Kamis, 13 Desember 2018

Ayo, Semangat!!!



 Lintang Gurun Cahyo
@J09-Lintang

 
Pernahkah kalian mengalami masalah yang sulit hingga membuat diri kita terpuruk? Pernahkah kalian pasrah akan keadaan? Memang semua orang mengalami masalah yang berbeda dan tentu harus dapat mengatasi masalah tersebut bukan? Untuk menyelesaikannya kita harus memiliki semangat. Semangat untuk dapat membuat hidup yang semakin baik lagi. 
Dalam meningkatkan semangat, ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk mendapatkan energi yang dapat membantu meningkatkan semangat dalam hidupmu. Dengan melakukan beberapa aktivitas ini, semangat untuk menjalani hidup dan mengatasi masalah hidup akan mudah didapatkan. Seperti yang dikutip dari laman Kompas.com berikut.
1.      Bergaul Dengan Orang yang Positif
Kamu tentu bisa merasakan mana teman yang membuatmu lebih gembira, semangat, dan positif, dan mana yang membuat kita jadi pesimis dan selalu berpikiran negatif. Hubungan buruk dikenal sebagai salah satu penguras energi
2.       Selalu Bersyukur
Biasakan berjalan kaki untuk menikmati suasana sekaligus mensyukuri hidup. Saat kamu berjalan, fokuskan pikiran pada apa yang paling disyukuri. Setelah berjalan, buatlah catatan mental tentang perasaan. Ini adalah latihan yang sederhana, namun kuat, karena memberi energi pada pikiran dan tubuh serta membangun otot mental dan fisik.
3.       Mengatur Prioritas
Banyak orang disibukkan dengan berbagai pekejaan dan acara. Namun, tak semua permintaan dan agenda harus dituruti. Pilihlah mana yang lebih penting dan berguna. Bila seseorang mengajak atau mengundang untuk melakukan sesuatu, pikirkan dahulu apakah ini berguna, apakah itu sesuatu yang benar-benar ingin dilakukan, atau sekadar menghabiskan energi dan waktu.
4.      Memaafkan
Merenungkan peristiwa masa lalu atau menyimpan dendam dan kebencian pada orang lain hanya menghabiskan energi. "Cobalah memaafkan dan jangan menghabiskan banyak upaya untuk membalas," kata Wilson. Kamu bisa memaafkan orang dengan menulis surat yang isinya tidak ada lagi kebencian terhadap mereka. Oh, dan kamu tidak perlu mengirim surat itu. Cukup menulis saja.

      Selain melakukan aktivitas yang telah disebutkan diatas, ada beberapa cara yang dapat dimulai dari dalam diri untuk mendapatkan semangat dalam menjalani hidup. Menurut Nia, ada beberapa cara sederhana untuk tetap mengobarkan semangat di saat kita merasa tertekan dan menghadapi masalah, antara lain :
1.      Pertama, jadilah supporter untuk diri sendiri. Menyemangati diri sendiri lebih berarti daripada mengharapkan dukungan orang lain. Merasa bangga dengan apa yang sudah dicoba, dan menumbuhkan keinginan untuk menang.
2.      Kedua,  tunjukkan kasih sayang kepada diri sendiri saat melakukan kesalahan dengan tidak menghakimi dan memvonis diri pecundang atau pembawa masalah, dan berikan pujian kepada diri sendiri ketika berhasil melakukan sesuatu.
3.      Ketiga, berpikir kebalikan. Artinya, mencari sisi positif dari permasalahan atau rasa suntuk yang dihadapi, dengan meyakinkan diri bahwa masalah yang dihadapi merupakan ujian bagi kesiapan mental dan kekuatan karakter diri.
4.      Keempat, sering-seringlah berwudlu, baca Al-Quran dan shalat khusyuk memohon kelapangan, kemudahan dan kelancaran. Karena hanya Allah SWT-lah tempat curhat terbaik yang bisa memberikan rasa aman dan tenang sebenarnya. Dalam surat Al-Insyirah ayat 5 dan 6 Allah berfirman. Maka sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan

Daftar Pustaka :
Hidayati, Nia. 2011. Cara Membangkitkan Semangat.  https://www.niahidayati.net/cara-membangkitkan-semangat.html (Diunduh pada 20 Desembaer 2018)
Cahya, Kahfi Dirga. 2018. 10 Aktivitas Agar Hidup Lebih Bersemangat. https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/04/112107020/10-aktivitas-agar-hidup-lebih-bersemangat (Diunduh pada 20 Desember 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar