Kamis, 13 Desember 2018

BERANI MENGAMBIL RESIKO



Risiko adalah bahaya, akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang. Dalam bidang asuransi, risiko dapat diartikan sebagai suatu keadaan ketidakpastian, di mana jika terjadi suatu keadaan yang tidak dikehendaki dapat menimbulkan suatu kerugian.

Jenis-jenis resiko :
1. Risiko Murni (Pure Risk)
Pengertian risiko murni adalah suatu risiko yang bila terjadi akan mengakibatkan kerugian dan bila tidak terjadi tidak mengakibatkan keuntungan. Ada dua hal yang dapat diakibatkan risiko ini, yaitu rugi atau break even. Contoh risiko murni; kecelakaan lalu lintas, kebakaran, pencurian, dan lain-lain
2. Risiko Spekulatif (Speculative Risk)
Pengertian risiko spekulatif adalah risiko yang dapat menimbulkan kerugian dan juga keuntungan. Ada tiga hal yang dapat diakibatkan risiko ini, yaitu rugi, untung, break even. Contoh risiko spekulasi; judi, bursa efek, membeli undian berhadiah
3. Risiko Partikular
Risiko partikular merupakan risiko yang sumbernya dari individu dan berdampak secara lokal. Contohnya kecelakaan kendaraan.
4. Risiko Fundamental
Risiko fundamental merupakan risiko yang bersumber dari alam atau lingkungan dan berdampak besar. Contohnya tsunami, gempa bumi, banjir bandang, angin topan.
Risiko merupakan kombinasi dari kemungkinan suatu kejadian dan akibat dari kejadian tersebut dengan tidak menutup kemungkinan bahwa ada lebih dari satu akibat yang mungkin terjadi untuk satu kejadian tertentu. Pada umumnya risiko dipandang dari perspektif negatif, seperti kehilangan, bahaya, kerugian, kegagalan dan lain sebagainya.

Ada tiga komponen utama dalam resiko, yakni:

  1. Kejadian (event)
  2. Probabilitas dari kejadian (probability of occurrence)
  3. Dampak dari kejadian tersebut (impact)


Daftar pustaka
Rahmat. 2017. Berani mengambil resiko – Menuju masa depan yang cerah. Dalam https://www.motivasi-islami.com/berani-mengambil-resiko/ , diakses pada 26 November 2018.
(CSDNEWS. 2018. 5 Alasan Andan Harus Mengambil Resiko. catatanmini.com Dalam: https://catatanmini.com/5-alasan-anda-harus-berani-mengambil-risiko/ diakses tanggal 29 November 2018).
(Kadir, Syamsudin. 2012. Berani Mengambil Resiko. akarsejarah.wordpress.com Dalam: https://akarsejarah.wordpress.com/2012/07/30/berani-mengambil-risiko/ diakses tanggal 29 November 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar