Selasa, 18 Desember 2018

Team Work


OLEH: LU'LU ILMAKNUN
ABSTRAK
Manusia sebagia mahluk sosial pasti akan membutuhkan bantuan dari orang lain, manusia tidak bisa hidup sendirian karena asalnya memang manusia itu saling bergantung satu sama lain. Karena itu dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan kerja sangat penting untuk membangun kerjasama yang baik. Lalu apasih kerjasama? Artikel berikut akan membahas secara singkat seputar kerjasama.
KATA KUNCI: kerjasama tim
Menurut Pamudji, pengertian kerjasama adalah pekerjaan yang dilakukan dua orang atau lebih dengan melibatkan interaksi antarindividu bekerja bersama sama sampai terwujud tujuan yang dinamis. Lebih lanjut ia berpendapat bahwa unsur utama kerjasama ada tiga yakni adanya individu individu, adanya interaksi dan adanya tujuan yang sama. Adapun pengertian kerjasama dalam dunia bisnis yang diutarakan oleh Business Dictionary, adalah pengaturan kemitraan saling menguntungkan yang dilakukan secara sukarela oleh dua bidang usaha atau lebih. Kerjasama ini menjadi hal yang menguntungkan karena beberapa permasalahan menjadi lebih ringan. Selain itu, kerjasama tidak hanya soal mencari dana saja. Beberapa pebisnis lebih suka menjalin relasi yang menguntungkan dengan sesama kompetitor. Daripada bersaing yang akhirnya membuat stres, lebih baik saling melengkapi hal-hal yang tidak dimiliki. Terlebih saat darurat. Misalnya seorang suplier ikan. Ketika pada suatu hari ia kehabisan stok, ia bisa mencari ikan ke suplier lainnya.  Ada beberapa jenis kerjasama yang dapat dilakukan yaitu:
1)      Bagi hasil
Dilakukan oleh pelaku bisnis kecil. Misalnya kita mengajak teman, saudara atau sanak keluarga untuk menjadi pemodal. Pembagian hasil ini nantinya akan diatur bersama sesuai kesepakatan.
2)      Membuat peluang usaha
Sistem ini biasa dikenal dengan Business Oportunity yang menawarkan keuntungan pada orang lain atau badan usaha yang menjalankannya. Misalnya seorang penulis yang menerbitkan buku,kemudian dia mengajak kerjasama seseorang untuk membantu menjualkannya.
Nanti keuntungannya akan dibagi oleh penulis buku dan pemasar. Cara ini hampir mirip dengan sistem waralaba.
3)      Build, Operate and Trannsfer (BOT)
Jenis kerjasama ini umumnya dipakai di bisnis properti. Sistem BOT ini mengandalkan kemampuan seseorang untuk melobi pemilik tanah untuk diajak kerjasama. Biasanya tanahnya dioperasikan untuk membangun usaha dalam jangka waktu tertentu.
4)      Joint Venture
Joint Venture adalah sistem patungan yang dilakukan oleh beberapa orang. Yang menguntungkan dari sistem ini adalah pembagian resiko. Selain itu, sistem joint venture ini juga termasuk dalam kegiatan pemodal asing dan ini juga sudah diatur oleh pemerinah. 
5)      Merger
Kebaikan sistem merger ini bisa melebur kompetitor dan menciptakan perusahaan yang baru namun lebih kuat dalam menghadapi persaingan pasar. Selain itu,tujuan utama merger adalah memperbesar modal dan mengembangkanjalur produksi.
Tidak hanya menawarkan kesempatan yang luar biasa untuk perkembangan profesionalitas, tetapi kerjasama tim juga bisa membuat pekerjaan terasa lebih ringan dan mudah. Berikut beberapa alasan pentingnya kerjasama dalam pekerjaan:
1)      Meningkatkan efisiensi
2)      Mendapatkan ide-ide baru
3)      Mendapatkan pengalaman belajar
4)      Kemudahan berkomunikasi
5)      Membagi beban kerja
6)      Dukungan jaringan
Selain itu dalam kerjasama terdapat nilai-nilai sosial yaitu:
1)      Menghargai pendapat orang lain
2)      Tanggung jawab
3)      Kebersamaan
4)      Kepedulian
Membangunkan kerja sama dalam tim yang solid dan efektif kadang merupakan tantangan, akan tetapi hal tersebut bisa diwujudkan dengan beberapa langkah dibawah ini:
1)      Membangun kepercayaan dan saling menghormati
2)      Mengatur ekspetasi Bersama
3)      Pemimpin tim yang dapat memfasilitasi komunikasi diantara anggota tim
4)      Menanamkan sifat saling memiliki dalam kelompok (sense of belonging)
5)      Melihat sisi positif dari perbedaan pendapat
6)      Pengkajian performa tim dan umpan balik
KESIMPULAN
Dari artikel di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kerjasama itu sebenarnya dapat muncul tergantung dari sifat setiap individu. Jika individu nya ingin bekerja sama maka terjadilah kerjasama yang akan menguntungkan banyak pihak tetapi jika individu nya hanya mementingkan gengsi maka akan berhenti di satu titik saja apa yang ingin diraihnya hanya menjadi angan-angan. Seperti kutipan berikut “Talent wins games, but teamwork and intelligence win championships.” Michael Jordan.

DAFTAR PUSTAKA
v  Nurhayati. 2016. “pentingnya kerjasama dalam kehidupan” dalam https://www.kompasiana.com/emy/570e09fdf19673ce123d52a2/pentingnya-kerjasama-dalamkehidupan (diakses 15 Desember 2018)
v  Jonathan. 2018. “pengertian kerja sama secara umum” dalam https://www.maxmanroe.com/pengertian-kerjasama.html (diakses 15 Desember 2018)
v  Go work team. 2013. ”pentingnya teamwork dan kolaborasi” dalam https://go-work.com/blog/pentingnya-teamwork-dan-kolaborasi (diakses 15 Desember 2018)
v  Anonim. 2018. “kerjasama” dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Kerja_sama (diakses 15 Desemeber 2018)
v  Anoni, 2016. “langkah membangun kerjasama dalam tim yang efektif” dalam https://www.sepulsa.com/blog/langkah-membangun-kerja-sama-dalam-tim-yang-efektif (diakses 15 Desember 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar