Kamis, 13 Desember 2018

BERSEMANGAT DALAM MENJALANI HIDUP




Oleh : Natalia Esteriani Kambey (K17-Natalia)

Setiap orang pasti ingin memiliki hidup yang bahagia. Namun, manusia memang tidak luput dari banyak tantangan dan masalah yang ada. Tetapi satu hal yang harus kita percaya adalah, kita harus melewati banyak kesedihan agar dapat merasakan kebahagiaan. Seperti pepatah yang sudah tidak asing lagi kita dengar yaitu “bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian”.


Kesedihan bukanlah akhir dari segalanya, namun disitulah waktu yang tepat untuk menunjukkan bahwa kita kuat. Menjadi pribadi yang kuat artinya bersemangat dalam menjalani hidup. Seperti kata bijak dari Mahatma Ghandi yaitu “masa depan itu tergantung pada apa yang kita lakukan hari ini”. Sehingga kita tidak boleh terpaku pada masalah yang kita alami saat ini, namun kita harus bersemangat dalam menjalani kehidupan kita, menikmati proses yang ada, dan yakin bahwa akan ada kebahagiaan di balik banyak kesedihan. Semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. 

Tips menjadi pribadi yang bersemangat :
  1. Mengenal diri sendiri. Artinya kita harus tau bagian fisik, pikiran, dan jiwa. Saat kita mampu menatanya, kita memiliki semangat hidup yang baik.
  2. Jika memiliki masalah yang besar, bersabarlah. Yakin bahwa semua yang kita rasakan dan kita lalui tidak akan sia-sia, melainkan itu akan membentuk diri kita menjadi lebih baik.
  3. Percaya diri. Berteman merupakan hal yang penting, sebab dengan berteman akan meningkatkan kepercayaan diri kita dan memudahkan kita dalam mencari solusi dengan masalah yang kita miliki.
  4. Memiliki tujuan hidup. Saat kita menyukai sesuatu, pastinya kita akan berusaha untuk memilikinya walau banyak rintangan yang kita lewati. Begitupun saat kita memiliki tujuan hidup, pasti kita akan terus bersemangat walau banyak masalah yang menerpa hidup kita.

Hal yang harus dihindari dalam menjalani hidup adalah :
  • Memakai prinsip hidup yang salah yaitu "Apa kata orang lain"
  • Fokus pada hal-hal negatif
  • Tidak memiliki tindakan nyata
  • Takut salah dan takut gagal

Kesimpulan :
Memiliki semangat hidup adalah hal yang harus dimiliki setiap orang. Sebab tanpa semangat hidup, kita tidak akan bangkit saat kita memiliki masalah. Padahal, masa depan tergantung apa yang kita lakukan saat ini. Saat kita hanya terpuruk dan tidak bersemangat, maka kita sedang merusak masa depan kita. Untuk itu, yuk lebih bersemangat dalam menjalani hidup!

Daftar Pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar