Kamis, 13 Desember 2018

TETAPLAH BERSEMANGAT!!!

(Gambar 1: Mind Mapping)
Oleh: Denny Farazumar Arief Kelana (@ProyekJK11, @J11-Denny).

Kenapa perlu bersemangat? karena bersemangat dapat membuat kita lebih percaya diri secara pribadi dalam melakukan suatu hal baik itu di lingkungan keluarga maupun di lingkungan masyarakat umum. Semangat juga yang membuat kita berani dalam melakukan suatu tindakan yang tentunya bersifat positif.
Kata Kunci: Semangat, Manfaat, Akibat.

TETAPLAH BERSEMANGAT.
Pengertian semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Untuk itu kita harus tetaplah bersemangat dalam menjalani setiap kehidupan yang kita lalui sehari-hari dimana semangat sangat dibutuhkan untuk melakukan suatu tindakan dan dapat meraih hasil yang memuaskan dari suatu tindakan yang telah dilakukan. Contohnya ketika laki-laki yang telah menjadi suami pastinya harus mencari nafkah untuk keluarganya, disaat itu juga semangat dibutuhkan laki-laki tersebut untuk melakukan pekerjaan agar ia mendapat hasilnya berupa gaji atau uang untuk istrinya di rumah.

MANFAAT BERSEMANGAT.
Berikut adalah beberapa manfaat bersemangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari:
  • Dapat Memotivasi Orang Lain.
    Semangat itu bisa menular. Saat Anda bertemu dengan orang yang sangat positif, tanpa Anda sadari Anda menjadi lebih bersemangat dibandingkan sebelumnya. Begitu pula jika Anda yang membagikan semangat kepada orang lain. Semangat Anda akan membuat orang lain menjadi lebih baik. Maka dari itu, pertahankan semangat Anda, apalagi jika Anda adalah seorang pemimpin. Sebab antusiasme Anda akan semakin membakar semangat tim Anda dalam bekerja.
  • Tidak Mudah Putus Asa.
    Anda akan menghadapi berbagai masalah kecil hingga masalah besar. Semua masalah akan menguji karakter Anda, apakah Anda seorang pejuang atau pecundang. Tanpa semangat, Anda tidak akan berdaya menghadapi masalah. Namun, dengan semangat Anda akan terus bangkit dan bergerak maju. Maka dari itu, jangan putus asa dan dikalahkan oleh masalah. Kumpulkan terus semangat agar Anda tetap optimis dalam meraih tujuan Anda.
  • Mencapai Hasil yang Terbaik.
    Manfaat semangat mungkin tidak akan dirasakan secara langsung. Namun, Anda jika konsisten dalam menjaga semangat Anda, maka suatu hari keberhasilan yang diharapkan bisa menjadi milik Anda. Ingat, kesuksesan itu diraih dan tidak datang dengan sendirinya. Hanya orang yang bersemangat saja yang akan mampu bekerja keras dengan sepenuh hati untuk mencapainya.
AKIBAT TIDAK BERSEMANGAT.
Selain terdapat pentingnya bersemangat dalam kehidupan sehari-hari, terdapat juga akibat dari seseorang yang tidak bersemangat dalam melakukan suatu tindakan, diantaranya adalah:
  • Mudah Berputus Asa.
    Seseorang yang tidak bersemangat dalam melakukan suatu tindakan pasti akan cepat berputus asa atau menyerah dalam suatu keadaan atau tindakan yang ia lakukan karena tidak tergerak untuk melakukan tindakan tersebut.
  • Berjiwa Pesimistis.
    Seorang yang tidak bersemangat sudah pasti tidak memiliki pikiran yang optimis dalam melakukan suatu tindakan karena Ia hanya selalu berpikir pesimis dan apa yang Ia lakukan pasti tidak akan berhasil atau tidak ada hasilnya.
  • Menjadi Malas.
    Tidak bersemangat juga membuat seseorang menjadi malas dalam melakukan suatu tindakan karena tidak ada hasrat tergeraknya batin untuk melakukan suatu tindakan.
KESIMPULAN.
Dapat diambil kesimpulan bahwa bersemangat adalah sikap terpenting yang harus dimiliki oleh setiap individu. Karena semangat membuat seseorang selalu berpikir positif dan sebaliknya jika seseorang tidak bersemangat, maka Ia hanya terus selalu berpikir negatif dan pesimis apa yang Ia lakukan tidak akan berhasil atau tidak ada hasilnya.

DAFTAR PUSTAKA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar