Senin, 07 Oktober 2019

Pentingnya sikap peduli



Disusun oleh: Andi Muhamad Iskandar (P16-ANDI)

Abstrak

Sikap peduli adalah salah satu sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang, orang yang memiliki sikap peduli sering disebut orang peduli. Orang-orang peduli adalah mereka yang terpanggil melakukan sesuatu dalam rangka memberi inspirasi, perubahan, kebaikan kepada lingkungan di sekitarnya. Ketika ia melihat suatu keadaan tertentu, ketika ia menyaksikan kondisi masyarakat maka dirinya akan tergerak melakukan sesuatu. Apa yang dilakukan ini diharapkan dapat memperbaiki atau membantu kondisi di sekitarnya.

Kata kunci : sikap peduli

I. PENDAHULUAN

Peduli adalah nilai dasar dan sikap memperhatikan dan bertindak proaktif terhadap kondisi atau keadaan di sekitar kita. Peduli adalah sikap keberpihakan kita untuk kepentingan diri kita sendiri, situasi atau kondisi yang terjadi di sekitar kita.

II. PEMBAHASAN

Pengertian sikap peduli

Sikap peduli adalah sikap keterpanggilan untuk membantu mereka yang lemah, miskin, membantu mengatasi masalah, dan kesulitan yang mengatasi orang lain. Orang-orang yang peduli adalah orang-orang yang tidak dapat tinggal diam menyaksikan orang lain.

Manfaat peduli

1. Jalan rezeki kamu menjadi luas dan terbuka
Sumber rezeki bisa kamu temukan dari mana saja. Salah satunya adalah dengan menebarkan manfaat sebanyak-banyaknya kepada orang lain. Semakin sering kamu melakukannya, ini membuktikan semakin besarnya kepedulian kamu kepada sesama.
Maka tanpa kamu sadari, ruang rezeki kamu semakin luas dan terbuka bahkan dari arah yang tak pernah kamu duga-duga. Tentunya hal tersebut juga dipengaruhi oleh seringnya kamu membangun interaksi yang positif kepada orang lain.

2. Hubungan sosial kamu terjalin baik dengan masyarakatp
Kepedulian kamu kepada orang lain akan sangat berdampak baik bagi hubungan sosial kamu di masyarakat. Ruang lingkup pergaulan kamu yang terus berkembang dengan berbagai strata sosial yang ada.p
Hingga kamu merasa bahwa kamu seakan memiliki saudara ataupun keluarga baru meskipun tidak sedarah, oleh karena adanya rasa saling memiliki satu sama lain.

3. Menjadi teladan yang baik bagi orang lain
Sikap peduli yang kamu berikan kepada orang lain akan menjadi suatu contoh dan keteladanan yang baik untu Gabung ke orang lain.
Sebab, segala hal baik yang terlihat dari diri kamu dapat memengaruhi pikiran orang lain untuk melakukan hal yang sama dengan kamu.

4. Kamu akan lebih mengerti bahwa setiap orang membutuhkan bantuan dari orang lain
Untuk memahami kondisi orang lain, seperti apa ia menjalani kehidupannya dengan segala kesulitan yang dihadapinya, kamu harus bisa merasakannya secara langsung.
Bertemu dengan mereka, ikut membantu mereka meringankan beban yang sedang mereka rasakan. Sehingga kamu akan senantiasa mengerti kalau setiap orang pasti membutuhkan bantuan dari orang lain.

5. Melatihmu lebih peka terhadap kehidupan sekitarmu
Kebiasaan yang secara terus-menerus kamu lakukan dengan konsisten bisa memberikan efek yang sangat besar dalam kehidupan kamu khususnya sikap peduli yang secara proaktif kamu lakukan.
Hal tersebut tumbuh menjadi kebudayaan yang tetap harus dijaga dan ditularkan kepada masyarakat yang lebih luas. Dengan semua itu, kamu lebih terlatih dan peka terhadap kehidupan di sekitarmu.
"Kedalaman makna hidup manusia ditentukan oleh kemampuan mereka untuk peduli kepada sesama", Pablo Casals

Contoh sikap peduli

1. Membantu Merawat Anggota Keluarga yang Sakit
Sepanjang hidup manusia pasti ada yang namanya jatuh sakit, begitupun halnya dengan anggota keluarga kita. Seringkali kita menemukan keluarga kita sakit sehingga sulit melaksanakan aktivitas sehari-harinya. Maka dari itu, kita harus membantu dan merawat anggota keluarga yang sakit. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk sikap peduli kita terhaddap sesama anggota keluarga kita.

2. Memenuhi Permintaan Anggota Keluarga
Setiap orang pastinya memiliki harapan atau permintaan kepada orang lain. Sama halnya dengan keluarga kita. Pasti mereka memiliki harapan dan permintaan kepada diri kita. Jadi, selama harapan dan permintaan itu baik, serta kita mampu untuk memenuhinya, kita harus memenuhi harapan dan permintaan tersebut. Ini juga merupakan kepedulian.

3. Menghindarkan Diri dari Penyebab Konflik
Nah, seringkali terjadi pertengkaran di dalam keluarga. Hal tersebut memang wajar terjadi, namun tentunya akan menimbulkan rasa canggung di dalam keluarga bukan? oleh karena itu, sedapat mungkin kita harus meninggalkan segala bentuk konflik. Konflik keluarga dapat menjadi salah satu penyebab konflik sosial di tengah masyarakat juga.

4. Tidak Melakukan Diskriminasi di Dalam Keluarga
Seringkah pembaca menemui keluarga yang pilih kasih terhadap salah satu anggota keluarganya? Nah, jangan sampai hal tersebut terjadi di keluarga kita ya. Pilih kasih adalah salah satu bentuk diskriminasi yang dapat terjadi di dalam keluarga kita. Maka dari itu, kita harus menjaga keluarga kita dari adanya diskriminasi. Ini merupakan salah satu upaya menjaga keutuhan NKRI.

5. Menghargai Pendapat Sesama Anggota Keluarga
Setiap orang tentunya memiliki pendapat yang harus kita hargai keberadaannya. Menghargai pendapat sesama anggota keluarga merupakan salah satu bentuk sikap peduli yang dapat kita lakukan di lingkungan rumah. Asas-asas kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum pun dapat kita terapkan di rumah.

Daftar pustaka

https://amp.kompas.com/nasional/read/2010/08/24/01134533/Peduli.Adalah
https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/life/inspiration/amp/nurkamal/5-hal-yang-bakal-kamu-dapatkan-jika-kamu-peduli-kepada-sesama-c1c2
https://www.google.com/amp/s/guruppkn.com/contoh-sikap-peduli-di-rumah/amp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar