbaik
Manfaat semangat mungkin tidak akan dirasakan secara langsung. Namun, jika kita konsisten dalam menjaga semangat, maka suatu hari keberhasilan yang diharapkan dapat diraih.
4.   Tidak cepat putus asa
Masalah akan hadir di setiap sisi kehidupan. Terkadang, dengan munculnya masalah juga akan menguji keteguhan niat kita. Namun, dengan semangat yang kita miliki, dapat menjadi acuan untuk kita dapat terus bangkit dan bergerak maju.
Berikut ini tips agar selalu semangat dalam menjalani hidup, yaitu :
1.     Selalu berpikiran positif
2.     Menyusun rencana-rencana kecil dalam pencapaian tujuan hidup
3.     Jangan menunda-nunda pekerjaan
4.     Istirahat yang cukup

Kesimpulan
            Dengan hidup semangat, maka setiap pekerjaan yang kita kerjakan akan optimal dan meningkatkan produktivitas hidup kita. Terlebih lagi, kita membudayakan hidup dengan selalu bersemangat, maka setiap rintangan yang kita hadapi akan dapat dengan mudah kita lewati.

Daftar Pustaka
·       Hasibuan, Malayu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
·       Manuel, Devin. Cara Mempertahankan Semangat. Dalam https://www.kompasiana.com/deman/54f961ffa33311ed068b4f1d/cara-mempertahankan-semangat (Diakses pada 13 Desember 2018)
·       Tri, Andry. Apa Saja Manfaat Semangat dalam Bekerja.  Dalam http://entrepreneurcamp.id/manfaat-semangat/ (Diakses pada 13 Desember 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar