Kerja sama terkadang menjadi sebuah kegiatan yang
masih banyak dihindari oleh beberapa orang di lingkungan pekerjaan. Namun,
mengapa orang-orang tersebut masih mempertahankan sikap seperti itu? Padahal,
banyak sekali keuntungan yang dapat diterima dari bekerja sama dalam satu tim,
baik untuk diri seseorang dan juga organisasi. Tidak hanya menawarkan
kesempatan yang luar biasa untuk perkembangan profesionalitas, tetapi kerjasama
tim juga berarti anda bisa membuat pekerjaan terasa lebih ringan dan mudah.
Berikut beberapa penjelasan mengapa bekerja sama sangat penting dilakukan di
lingkungan kerja.
Meningkatkan
Efisiensi
Ketika bekerja dalam tim, anda akan bekerja menuju
tujuan yang sama secara bersamaan. Semua proses pekerjaan yang anda kerjakan
pun akan menjadi lebih efisien karena anda akan menyelesaikannya secara
bersamaan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Tidak hanya itu, bekerja dalam
tim juga dapat memudahkan anda untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk lebih
cepat karena saling berbagi tanggung jawab dengan lainnya.
Mendapatkan
Ide-ide Baru
Salah satu keuntungan terbesar yang akan
anda terima setelah melakukan kerja sama tim adalah anda akan mendapatkan
inspirasi serta ide-ide baru dari diskusi bersama tim. Ketika anda saling
bertukar ide dengan anggota lainnya, ada sebuah ruang lingkup kreativitas yang
jauh lebih banyak dan luas dibandingkan ketika anda memikirkan ide tersebut
sendirian. Bandingkan dengan dengan saat anda memikirkan sebuah ide baru
sendirian, sering kali anda merasa buntu dan tidak tahu ide apa yang harus
diberikan kepada atasan anda.
Kemudahan
Berkomunikasi
Komunikasi adalah kunci keberhasilan dari
berbagai jenis proyek. Jadi, mengapa anda tidak melibatkan diri anda ke dalam
kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anda? Kegiatan yang
berkaitan dengan kerja sama tim memerlukan sebuah keterampilan komunikasi lisan
dan juga tertulis. Melalui kerja sama tim, anda dapat dengan bebasnya melakukan
diskusi terbuka sehingga setiap anggota tim akan mendapatkan informasi yang
memadai berkaitan dengan proyek tersebut.
Membagikan
Beban Kerja
Ketika anda bekerja sama dengan tim dalam menuju
tujuan bersama, beban kerja anda akan dibagi kepada setiap anggota tim yang
lainnya. Dalam kegiatan kerja sama tim yang sempurna, pekerjaan tersebut harus
dibagi secara merata dan diberikan sesuai dengan kemampuan atau keterampilan
masing-masing anggota tim anda. Kerja sama tim juga dapat memungkinkan anda
untuk menerima atau memberikan bantuan pada anggota tim lainnya untuk
menyelesaikan beban kerja tersebut. Menugaskan sebuah pekerjaan ke orang yang
tepat akan sangat membantu dan menghasilkan efisiensi maksimum dan hasil kerja
yang berkualitas tinggi.
Dukungan
Jaringan
Sebuah dukungan dan rasa saling memiliki dalam sebuah
lingkungan kerja dapat berkontribusi untuk meningkatkan kepuasan dalam bekerja.
Setiap anggota tim akan saling membantu, mengandalkan satu sama lain, dan
membangun kepercayaan di dalam kelompok tersebut.
Kesimpulan
Memang setiap orang memiliki karakter, latar belakang,
pemahaman, pendapat, ideologi dan juga cara komunikasi yang berbeda. Namun,
setiap perbedaan itu akan menjadi indah jika dikolaborasikan dengan harmonisasi
yang serasi.
Daftar
Pustaka
Susan M. Heathfield. 13 April 2018. Team
Building Activities for The Workplace. Thebalancecareers.com –
https://goo.gl/cEJWCs
Tidak ada komentar:
Posting Komentar