Kamis, 13 Desember 2018

SEMANGAT TERUS !!!!!




@J15-Shasa


Semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertindak. Pengertian lain semangat menurut KBBI adalah roh kehidupan yang menjiwai segala makhluk, baik hidup maupun mati (menurut kepercayaan orang dulu dapat memberi kekuatan). Dan bersemangat adalah ada semangatnya; mengandung semangat.
Fungsi Semangat
Semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak.

Tips menghilangan penyait kehilangan semangat.
·         Mencoba “keluar” sejenak dari rutinitas yang ada. Lakukan sesuatu yang mungkin sebelumnya belum pernah kita lakukan agar kita mendapatkan berbagai pengalaman baru.
·         Bagi yang senang membaca buku, bacalah buku-buku terutama buku-buku biografi, cerita orang-orang sukses, dan juga berbagai BUKU MOTIVASI.
·         Bergaul dengan orang-orang yang mempunyai semangat tinggi.
·         Mengobrol dengan orang-orang yang kita percayai. Bahasa gaulnya, curhat.
·         Olahraga juga bisa lo ngembaliin semangat yang hilang. Cobalah salah satu jenis olahraga pertandingan. Misalnya basket, bulutangkis, bilyard, atau futsal. Yang jelas ada tandingannya. Buatlah suasana olahraga yang penuh suka cita dan ceria
·         Bernyanyi/Bersenandung lagu lagu ceria, walau hanya dalam kamar mandi juga dapat membuat semangat kembali muncul. Hindari pemilihan lagu lagu bertempo lambat dan mellow. Karena biasanya malah membuat suasana menjadi makin galau.
·         Nonton film Coba deh alternative satu ini,coba untuk memilih genre yang ceria dan membangkitkan semangat
·         Namun yang terpenting adalah selalu mengingat Tuhan dan selalu beribadah kepadaNya dan hal ini adalah sebagai dasar dari semua apa yang dijelaskan di atas. 

Semangat itu sifatnya spiritual, adalah dimana batin tergerak untuk bertindak. Semangat juga bersifat angin-anginan, dia terkadang ada dan tidak ada. semangat tidak hanya datang satu kali, bisa puluhan kali atau ratusan kali bahkan lebih. Semangat bisa datang dan pergi berulang kali tanpa bisa dihitung. Caa untuk mengatasi semangat yang suka hilang:



Bagaimana caranya untuk menambah semangat ?
·         Merasa HARUS bertindak
  • Keinginan untuk melakukan sesuatu yang bermakna bagi diri sendiri, keluarga, kerabat dan orang banyak serta alam semesta
  • Perasaan bertanggung jawab
  • Merasa peduli terhadap sesama, dan lain-lain
  • Selalu Optimis

Daftar Pustaka
Manuel, Devi. 2014. Cara Mempertahankan Semangat. Dalam : https://www.kompasiana.com/deman/54f961ffa33311ed068b4f1d/cara-mempertahankan-semangat
Efendi, Dafa. 2014. Mengatasi Kehilang Semangat Hidup. Dalam: http://defaefendi.blogspot.com/2014/08/mengatasi-kehilangan-semangat-hidup.html
Ruslani. 2015. Pengertian Tentang Semangat. Dalam: http://www.ruslani.com/pengertian-tentang-semangat.html
https://kbbi.web.id/semangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar