Kamis, 13 Desember 2018

TeamWork

Abstrak
Apa yang dimaksud dengan kerjasama? Kerjasama adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama
. Kerjasama merupakan interaksi yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan.Atau juga kerjasama dapat diartikan sebagai sebuah tindakan-tindakan di dalam pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang ataupun lebih supaya dapat mencapai tujuan serta demi keuntungan bersama


Manfaat Kerjasama
Selain dari penjelasan yang sudah diberikan ada juga sebuah manfaat yang didapatkan dengan kerjasama, yaitu sebagai berikut :
  1. Mampu mempererat ikatan kerjasama
  2. Dapat menumbuhkan sebuah semangat persatuan
  3. Dalam pekerjaan dapat lebih cepat selesai
  4. Dalam pekerjaan menjadi lebih ringan


Macam-Macam Bentuk Kerjasama
  • Tawar menawar atau Bargaining, yaitu membentuk kerjasama tentang sebuah kesepakatan pertukaran produk atau juga jasa antara dua orang atau juga lebih.
  • Koalisi atau Coalition, yaitu suatu  gabungan dari dua lembaga organisasi atau juga lebih yang mempunyai tujuan yang sama, mereka bekerjasama supaya mencapai tujuan tersebut.
  • Joint Venture, yaitu kerjasama supaya mengerjakan proyek-proyek tertentu agar dapat cepat terselesaikan dan juga tujuan cepat tercapai.
  • Cooptation, yaitu suatu proses kerjasama penerimaan dari berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi, hal ini dapat dijadikan sebuah cara suapaya menghindari terjadinya sebuah kecurangan atau juga hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa terjadi atas dasar kerukunan, yaitu kerjasama yang didasari karena sebuah kerukunan sesama manusia, biasanya sebuah kerjasama yang didasari kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.



Itulah ulasan tentang  Pengertian, Manfaat, Dan Bentuk Kerjasama Lengkap Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Daftar Pustaka
https://www.maxmanroe.com/pengertian-kerjasama.html
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-manfaat-dan-bentuk-kerjasama-beserta-contohnya-lengkap/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar